x

3 Wonderkid Asli Papua yang Bisa Jadi Penerus Boaz Solossa di Persipura

Kamis, 8 Juli 2021 18:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
3 Wonderkid Asli Papua yang Bisa Jadi Penerus Boaz Solossa di Persipura

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pemain muda Papua yang mungkin bisa jadi penerus Boaz Solossa di skuat Persipura Jayapura. Siapa sajakah mereka?

Sebelumnya, salah satu ikon sepak bola Indonesia dan klub Persipura, Boaz Solossa dikabarkan resmi meninggalkan tim Mutiara Hitam pada Senin (05/07/21) malam WIB.

Tak cuma Boaz Solossa, ada satu bintang lain juga hengkang dari Persipura yakni Yustinus Pae. Kedua pemain tersebut terpaksa harus dilepas oleh manajemen Persipura akibat kasus indisipliner.

Baca Juga
Baca Juga

Kabar tentang status Boaz dan Tipa yang sedang kurang harmonis bersama Persipura sudah terendus sejak beberapa waktu lalu, tepatnya pasca-laga uji coba melawan Persita Tangerang.

Rumornya, kedua pemain senior tersebut kedapatan melakukan tindakan indisipliner, sehingga harus dipulangkan ke Jayapura lebih awal.

Manajemen Persipura Jayapura melalui Ketum Benhur Tomi Mano terpaksa mengambil keputusan tersebut lantaran kasus indisipliner yang terus berulang dalam tim.

Khusus Bagi Boaz Solossa, kabar kepindahannya dari Persipura bisa dibilang sebagai kejutan besar di bursa transfer Liga Indonesia.

Pasalnya, penyerang yang kini berusia 35 tahun itu sudah berseragam merah-hitam selama belasan musim tepatnya selama 17 tahun.

Meski sudah ditinggal Boaz Solossa, namun Persipura tak perlu khawatir akan kebutuhan pemain depan berkualitas dalam beberapa musim kedepan.

Pasalnya, tanah Papua dalam beberapa tahun terakhir mampu lahirkan penyerang-penyerang handal yang terbukti bisa jadi bintang di Liga Indonesia.

Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, tiga pemain muda Papua yang berpotensi jadi penerus Boaz Solossa untuk skuad Persipura Jayapura:

Todd Ferre

Todd Rivaldo Ferre

Nama pertama adalah Todd Ferre, pemain berusia 22 tahun itu memang sedang jadi primadona klub Indonesia lantaran performa gemilang pada ajang AFC U-19 Championship tahun 2018.

Menghadapi Qatar dalam babak penyisihan grup, pemain kelahiran Jayapura ini sukses cetak hattrick meski masuk sebagai pemain pengganti.

Baca Juga
Baca Juga

Bersama Persipura, penampilan Todd Ferre juga terbilang impresif. Tercatat, dirinya berhasil menghantarkan Mutiara Hitam muda menjuarai Liga 1 U-19 tahun 2017.

Serta meraih beberapa gelar individual seperti Liga 1 U-19 Best Player, serta Liga 1 Best Young Player dan Liga 1 Team of the Season pada tahun 2019.


1. Yakob Sayuri

Winger asal Papua milik Persija Jakarta Osvaldo Haay.

Berikutnya ada Yakob Sayuri, pemain berusia 23 tahun kelahiran Yapen ini juga bisa dibilang sebagai aset berharga lini serang Timnas Indonesia.

Terbukti, dirinya sempat dipanggil Shin Tae-yong untuk naik ke skuad senior Timnas Indonesia saat jalani laga persahabatan kontra Afghanistan pada 25 Mei 2021 lalu.

Untuk statistik bersama klub, performa Yakob Sayuri yang paling menonjol terlihat pada gelaran Piala Menpora 2021 bulan April lalu.

Pada turnamen pramusim tersebut, Yakob Sayuri berhasil melesakkan dua gol dan memberi dua assists dalam tujuh pertandingan bersama PSM Makassar.

Osvaldo Haay
Terakhir adalah Osvaldo Haay, jebolan asli Persipura ini merupakan goal getter yang punya insting serta pergerakan berbahaya mirip Boaz Solossa di kotak penalti.

Di musim debutnya bersama Persipura musim 2016 silam, Osvaldo Haay yang baru berusia 18 tahun berhasil cetak lima gol dari 17 pertandingan. Statistik yang cukup impresif bagi pemain debutan.

Performa Osvaldo Haay kian bersinar saat memperkuat Persebaya. Selama dua musim di klub Jawa Timur tersebut, penyerang yang masih  berusia 23 tahun ini mampu cetak 16 gol dan memberikan 7 assists dari 48 laga semua ajang.

Boaz SolossaPersipura JayapuraPapuaLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini