x

Profil Massimo Donati, Eks AC Milan yang Dikabarkan Merapat ke Persija di Liga 1 2021

Rabu, 16 Juni 2021 15:17 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Massimo Donati, Eks AC Milan yang Dikabarkan Merapat ke Persija

INDOSPORT.COM – Melihat profil serta statistik Massimo Donati, salah satu eks punggawa AC Milan yang dikabarkan bakal segera merapat ke Persija Jakarta di Liga 1 musim depan.

Sebelumnya, Persija Jakarta sendiri baru saja meresmikan kedatangan pelatih baru mereka, Angelo Alessio. Eks tangan kanan Antonio Conte di Chelsea ini sepertinya tak akan datang seorang diri meramaikan dunia sepak bola Tanah Air.

Usai diresmikan, pelatih Angelo Alessio dikabarkan akan membawa salah satu asistennya ke Jakarta. Hal ini diutarakan langsung oleh manajer Persija, Bambang Pamungkas, pada Sabtu (12/6/21) lalu.

Baca Juga
Baca Juga

"Dia tidak datang sendiri, dia akan membawa satu staf sebagai asisten. Bila melihat kapasitasnya nanti sebagai pelatih fisik. Kami sebelumnya mempersilahkan dia untuk membawa satu nama dan setelah berdiskusi, coach Angelo Alessio memutuskan pelatih fisik," ucap Bambang Pamungkas.

Meski demikian, pria yang akrab disapa Bepe itu masih ogah membeberkan siapa kandidat yang akan dibawa oleh Alessio.

Bepe hanya memberikan petunjuk bahwa sang pelatih fisik itu berpaspor Italia. Di tengah kesimpangsiuran itu, munculah nama Massimo Donati.

Mantan pemain AC Milan itu tiba-tiba memfollow akun Instagram Persija Jakarta. Sontak postingannya langsung diserbu oleh netizen Indonesia.

Massimo Donati sendiri dikabarkan jadi kandidat potensial yang akan mendampingi Angelo Alessio di Persija Jakarta. Pasalnya, mantan pemain AC Milan ini juga menjadi staf Angelo di Kilmarnock FC.

Sehingga tidak menutup kemungkinan, jika kerja sama antara Angelo dan Massimo Donati akan berlanjut ke Persija Jakarta. Sebagai informasi, Kilmarnock FC adalah klub terakhir yang ditukangi oleh Angelo Alessio.

Meski belum ada keterangan resmi dari pihak klub, namun kabar kedatangan Massimo Donati ke kubu Macan Kemayoran sudah membuat banyak pecinta sepak bola Tanah Air girang.

Pasalnya, Massimo Donati yang sempat berkarier di salah satu raksasa Liga Italia dan malang-melintang di kompetisi Eropa, diprediksi bakal menghadirkan warna baru dalam persepakbolaan nasional.

Baca Juga
Baca Juga

Jelang resminya Massimo Donati ke Persija, menarik disimak profil serta statistik sang pelatih selama aktif bermain terutama saat mentas di AC Milan. Seperti apa rapornya? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Profil Singkat dan Awal karier

Massimo Donati dan Angelo Alessio saat Melatih Kilmarnock FC

Massimo Donati Lahir di San Vito al Tagliamento, Italia pada 40 tahun silam. Meski bukan akamsi Bergamo, namun karier sepak bola Donati justru dimulai bersama Atalanta.

Pada tahun 1998 hingga 1999, dirinya memperkuat akademi Atalanta sebelum akhirnya debut untuk tim senior sampai musim 2001.

Penampilan gemilang dengan membawa Atalanta promosi Serie A, membuat Massimo Donati dilirik AC Milan dan akhirnya bergabung dengan Rossoneri pada Juni 2001.

Namun sayang, selama 6 musim berada di San Siro, dirinya lebih banyak habiskan karier sebagai pemain pinjaman mulai dari Parma, Torino, Sampdoria, Messina hingga Atalanta.

Total, Massimo Donati hanya memainkan 27 pertandingan tanpa satu gol pun buat AC Milan. Catatan tersebut ia torehkan di musim perdananya bersama Milan, yakni 2001/02.

Usai gagal bersinar di Liga Italia, akhirnya Massimo Donati hengkang dari AC Milan dan menandatangani kontrak dengan klub Skotlandia Celtic pada Juni 2007. Bersama The Hoops, penampilan sang gelandang akhirnya kembali bersinar.

Terbukti, dirinya mampu tampil sebanyak 50 laga dengan torehan lima gol selama tiga tahun di Skotlandia, serta membantu tim meraih masing-masing satu gelar Liga Premier Skotlandia dan Piala Liga Skotlandia.

Kiprah Kepelatihan
Usai memutuskan pensiun tahun 2018 silam, Massimo Donati yang di penghujung karier profesionalnya memperkuat St Mirren, langsung diajak Angelo Alessio ke dalam staf pelatih di Kilmarnock FC.

Melansir dari laman resmi Kilmarnock FC, diketahui bahwa Donati sebelumnya sempat menekuni dunia kepelatihan dengan menjabat sebagai pelatih tim U-15 Hamilton Academical F.C pada tahun 2018 silam.

Bersama Angelo Alessio, diketahui bahwa Massimo Donati telah mendampingi 22 pertandingan Kilmarnock FC, dengan rincian sembilan kemenangan, lima hasil seri dan sisanya berakhir kekalahan.

Sempat bertahan di Kilmarnock FC bersama pelatih Alex Dyer, namun Massimo Donati hanya bisa mendampingi tim dalam 15 pertandingan sebelum akhirnya ikutan pindah Kilmarnock FC pada 14 Juni 2020.

Persija JakartaAC MilanLiga IndonesiaLiga 1profilBola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2021Angelo Alessio

Berita Terkini