x

Belasan Tahun Jadi 'Sesepuh', Ini Rekam Jejak Joachim Low Bersama Jerman

Rabu, 30 Juni 2021 16:33 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Joachim Low sudah tangani Timnas Jerman selama belasan tahun lamanya.

INDOSPORT.COM - Joachim Low harus menelan pil pahit di penghujung kariernya bersama Timnas Jerman, lantaran tim yang ia asuh baru saja tersingkir dari Euro 2020.

Pertandingan Inggris vs Jerman pada Selasa (29/06/21) berakhir dengan kemenangan skuat The Three Lions 2-0. Dua gol tanpa balas skuat Gareth Southgate masing-masing diciptakan oleh Harry Kane dan Raheem Sterling.

Dengan hasil ini, Der Panzer terpaksa angkat koper lebih cepat dari Piala Eropa menyusul sejumlah tim besar lainnya seperti Portugal, Prancis, dan Belanda. Sementara itu, The Three Lions melaju ke perempat final.

Setelah laga, Joachim Low pun mengungkapkan rasa kecewa yang mendalam. Ia pun mengakui bahwa para pemainnya tidak mampu memanfaatkan peluang dengan maksimal, sehingga tidak ada satu pun gol yang berhasil tercipta.

Baca Juga
Baca Juga

“Benar-benar kekecewaan yang luar biasa. Kami berharap bisa melaju jauh dan kepercayaan terhadap tim ini juga sangat besar,” demikian ucap Low seperti dikutip dari laman UEFA.

“Di pertandingan-pertandingan seperti ini, kita harus bisa menggunakan kesempatan sekecil apa pun. Timo Werner dan Thomas Muller tidak dapat mencetak gol dari peluang mereka, jadi sangat sayang kami tersingkir,” tambahnya.

Tentu ini adalah penutup yang tidak sempurna bagi karier Low di Timnas Jerman. Ia pun harus berpisah dengan rapor buruk sebelum menyerahkan tongkat estafet ke tangan sang suksesor, Hansi Flick.

Joachim Low, 61 tahun, punya catatan panjang sebagai pelatih Der Panzer. Bagaimana tidak? Pria kelahiran 3 Februari 1960 ini sudah menangani Timnas Jerman selama 15 tahun - jelas bukan waktu yang sebentar.

Baca Juga
Baca Juga

Ia pun sudah memimpin 198 pertandingan selama masa pengabdiannya itu. Belum lagi, jika ditambah masa baktinya ketika masih jadi asisten Jurgen Klinsmann, Low sudah seperti ‘sesepuh’ di Timnas Jerman.

Pencapaian terbaik Low bersama Timnas Jerman adalah Piala Dunia 2014, ketika Mario Gotze dkk menekuk tipis Argentina dengan skor 1-0 di Rio de Janeiro, setelah pada gelaran sebelumnya mereka hanya bisa jadi juara ketiga.

Sayangnya, setelah prestasi luar sebagai kampiun Piala Dunia 2014 di Brasil, Low belum mampu menyumbang trofi signifikan lagi untuk Timnas Jerman selain FIFA Confederations Cup pada tahun 2017.

Kini, ia pun harus pergi dengan hasil pahit di Euro 2020. Meski begitu, tidak ada salahnya melihat kembali rekam jejak singkat Joachim Low bersama Timnas Jerman, kan?


1. Rekam Jejak Joachim Low Bersama Timnas Jerman

Joachim Low sudah tangani Timnas Jerman selama belasan tahun lamanya.

Berikut rangkuman perjalanan Joachim Low bersama Timnas Jerman, sejak pertama bergabung hingga saat ini, di mana ia akan hengkang selepas gelaran Euro 2020.

2006

Saat masih jadi asisten Jurgen Klinsmann, Joachim Low adalah bagian penting dalam rencana Jerman memperbaiki reputasi mereka yang tercoreng di Euro 2000 dan 2004. Tugas ini pun pada akhirnya diembannya secara penuh pada 2006.

Mungkin belum ada yang menyangka bawha Low akan menjelma sebagai salah satu, atau mungkin satu-satunya, pelatih terbaik yang pernah dimiliki Timnas Jerman, saat menggantikan Klinsmann pada Juli 2006.

Ia kemudian memperbarui dan menyederhanakan sistem akademi muda, serta menciptakan model penguasaan bola yang cepat dan mendominasi.

2008-2012

Kejayaan yang tertunda. Sepertinya istilah yang tepat untuk menggambarkan situasi Timnas Jerman selama periode ini.

Mereka berhasil mencapai final Euro 2008, kemudian dikalahkan oleh tim yang sama, Spanyol, di semifinal Piala Dunia 2010.

Meski masih belum berhasil membawa Der Panzer juara, Low mendapat banyak pujian atas upaya dan kerja kerasnya, termasuk oleh pelatih La Roja saat itu, Vincente del Bosque.

2014

Akhirnya tiba juga momen paling berkesan sepanjang karier Joachim Low. Dengan susunan skuat dan taktik yang tepat, ditambah dukungan staf yang hebat, serta mentalitas yang kuat, Jerman berhasil tampil sebagai kampiun dunia.

2018

Berstatus juara, Jerman tampil di Piala Dunia 2018 dengan penuh kepercayaan diri, namun tak disangka justru gagal lolos ke fase gugur. Bahkan parahnya lagi, mereka terbenam di dasar klasemen akhir Grup F.

2021

Akhir dari segalanya. Selesai sudah masa Joachim Low yang begitu panjang di Timnas Jerman. Lolos sebagai runner-up Grup F Euro 2020 mendampingi Prancis, Der Panzer ternyata harus gugur di fase 16 besar di tangan Inggris.

Kini, Low pun akan dikenal sebagai pelatih hebat Timnas Jerman yang sayangnya sempat tidak tahu kapan harus berhenti.

JermanJoachim LowBola InternasionalHans-Dieter Flick

Berita Terkini