x

3 Alasan Denmark Bisa Bungkam Ceko dan Ulangi Kenangan di Euro 1992

Sabtu, 3 Juli 2021 13:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pertandingan antara Republik Ceko vs Denmark (Euforia Eropa).

INDOSPORT.COM – Berikut 3 alasan mengapa Denmark bisa mengalahkan Ceko di perempat final Euro 2020 dan melanjutkan mimpinya untuk mengulangi keberhasilan di tahun 1992.

Duel kuda hitam akan tersaji saat Ceko berjumpa Denmark di babak perempat final Euro 2020 di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, Sabtu (03/07/21) WIB.

Ceko berhasil melangkah ke babak perempat final setelah secara mengejutkan mampu menumbangkan tim unggulan, Belanda dengan skor 2-0.

Baca Juga
Baca Juga

Sedangkan Denmark berhasil melangkah ke perempat final dengan meyakinkan setelah mengalahka Wales dengan skor telak 4-0.

Kini kedua tim kedua tim tersebut harus saling tikam untuk memperebutkan satu tiket ke semifinal Euro 2020 sembari menanti calon lawannya yakni antara Inggris dan Ukraina.

Berstatus kuda hitam, duel kedua tim diyakini akan berlangsung dengan intensitas tinggi. Apalagi keduanya ingin mengulang sejarah di ajang ini.

Ceko ingin menuntaskan sejarah saat mereka menjadi kampiun kala memenangkan Euro 1976 saat negaranya masih bernama Cekoslovakia.

Baca Juga
Baca Juga

Sedangkan saat resmi berdiri sendiri, pencapaian terbaik Ceko yang hanya menjadi Runner Up di Euro 1996 karena tumbang akibat aturan Golden Goal dari Jerman.

Sedangkan Denmark dengan keyakinan tinggi ingin mengulangi pencapaian seniornya yang mampu menjuarai Euro pada tahun 1992.

Dengan sejarah yang hampir sama, Denmark mungkin akan lebih diunggulkan oleh banyak orang. Apalagi jika melihat 3 alasan mengapa tim Dinamit bisa menyingkirkan Ceko dari Euro 2020.


1. Alasan Denmark Bisa Bungkam Ceko

Pemain Timnas Denmark, Mikkel Damsgaard.

1. Balas Dendam

Denmark untuk pertama kalinya kembali ke perempat final sejak Euro 2004 ketika mereka kalah dengan skor 0-3 dari Ceko, calon lawannya nanti.

Kekalahan 0-3 yang diterima Denmark merupakan kekalahanterbesar tim Dinamit di ajang Euro.

Dengan sejarah memalukan tersebut, skuat Denmark saat ini tentu akan membalaskan hasil tersebut di perempat final Euro 2020.

Momentum tersebut dimiliki Denmark saat ini yang telah melesakkan delapan gol di dua laga terakhirnya di Euro 2020.

2. Sosok Christian Eriksen

Tak ada yang menyangkal bahwa tragedi yang menerpa Christian Eriksen memberikan suntikan moral kepada skuat Denmark saat ini.

Tragedi kolapsnya sang bintang di atas lapangan diyakini membuat skuat Denmark terpukul sekaligus membuat semangat juang tim Dinamit meledak.

Sejak kejadian Eriksen, dua kemenangan yang diraih Denmark selalu ditujukan untuk gelandang milik Inter Milan tersebut.

Tentu tekad tersebut akan terus diteruskan oleh penggawa Denmark untuk melangkah lebih jauh di Euro 2020 ini.

3. Lini Serang yang Tajam

Seperti yang telah dibahas di atas, Denmark memiliki lini serang yang produktif di Euro 2020 sejauh ini. Torehan delapan gol dari dua laga menjadi buktinya.

Torehan tersebut tentunya bukanlah datang secara kebetulan. Menurut data, dari delapan tim yang menembus perempat final, Denmark menjadi satu-satunya tim yang melepaskan enam tembakan ke gawang atau lebih.

Dengan kata lain, Denmark yang terkesan defensif dengan formasi tiga beknya ternyata punya daya ledak yang sangat kuat di lini depan.

Tentu denga fakta itu, Denmark akan merasa tertantang untuk membongkar pertahanan Ceko yang baru kebobolan dua gol, atau tersedikit bersama Italia di Euro 2020 ini.

CekoDenmarkEuro 2020Christian EriksenBola InternasionalSepak BolaEuforia Eropa

Berita Terkini