x

Ketika Sir Alex Ferguson Jadi Pemain Man United

Kamis, 5 Agustus 2021 21:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Sir Alex Ferguson

INDOSPORT.COM – Tak ada yang tahu rekam jejak Sir Alex Ferguson kecuali saat melatih. Siapa sangka, ia pernah bermain bagi Manchester United.

Sir Alex Ferguson dikenal akan prestasinya bersama Manchester United sebagai pelatih. Beragam prestasi ia buat bersama Setan Merah selama 27 tahun melatih.

Banyaknya prestasi ini membuat nama Ferguson begitu harum di kancah sepak bola. Bahkan banyak yang menyebut, ia adalah salah satu pelatih terbaik di dunia.

Baca Juga
Baca Juga

Sebagai pelatih memang statusnya sangatlah melegenda. Lantas bagaimana status pria asal Skotlandia saat masih bermain?

Diketahui, Sir Alex Ferguson pernah berkiprah sebagai pemain di mana ia merupakan pemain yang berposisi sebagai striker.

Namun, karier Ferguson sebagai pemain banyak dihabiskan di Skotlandia di mana ia diketahui telah  mencetak 171 gol untuk Glasgow Rangers.

Baca Juga
Baca Juga

Sedangkan kiprahnya di Man United lebih banyak diketahui sebagai pelatih.  Itu merupakan fakta yang tak bisa dipungkiri.

Namun, pria yang akrab disapa Fergie ini nyatanya pernah bermain untuk Man United. Ya, bermain bukan melatih seperti yang banyak orang ketahui.

Lantas, kapan Sir Alex Ferguson pernah bermain untuk Manchester United dan tim manakah yang jadi lawannya? Berikut rangkumannya.


1. Bermain untuk Man United

Sir Alex Ferguson menggunakan masker dengan cara yang salah di laga Manchester United vs Southampton

Pada musim 1987-88, Man United menjalani laga uji coba hingga Kepulauan Karibia yakni ke negara Bermuda untuk menghadapi tim nasional Bermuda dan tim lokalnya.

Saat itu, laga uji coba tak perlu menunggu akhir musim atau musim panas. Karena minimnya jadwal, tim bisa melakukan uji coba di tengah-tengah kompetisi berlangsung.

Saat itu, Man United dan Ferguson ke Bermuda sejak November hingga Desember 1987. Di laga pertama melawan timnas Bermuda, Setan Merah menang dengan skor 4-1.

Nah, di laga kedua melawan klub lokal yakni Somerset, banyak pemain Man United cedera. Akhirnya Ferguson berinisiatif dan memainkan dirinya sendiri.

Ferguson tak sendiri. Asistnenya, Archie Knox juga diturunkan untuk bermain. Fergie di usianya yang ke-45 tahun turun di menit ke-70.

Di usia tersebut, Fergie nyatanya masih prima dan tampil baik. Walau ia tak mencetak gol, asistennya malah mencetak gol dan Man United menang dengan skor 4-1.

Usut punya usut, ini bukan  kali pertama Fergie menurunkan dirinya sendiri saat melatih. 11 tahun sebelumnya, ia juga bermain untuk St. Mirren kendati dirinya berstatus pelatih tim itu di laga persahabatan.

Pengalaman Fergie ini pun sempat diteruskan Ryan Giggs yang pada musim 2013-14 bermain meski dirinya berstatus Caretaker.

Bedanya, Giggs turun di kompetisi resmi dan Fergie melakukannya di laga persahabatan atau uji coba saja.

Manchester UnitedUji CobaSir Alex FergusonBola InternasionalSepak BolaBermuda

Berita Terkini