x

Louis van Gaal Resmi Ditunjuk Jadi Pelatih Timnas Belanda

Rabu, 4 Agustus 2021 20:48 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor:
Louis van Gaal, pelatih anyar timnas Belanda.

INDOSPORT.COM – Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda atau Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB) resmi menunjuk Louis van Gaal sebagai pelatih anyar timnas Belanda.

Van Gaal ditunjuk untuk menangani timnas Belanda menggantikan Frank de Boer yang mengundurkan diri usai pergelaran Euro 2020.

Baca Juga
Baca Juga

Rilis resmi dari KNVB menyebutkan jika Van Gaal dan ketiga stafnya, yaitu Danny Blind (asisten pelatih), Henk Fraser (asisten pelatih), dan Frans Hoek (pelatih kiper), akan langsung bekerja dengan timnas Belanda jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

“Sepak bola Belanda selalu berada di hati saya. Sebuah kehormatan bisa melatih tim nasional Belanda,” tutur Van Gaal dikutip dari rilis resmi KNVB.

Van Gaal langsung dihadapkan pada laga berat di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Timnas Belanda diketahui akan menjalani tiga pertandingan dalam rentang waktu tujuh hari.

Belanda akan berhadapan dengan Norwegia (01/09/21) lalu Montenegro (04/09/21), dan terakhir Turki tiga hari sesudahnya (07/09/21).

Baca Juga
Baca Juga

De Boer sendiri diketahui meletakkan jabatannya sebagai pelatih timnas Belanda setelah de Oranje dikandaskan oleh Republik Ceko di babak 16 besar Euro 2020 bulan Juni kemarin.


1. Kali Ketiga Van Gaal Bersama Belanda

Peringkat ketiga Piala Dunia 2014 adalah pencapaian terbaik Louis van Gaal bersama timnas Belanda.

Penunjukan kali ini adalah periode ketiga Van Gaal menjadi arsitek timnas Belanda. Ia ditunjuk kurang dari sepekan sebelum berulang tahun yang ke-70.

Van Gaal pertama kali dipercaya menjadi nahkoda timnas Belanda pada bulan September tahun 2000 silam. Namun ia mengundurkan diri setahun kemudian setelah gagal membawa Belanda tampil di Piala Dunia 2002.

Ia kemudian kembali pada Agustus 2012 dan sukses mengantarkan Belanda meraih tempat ketiga di ajang Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil.

Setelah itu, Belanda diketahui bongkar pasang pelatih. Tak kurang, tujuh pelatih ditunjuk usai era kedua Van Gaal berakhir tahun 2014.

Tujuh pelatih tersebut antara lain adalah Guus Hiddink, Danny Blind, Fred Grim (interim), Dick Advocaat, Ronald Koeman, Dwight Lodeweges (interim), dan Frank de Boer.

BelandaLouis van GaalFrank de BoerKNVBBola Internasional

Berita Terkini