x

Starting XI Terbaik Euro 2020 Versi INDOSPORT: Italia Kirim 4 Pemain

Senin, 12 Juli 2021 12:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Starting XI Terbaik Euro 2020.

INDOSPORT.COM – Berikut Starting XI terbaik di Euro 2020 versi INDOSPORT berdasarkan statistik yang dirangkum UEFA serta pencapaian masing-masing pemain.

Italia yang menjadi kampiun Euro 2020 mendominasi Staring Line Up terbaik ajang ini dengan mengirimkan 4 pemain ke dalamnya.

Italia memastikan diri menjadi kampiun Euro 2020 usai menaklukan Inggris di hadapan puluhan ribu pendukungnya yang memadati Stadion Wembley, Senin (12/07/21).

Baca Juga
Baca Juga

Inggris sejatinya berhasil meraih keunggulan di awal pertandingan lewat sepakan First Time Luke Shaw yang memanfaatkan umpan silang Kieran Trippier di menit ke-2.

Italia sendiri baru berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-67 berkat sontekan Leonardo Bonucci memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan gawang Inggris.

Hasil imbang 1-1 di waktu normal membuat laga dilanjutkan ke babak tambahan. Di waktu 2x15 menit tersebut, baik Italia dan Inggris tak bisa berbuat banyak dan mencetak gol sehingga juara ditentukan lewat adu penalti.

Baca Juga
Baca Juga

Di babak adu penalti ini, Italia berhasil menjadi juara usai 3 penendangnya berhasil menuntaskan tugasnya. Sedangkan Inggris, hanya 2 eksekutornya saja yang berhasil menyarangkan bola.

Hasil di drama adu penalti tersebut memastikan Italia menjadi kampiun Euro 2020 di tanah Inggris. Tentu keberhasilan ini berkat penampilan heroik para penggawanya.

Tak ayal, 4 pemain Italia masuk dalam Starting Line Up terbaik Euro 2020 versi INDOSPORT. Lantas, siapa saja 4 pemain tersebut? Dan siapa saja 7 pemain lainnya?


1. Best XI Euro 2020 Versi INDOSPORT

Formasi 4-3-3:

Gianluigi Donnarumma pantas mengisi posisi kiper kendati catatan Clean Sheets-nya jauh dari Jordan Pickford (3 berbanding 5). Berkat penampilan heroiknya di drama adu penalti di babak semifinal dan final, Italia pun berhasil menjadi juara.

Untuk posisi bek kanan, INDOSPORT menjatuhkan pilihan pada Joakim Maehle yang telah mencetak 2 gol dan 1 assist. Penampilan apiknya dalam menyerang dan bertahan menjadi alasan Denmark bisa melaju jauh hingga babak semifinal.

Meski sempat absen di laga awal, kehadiran Harry Maguire di lini pertahanan Inggris tak bisa diindahkan. Berkat kehadirannya Inggris hanya kebobolan dua gol saja. Selain itu, di situ UEFA, ia menjadi bek dengan sapuan, penguasaan bola, dan tekel terbanyak dibanding bek lainnya.

Giorgio Chiellini menjadi pilihan INDOSPORT untuk partner Maguire di Starting Line Up terbaik Euro 2020. Alasannya mudah, ia memiliki pengalaman segunung dan jiwa kepemimpinan tinggi. Selain itu, secara statistik dalam bertahana, Chiellini unggul dalam hal sapuan dari seluruh pemain Italia.

Sama seperti Maehle, Luke Shaw menunjukkan statistik apik dalam bertahan dan menyerang. Bahkan, sebagai bek kiri, ia telah menorehkan dua assist dan satu gol untuk Inggris yang semua ia ciptakan di babak Knock Out.

Jorginho memang tak memiliki fisik bak gelandang bertahan pada umumnya. Namun, catatannya melebihi para gelandang bertahan terbaik di Euro. Sebagai bukti, ia menciptakan rekor sebagai pemain yang paling banyak mengintersep bola sepanjang sejarah Euro dengan 25 intersep, unggul satu angka dari Marcel Desailly (Prancis).

Apiknya penampilan Jorginho tak lepas dari adanya sosok Marco Verratti. Pemain PSG ini mampu menjadi pemain yang paling banyak melancarkan tekel dan menjadi gelandang Box to Box terbaik di Euro 2020 ini, mengalahkan Kalvin Phillips.

Mungkin masuknya Steven Zuber menjadi pertanyaan. Apalagi Swiss tak melangkah jauh. Namun, ia menjadi pemain bertipe menyerang paling efisien di Euro 2020 dengan 4 assist di mana 3 di antaranya ia buat dalam satu laga saja yakni Swiss melawan Turki di fase grup.

Untuk penyerang atau winger kanan, INDOSPORT memberikannya pada sosok Patrik Schick yang menggila di Euro 2020 ini. total 5 gol telah ia cetak di fase grup hingga 16 besar. Ketajamannya dengan kaki kirinya pun menjadikannya penyerang berbahaya di turnamen kali ini.

Tak pantas rasanya bila tak memasukkan Cristiano Ronaldo dalam daftar lini depan. Pasalnya, ia menjadi top skorer Euro 2020 dengan 5 gol yang semuanya ia cetak di fase grup. Bahkan tak hanya gol, ia juga menorehkan satu assist untuk rekannya di Portugal.

Kenapa Raheem Sterling? Bisa dikatakan ia lah satu-satunya pemain Inggris terkonsisten di Euro 2020 ini. di saat Harry Kane melempem, Sterling mampu menjadi pemecah kebuntuan. Di saat Inggris kesulitan mencetak gol, ia menjadi pembeda.

Pemain Manchester City ini pun mendapatkan nilai 8,2 dari situs WhoScored sepanjang keikutsertaanya di Euro 2020. Wajar bila pos penyerang kanan diberikan Sterling.

Cristiano RonaldoItaliaRaheem SterlingMarco VerrattiGiorgio ChielliniLuke ShawEuro 2020Gianluigi DonnarummaTimnas InggrisBola InternasionalPatrik SchickJorginhoHarry MaguireSepak BolaEuforia EropaJoakim Maehle

Berita Terkini