x

Euro 2020: 3 Pelajaran Penting dari Kemenangan Inggris atas Ceko

Rabu, 23 Juni 2021 06:47 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor:
Pertandingan Euro 2020: Ceko vs Inggris

INDOSPORT.COM – Timnas Inggris berhasil lolos ke babak 16 besar Euro 2020 dengan status juara Grup D.

Kepastian itu didapat usai mereka mengalahkan Ceko di laga pamungkas Grup D dengan skor tipis 1-0 melalui gol Raheem Sterling.

Awalnya, Timnas Inggris sempat diragukan bisa menjadi juara grup, setelah melihat dua permainan mereka pada laga awal dinilai kurang meyakinkan.

Namun berkat semangat tinggi dan mental pemenang yang diusung oleh tim besutan Gareth Southgate itu, mereka sukses membungkam kritikan itu salah satunya melalui kemenangan atas Ceko.

Baca Juga
Baca Juga

Ceko sendiri sebelumnya memegang posisi puncak klasemen Grup C, namun kini mereka harus menunggu nasib apakah bisa lolos ke babak 16 besar Euro 2020 atau tidak dengan status peringkat tiga terbaik.

Mereka harus menunggu tim dari dua grup lain yang masih harus melakoni pertandingan pamungkas dalam dua hari ini.

Artinya, Timnas Inggris kini layak dipertimbangkan untuk menjadi juara dan ada beberapa pelajaran penting yang bisa diambil dari pertandingan melawan Ceko beberapa jam yang lalu.

Apa sajakah itu? Berikut INDOSPORT mengulasnya:

Tak Peduli Lawan dari Grup Maut

Bagi penghuni Grup C, sepertinya lolos ke babak 16 besar Euro 2020 sebagai status runner up grup lebih baik ketimbang menjadi juara grup.

Pasalnya, jika menjadi juara Grup C, maka mereka bakal menghadapi tim yang berposisi sebagai runner-up di Grup F yang dihuni oleh tiga tim unggulan, yakni Prancis, Jerman, dan Portugal.

Menariknya, ketiganya juga masih bisa menempati posisi runner-up Grup F mengingat jaraknya masih berdekatan.

Sedangkan posisi runner-up Grup C yang secara tak terduga diambil oleh Kroasia bakal menemui lawan yang lebih seimbang, yaitu runner-up dari Grup E yang dihuni oleh Swedia, Slovakia, Spanyol, dan Polandia.

Baca Juga
Baca Juga

Keempat klub ini pun masih punya peluang yang sama untuk menjadi juara grup maupun runner-up sehingga pada laga pamungkas nanti tentu sangat menarik disaksikan.

Kembali lagi ke Timnas Inggris, meski nantinya mereka bakal menghadapi salah satu dari Prancis, Jerman, maupun Portugal, rupanya mereka tidak peduli dan siap tempur.

Apapun mereka lakukan demi mendapatkan hasil terbaik, salah satunya adalah dengan mengalahkan Ceko di partai akhir Grup D Euro 2020.


1. Pembuktian Bukayo Saka

Selebrasi Bukayo Saka di laga Southampton vs Arsenal di Liga Inggris

Gelandang serang milik Arsenal ini berhasil membuktikan, jika nama yang tak diunggulkan, bisa tampil lebih baik.

Ya, Bukayo Saka nyatanya lebih mendapat kepercayaan dari pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate ketimbang dua nama yang di atas kertas lebih diunggulkan dan cukup tenar di dunia sepak bola, yakni Jadon Sancho dan Marcus Rashford.

Sancho dan Rashford pun sejatinya memiliki kualitas yang sudah tak diragukan lagi, meski demikian mereka harus mengalah dengan Bukayo Saka.

Hebatnya, Saka berhasil membuktikan jika Southgate tidak salah untuk memercayakan dirinya tampil sebagai starter.

Mental Baja Seorang Harry Kane

Harry Kane saat berlaga di Euro 2020.

Rasanya, ban kapten Timnas Inggris memang layak diberikan kepada Harry Kane yang menuai kritik di Euro 2020 ini.

Sebelum melawan Ceko, striker Tottenham Hotspur itu dikritik lantaran dirinya belum pernah mencetak gol, termasuk saat melawan Ceko dini hari tadi.

Pendukung The Three Lions berharap agar Kane tetap tajam sama seperti dirinya yang berhasil mendapatkan gelar top skor di ajang Piala Dunia 2018 lalu

Meski demikian, Gareth Southgate memaparkan jika peranan Kane dibutuhkan olehnya lebih dari sekedar mencetak gol.

Karakter dan wibawa Harry Kane di atas lapangan sangat dibutuhkan oleh Timnas Inggris dan ia pun berhasil membuktikan jika dirinya memiliki mental baja.

Walau mendapatkan kritik pedas, eks pemain Leicester City itu tetap tampil maksimal untuk Timnas Inggris termasuk saat melawan Ceko.

Kini, pastinya Harry Kane bakal terus berjuang agar tetap tampil konsisten dan bisa mencetak gol di babak 16 besar Euro 2020.

InggrisCekoEuro 2020Harry KaneGareth SouthgateBola InternasionalEuforia Eropa

Berita Terkini