x

Profil Klub Liga 1 Persik Kediri: Materi Kelas Menengah, 10 Besar Target Realistis

Kamis, 19 Agustus 2021 19:05 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
Profil klub Liga 1, Persik Kediri.

INDOSPORT.COM - Persik Kediri memasang target finis sebagai penghuni peringkat 10 besar klasemen akhir dalam gelaran kompetisi BRI Liga 1 2021-2022 mendatang.

Target itu memang terlampau minimal, untuk tim sekaliber Persik yang berlabel peraih trofi juara Divisi Utama 2003 dan 2006 silam. Begitu juga dengan prestasi terbaru, yakni juara Liga 3 2018 dan Liga 2 2019.

Namun dengan pertimbangan teknis, tim berjuluk Macan Putih enggan muluk-muluk. Bagi mereka, masuk ke jajaran 10 besar adalah hal yang sangat realistis.
 
"Musim 2021, kami menargetkan bisa masuk 10 besar (klasemen akhir Liga 1). Tapi jika lebih dari itu, kenapa tidak," kata manajer tim Persik Kediri, Syarif Hidayatullah, saat memperkenalkan pemain asing, Senin (21/6/21) lalu.

Mengacu kepada komposisi pemain, target 10 besar memang masuk akal. Masih ditangani Joko Susilo, materi pemain Persik masih menyasar pada kelas menengah yang tentu saja berbujet sepadan.

Baca Juga
Baca Juga

Di sektor lokal, Gethuk, sapaan akrab Joko Susilo, masih dibekali sejumlah pemain putra daerah yang dipertahankan dari proyeksi musim lalu. Predikat mereka pun bukan bintang, kecuali Septian Bagaskara yang memang ilir mudik sejak pembentukan timnas kelompok umur.

Sedangkan di sektor asing, Gethuk juga enggan merekrut pemain bernama besar. Bagi dia, pemain asing dengan kondisi prima dan siap tanding sudah cukup mumpuni membela tim, selain tentunya lolos dari tahap verifikasi.

"Optimisme kami terhadap target 10 besar, adalah komposisi pemain. Ada tambal sulam, jika musim lalu ada yang kurang efektif, maka sekarang kita cari pemain yang lebih efektif," Syarif menambahkan.


1. Kondisi Skuat Persik

Skuat Persik digembleng kondisi fisiknya dalam latihan di kawasan wisata Goa Selomangleng Kota Kediri.

Sebagai pensiunan striker, Joko Susilo tahu betul terhadap bagaimana membangun tim yang agresif. Hal ini lah yang menjadi proyeksi dia pada komposisi pemain di tim Persik Kediri.

Bahkan, dia sengaja memperbanyak pemain pada lini forward melalui formasi 4-2-3-1 yang bisa bertranformasi menjadi 4-3-3 atau 3-4-3. Posisi target man disebutnya cukup krusial, sehingga Gethuk menimbun dua pemain asing dengan mutlfungsi yang dimiliki mereka.

Pilihan pun tertuju pada Youssef Ezzejjari Lhasnaoui, striker Spanyol yang baru datang berbekal gelar top skor Liga Primer Andorra. Di belakangnya, ada Ibrahim Bahsoun yang melalui musim cemerlang di Liga Lebanon.

"Nantinya ada tiga (pemain bertipikal) menyerang," cetus Gethuk perihal satu lagi pemain asing, yang tampaknya berposisi sebagai attacking midfield.

Pada lini winger, Persik tampaknya akan memaksimalkan pemain lokal. Bagaimana Antoni Putro Nugroho maupun Faris Aditama mampu tampil ciamik sebagai menyisir dua sisi pertahanan lawan.

Untuk dua gelandang, duet Risna Prahalabenta dan Bayu Otto jadi opsi terbaik, selagi satu pemain asingnya belum datang. Dua putra daerah itu bahkan sudah cukup padu mengisi lini tengah pada sejumlah laga uji coba.

