x

Hadapi Swiss, Spanyol Takut Bernasib seperti Prancis di Euro 2020

Jumat, 2 Juli 2021 16:22 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil

INDOSPORT.COM - Babak perempat final Euro 2020 akan menyajikan laga panas antara Spanyol menghadapi Swiss. Diatas kertas La Furia Roja memang diunggulkan namun bukan berarti sang lawan tidak punya kesempatan.

Spanyol memang bukan lagi Spanyol yang sempat merajai Eropa dan dunia di rentang 2008 hingga 2014 lalu namun mereka tetap patut diperhitungkan. Tim Matador masih dihuni sejumlah nama-nama yang menghiasi jagad sepakbola benua biru.

Entrenador Luis Enrique sendiri percaya jika nanti di Gazprom Arena anak-anak asuhnya mampu jadi yang terbaik. Meski demikian Aymeric Laporte dan kolega dipastikan sama sekali tidak meremehkan Swiss.

Baca Juga
Baca Juga

"Swiss akan jadi lawan yang merepotkan. Bagi penonton mungkin ini bukan laga super besar namun banyak pemain-pemain bagus yang terlibat," tutur Enrique seperti yang dilansir Sky SPorts.

Baca Juga
Baca Juga

"Dalam melakukan pressing Swiss sangat gigih tapi Spanyol tidak takut kelelahan. Kami punya orang-orang hebat di balik layar. Statistik pemain kami pun oke," tambah bekas pelatih Barcelona dan AS Roma itu.


1. Swiss Tetap PeDe

Pertandingan antara Swiss vs Spanyol (Euforia Eropa).

Sementara itu Swiss yang tidak akan diperkuat kapten sekaligus jenderal lapangan tengah, Granit Xhaka, yang absen akibat akumulasi kartu kuning tetap optimis. Ketiadaan gelandang Arsenal tersebut memang meninggalkan lubang besar tapi itu sudah menjadi resiko.

Kemenangan dramatis atas favorit teratas Prancis via adu penalti paska berimbang 3-3 di perpanjangan waktu tidak akan dipikirkan kembali. Juru taktik Vladimir Petkovic memilih untuk mengatur mental serdadunya agar semakin lapar akan kemenangan.

"Mencapai delapan besar adalah prestasi apik untuk kami tapi tidak boleh ada rasa puas hanya karena sukses mengalahkan Prancis. Swiss harus melaju lebih jauh lagi," beber Petkovic.

"Granit memang pemain penting namun kami siap tanpa kehadirannya. Para pemain lain hanya prlu untuk bermain lebih trengginas dari biasanya," pungkas pelatih kelahiran Yugoslavia itu.

Setelah mengawali turnamen dengan dua hasil imbang berturut-turut mesin Spanyol akhirnya panas juga. Terbukti di laga terahir fase grup kontra Slovakia dan saat jumpa Kroasia di 16 besar Si Merah mampu menyarangkan total sepuluh gol dan hanya kemasukan tiga saja.

Tentunya fakta ini jadi kabar buruk bagi Swiss yang belum pernah melaju sampai ke semi final Euro. Bahkan ini adalah perempat final perdana mereka di ajang antar negara Eropa.

Ditambah lagi La Furia Roja juga terlalu dominan kala bersua Rossocrociati. Dalam 22 kali duel total sang unggulan mengantongi 16 kemenangan dan 5 kali imbang. Jika kadung gentar dengan catatan sejarah maka bisa jadi Swiss harus segera angkat koper pasca pertandingan.

SpanyolSwissLuis EnriqueVladimir PetkovicEuro 2020Bola Internasional

Berita Terkini