x

Deretan Bintang Turki Pendahulu Hakan Calhanoglu di Inter Milan: 4 Nama Gagal Total

Kamis, 24 Juni 2021 15:53 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga

INDOSPORT.COM – Hakan Calhanoglu resmi meninggalkan AC Milan untuk bergabung dengan Inter Milan. Menariknya, 5 bintang Turki pendahulunya di Nerazzurri justru gagal total.

Di tengah meriahnya Euro 2020, kabar mengejutkan datang dari bursa transfer Serie A Italia. Peraih scudetto musim lalu, Inter Milan, resmi memboyong Hakan Calhanoglu dari rival sekota, AC Milan.

Pemain asal Turki itu diboyong secara gratis mengingat kontraknya bersama Rossoneri akan habis akhir bulan ini, dan diikat kontrak hingga Juni 2024 oleh Nerazzurri.

Baca Juga
Baca Juga

Calhanoglu sendiri diproyeksikan untuk menggantikan peran Christian Eriksen di skuat Inter. Seperti diketahui, masa depan Eriksen memang diragukan setelah mengalami henti jantung saat membela Denmark di Euro 2020.

Di sisi lain, dengan pemahaman Calhanoglu terkait Serie A Italia mengingat ia sudah 4 musim bermain untuk AC Milan, sang gelandang dinilai bisa jadi pengganti yang tepat untuk Eriksen.

Kehadirannya pun diharapkan bisa memudahkan pelatih Simone Inzaghi menjalani musim perdananya membesut Inter Milan. Seperti diketahui, Inzaghi juga baru saja ditunjuk menggantikan Antonio Conte yang hengkang dari tim.

Dengan resmi bergabung ke Inter Milan di bursa transfer musim panas ini, Hakan Calhanoglu mengikuti jejak sejumlah rekan senegaranya dari Turki yang juga pernah membela Nerazzurri.

Namun, gelandang 27 tahun ini patut waspada. Pasalnya, dari kelima pendahulunya itu, empat di antaranya terbilang gagal, dengan dua nama bahkan tak pernah bermain sama sekali.

Lantas, siapa saja 5 bintang Turki pendahulu Hakan Calhanoglu di Inter Milan? Berikut ini ulasannya:

Okan Buruk

Sukses membawa Galatasaray meraih 7 gelar Liga Turki, 1 Piala UEFA, dan 1 Piala Super Eropa, dan mencatatkan 259 penampilan dalam 10 musim, Okan Buruk diboyong oleh Inter Milan pada 2001.

Sayangnya, ketatnya persaingan di sektor gelandang membuat Okan Buruk kesulitan mendapatkan menit bermain dan tak bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Sepanjang 3 musim, ia hanya mencatatkan 42 penampilan dan menyumbangkan 2 gol serta 2 assist, sebelum dijual ke Besiktas pada bursa transfer musim panas 2004.

Baca Juga
Baca Juga

Emre Belozoglu

Emre Belozoglu saat memperkuat Inter Milan

Emre Belozoglu juga didatangkan Inter Milan dari Galatasaray bersamaan dengan Okan Buruk pada 2001. Sebelumnya, ia mencetak 19 gol dan 15 assist dari 153 laga bersama klub Turki itu dalam 5 musim dan membawa mereka meraih 8 gelar.

Sempat menjadi pemain pelapis di musim perdana di Inter, Emre Belozoglu jadi andalan di musim kedua. Namun, kariernya di Giuseppe Meazza terganggu rangkaian cedera.

Ia akhirnya dijual ke Newcastle United pada 2005 usai mencatatkan 5 gol dan 8 assist dari 115 laga untuk Inter dalam 4 musim. 


1. Dua Nama Tak Pernah Bermain untuk Inter Milan

Hakan Sukur (eks Inter Milan).

Caner Erkin

Jadi andalan Fenerbahce dengan 211 penampilan selama 6 musim, bek kiri Caner Erkin diboyong Inter secara gratis pada Juni 2016 seusai kontraknya di raksasa Turki itu habis.

Sempat tampil 7 kali di laga pramusim, Caner Erkin pada akhirnya tak sekalipun tampil di laga resmi untuk Nerazzurri. Masalah kuota pemain membuatnya dipinjamkan ke Besiktar pada Agustus 2016, sebelum kemudian dipermanenkan klub Turki itu.

Umit Davala

Umit Davala, mantan pemain Inter Milan

Sama seperti Calhanoglu, Umit Davala juga diboyong Inter dari AC Milan. Ketika itu, ia diboyong sebagai bagian dari transfer Dario Simic ke arah sebaliknya pada Juni 2002.

Namun, meski mencatatkan 13 penampilan bersama AC Milan, Umit Davala pada akhirnya tak pernah sekalipun membela Inter. Pasca kedatangannya, ia secara berturut-turut dipinjamkan ke Galatasaray dan Werder Bremen, sebelum akhirnya dipermanenkan klub terakhir.

Hakan Sukur

Tampil tajam dengan 223 gol dari 359 laga bersama Galatasaray, Hakan Sukur menarik perhatian Inter Milan. Ia diboyong pada musim panas 2000 guna melengkapi lini depan Inter yang sudah berisikan Christian Vieri, Ronaldo, dan Alvaro Recoba.

Sayangnya, Hakan Sukur pada akhirnya justru kesulitan bersaing. Ia hanya mencetak 6 gol dari 35 laga, kalah dari Christian Vieri (19) dan Recoba (14).

Sukur akhirnya hanya bermain satu musim di Inter Milan dan dijual ke Parma pada musim panas 2001.

Serie A ItaliaInter MilanTurkiHakan CalhanogluHakan SukurLiga ItaliaBerita Liga Italia

Berita Terkini