Sementara di sektor pertahanan, Dian Agus Prasetyo yang sarat pengalaman, menjadi pilihan di bawah mistar gawang. Garis terakhir juga akan dihuni bek Brasil Arthur Felix dan Andri Ibo, dilengkapi Dany Saputra maupun Vava Mario Yagalo pada dua sisinya.

Baca Juga
Baca Juga

Skuat sementara Persik Kediri untuk BRI Liga 1 2021-2022:

Kiper: Dian Agus Prasetyo, Dikri Yusron Afafa, Fajar Setya Jaya, Misbakhul Akmal

Bek: Dany Saputra, Vava Mario Yagalo, Onorionde Kughegbe Jhon, Ibrahim Sanjaya, Mochammad Al Amin Fisabillah, Andri Ibo, Yusuf Meilana, Risna Prahalabenta, Agil Munawar, Aldo Claudio, Arthur Felix Silva (Brasil)

Gelandang: Sackie Teah Doe, Bayu Otto, Adi Eka Jayanto, Jordan Zamorano, Eka Sama Adi Prasetya, Dionatan Machado (Brasil), Bagas Satrio, Ahmad Agung Setiabudi, Ibrahim Bahsoun (Lebanon)

Penyerang: Faris Aditama, Antoni Putro Nugroho, Haryanto Panto, Septian Bagaskara, Muhammad Ridwan, Youssef Ezzejjari Lhasnaoui (Spanyol).


2. Pelatih dan Pemain Bintang

Joko Susilo kembali dipercaya menjadi pelatih Persik untuk musim 2021.

Pelatih: Joko Susilo

Joko Susilo kembali dipercaya sebagai head coach Persik Kediri pada musim 2021/2022. Itu artinya, dia akan menjalani tahun keduanya sebagai nahkoda tim.

Pelatih yang akrab disapa Gethuk itu pun kembali dibebani target serupa dari musim 2020 lalu. Manajemen menghendakinya untuk membawa tim Macan Putih finis sebagai 10 besar klasemen Liga 1 sebagai target minimal.

Target itu pun tampak selaras dengan budget yang diterapkan Persik musim ini. Krisis klub akibat pandemi, membuat anggaran belanja Persik tidak sebesar musim 2020 lalu.

Kendati demikian, situasi itu tak menyurutkan optimisme Gethuk. Dia tetap mengusung motivasi tinggi pada skuat timnya musim ini.

"Komposisi pemain tim kita sudah sesuai dengan yang dibutuhkan dan harapan. Mudah-mudahan sesuai dengan ekspektasi kita," ungkap pelatih yang memegang lisensi AFC Pro tersebut.

Pemain: Faris Aditama

Persik Kediri patut dilabeli tim yang konsisten melahirkan the local hero. Predikat itu melekat pada pemain yang berstatus putra daerah plus memilih paling lama berkarir untuk tim ungu.

Label yang kini disandang oleh Faris Aditama pada saat ini, sehingga cukup pantas jika dia menyandang ban kapten tim. Dia akan memasuki tahun ke-13 memperkuat tim Macan Putih sejak karir juniornya dalam dua kali periode.

Pada periode itu, Faris menjadi saksi hidup bagaimana prestasi Persik Kediri yang naik turun. Dimulai saat degradasi dari pentas Indonesia Super League 2010, lalu kembali lagi promosi pada 2014.

Pemain berusia 33 tahun itu lalu berpetualang pada sejumlah klub kontestan kompetisi kasta kedua. Namun, loyalitasnya kembali ke Persik berbuah manis hingga membawa timnya meraih tiket promosi kala menjuarai Liga 2 2019.

Peran Faris memang tak cemerlang melalui gelontoran gol pada setiap musimnya. Namun jangan lupa, banyak gol-gol yang diciptakan para striker Persik dari kontribusinya sebagai seorang winger.

BrasilPersik KediriJoko SusiloVava MarioLiga 1Bola IndonesiaSeptian Satria BagaskaraBerita Liga 1BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini