x

Bedah Kualitas Eduardo Camavinga, Titisan Vieira Buruan Utama Manchester United

Selasa, 29 Juni 2021 21:24 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto

INDOSPORT.COM - Membedah kualitas Eduardo Camavinga, gelandang muda Prancis penerus Patrick Vieira yang menjadi buruan utama Manchester United di bursa transfer.

Manchester United kini mulai getol di bursa transfer musim panas, setelah dikabarkan mengamankan Jadon Sancho dari Borussia Dortmund, kini Setan Merah kembali membidik bintang muda lainnya.

Melansir dari Daily Mail, Setan Merah tengah berusaha mendatangkan bintang muda Rennes, Eduardo Camavinga, dari Ligue 1 Prancis ke Old Trafford.

Camavinga merupakan pilihan alternatif usai gagal membawa Jude Bellingham yang memilih bergabung dengan Borussia Dortmund pada musim lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Rennes juga dikabarkan bersedia menjual pemain berusia 18 tahun tersebut, ketimbang harus kehilangan gelandang muda tersebut secara gratis mengingat kontraknya menyisakan satu musim lagi.

Maka ini bisa menjadi angin segar bagi Manchester United untuk menambah amunisi baru mereka pada musim depan, mengingat Camavinga merupakan bintang yang tengah bersinar dan dianggap sebagai penerus Patrick Vieira.

Pasalnya, penampilan Eduardo Camavinga dianggap memiliki gaya bermain yang mirip dengan Patrick Vieira yakni jago dalam mendikte permainan, dan sama-sama dari Prancis serta mengisi posisi gelandang tengah.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, di balik penilaian banyak pihak, seperti apa sebetulnya kualitas dari seorang Eduardo Camavinga? Berikut ulasannya.


1. Bedah Kualitas Eduardo Camavinga

Eduardo Camavinga, gelandang muda klub Rennes yang diincar Manchester United.

Lahir di Angola pada 10 November 2002, Eduardo Camavinga besar di negara Prancis dan menjadi imigran. Karier sepak bola Camavinga dimulai saat menjadi bagian dari akademi Rennes tepat pada usia 11 tahun.

Eduardo Camavinga pun segera menjadi bagian dari tim Rennes U-19. Kepiawaiannya sebagai gelandang tengah membuatnya dipromosikan ke tim B Rennes pada 2018.

Selama semusim di Rennes B, ia tampil 13 kali dan mencetak 4 gol. Klub pun menyadari potensi dari seorang Eduardo Camavinga yang dinilai memiliki gaya bermain seperti legenda Prancis, Patrick Vieira.

Akhirnya, pada Januari 2019, Eduardo Camavinga resmi promosi ke tim utama Stade Rennes di usia masih 16 tahun. Catatan itu pun membuatnya menjadi sorotan.

Eduardo Camavinga terbukti mampu menjawab kepercayaan tersebut. Pada musim debutnya di Ligue 1 2019/20, ia dipercaya tampil 36 kali oleh Rennes, termasuk empat penampilan di ajang Europa League.

Ia adalah salah satu kunci yang membawa Rennes lolos ke Liga Champions. Pada musim 2020/21 lalu, peran Camavinga semakin besar.

Total, ia melakoni 39 laga, yakni 35 kali di Ligue 1 dan 4 kali di Liga Champions. Bagi pemuda 18 tahun, memiliki 4 caps di Liga Champions tentu sebuah prestasi luar biasa.

Pencapaian itu memang pantas didapatkan oleh Eduardo Camavinga. Sebab, ia memiliki kemampuan yang bagus di lapangan.

Eduardo Camavinga tercatat memiliki posisi utama sebagai gelandang tengah. Namun, ia juga bisa memerankan dua posisi lain yakni gelandang bertahan dan serang.

Kelebihan utama dari Camavinga adalah kemampuannya dalam merebut bola. Ia suka sekali melakukan tackling kepada lawan.

Selain itu, meski masih berusia muda, Eduardo Camavinga memiliki ketenangan yang bagus sebagai gelandang tengah. Maka tak heran jika ia bisa diandalkan di laga besar meski masih berusia sangat muda. Bahkan, saat ini ia sudah mengoleksi tiga caps di TImnas Prancis dengan kontribusi satu gol.

Bursa TransferManchester UnitedBerita Bursa TransferEduardo Camavinga

Berita Terkini