x

Piala AFC Belum Jelas, Jacksen Tiago Pertimbangkan Pulangkan Skuad Persipura

Rabu, 23 Juni 2021 19:54 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Prio Hari Kristanto
Ketidakjelasan status turnamen Piala AFC di tengah pandemi COVID-19 yang kian meningkat membuat klub Liga 1 asal Papua, Persipura Jayapura, kini semakin bimbang.

INDOSPORT.COM - Ketidakjelasan status turnamen Piala AFC di tengah pandemi COVID-19 yang kian meningkat membuat klub Liga 1 asal Papua, Persipura Jayapura, kini semakin bimbang.

Klub berjulukan Mutiara Hitam itu sampai saat ini masih menggelar pemusatan latihan (TC) di Kota Batu, Malang. Namun kabar belum pastinya turnamen Piala AFC membuat sang pelatih, Jacksen F. Tiago, tengah mempertimbangkan sejumlah opsi.

Pelatih berkebangsaan Brasil itu menuturkan jika dirinya akan menemui manajemen dan membahas perihal agenda timnya. Opsi memulangkan pemain ke daerah masing-masing juga masuk dalam pertimbangannya.

Baca Juga
Baca Juga

Pasalnya, Jacksen sendiri mengakui jika sejumlah pemainnya mengalami home sick karena terlalu lama berlatih tanpa kepastian turnamen.

"Kami sedang diskusikan itu tentang semua kemungkinan dengan manajemen saat ini. Dalam waktu dekat, kami akan ambil keputusan terbaik untuk semua pihak," kata Jacksen kepada awak media olahraga INDOSPORT, Rabu (23/6/21).

Ketidakjelasan turnamen Piala AFC menyusul pernyataan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Konfederasi Sepak bola Asia (AFC), Datuk Windsor John, yang mengatakan bahwa pihaknya akan menentukan sikap pada pekan depan perihal status turnamen Piala AFC.

Salah satu opsi terburuk yang bakal diambil oleh AFC yakni pembatalan. Di mana sampai saat ini belum ada negara lain yang bersedia menggantikan Singapura sebagai tuan rumah.

Baca Juga
Baca Juga

Tak hanya Piala AFC. Kompetisi Liga 1 juga terancam mengingat sejumlah wilayah di Pulau Jawa kembali berada dalam situasi darurat COVID-19.


1. Tak Masalah Piala AFC Dibatalkan

Ketidakjelasan status turnamen Piala AFC di tengah pandemi COVID-19 yang kian meningkat membuat klub asal Papua, Persipura Jayapura, kini semakin bimbang.

Jacksen Tiago tak masalah jika saja AFC memutuskan untuk membatalkan gelaran Piala AFC yang akan dihelat pada 29 Juni mendatang. Jacksen memaklumi adanya kabar tersebut.

Juru taktik berkebangsaan Brasil itu menyadari jika situasi saat ini sedang tak bagus. Di mana pandemi Covid-19 mulai meningkat lagi di sejumlah wilayah, termasuk di kawasan Asia Tenggara.

Situasi tersebut yang membuat Singapura terpaksa memutuskan mundur sebagai tuan rumah Grup H dan Grup I Piala AFC.

Pelatih yang akrab disapa Big Man itu juga menyebut opsi pembatalan oleh AFC kemungkinan besar terjadi kalau saja AFC belum menemukan tempat netral yang aman dari pandemik.

Walaupun ada kabar yang berhembus jika PSSI mendapatkan tawaran dari pihak AFC untuk menjadi tuan rumah di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, kandang klub rival Persipura di Liga 1, Bali United.

"Kalau melihat berita pandemi saat ini dan mundurnya Singapura sebagai tuan rumah, kemungkinan besar itu (pembatalan) bisa terjadi. Sehingga saya dan kami semua harus memaklumi hal tersebut dan kondisi yang tak menentu ini," ujar Jacksen F. Tiago.

Persipura JayapuraAFC CupPiala AFCJacksen F. TiagoLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini