x

4 Transfer Pemain yang Paling Bersejarah di Dunia Sepak Bola

Rabu, 11 Agustus 2021 16:32 WIB
Editor: Juni Adi

INDOSPORT.COM - Kepindahan pemain-pemain ini menggemparkan dunia sepak bola internasional, lantaran kepindahannya mencatatkan sejarah seperti Lionel Messi.

Bursa transfer dimanfaatkan oleh klub-klub sepak bola untuk memperbaiki skuadnya demi bersaing memperebutkan gelar juara di setiap musimnya. 

Biaya besar yang dikeluarkan biasanya tak menjamin pemain mampu memberikan dampak luar biasa kepada klub barunya. 

Baca Juga
Baca Juga

Di samping itu, pembelian gratis juga terkadang mampu memberikan dampak yang bagus bagi tim barunya.

Salah satunya yang tengah hangat adalah kepindahan Lionel Messi ke Paris Saint-Germain (PSG). Les Parisiens diboyong dari Barcelona dengan free transfer alias tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Hal tersebut karena kontra Messi di Barcelona telah habis pada bulan Juni lalu, dan gagal bersepakat pada kontrak baru yang disodorkan karena terganjal aturan salary cap dari La Liga.

Di PSG, Messi akan dikontrak selama dua musim atau hingga 2023 dengan opsi perpanjangan satu musim. Dikutip Yahoosports, Messi mendapat kontrak senilai 35 juta euro setelah dipotong pajak atau setara Rp 591 miliar per tahun.

Jika dibagi per bulannya, Messi akan mendapat sekitar 2,91 juta euro (Rp 49 miliar), lalu per pekannya sekitar 729 ribu euro (Rp 12,3 miliar).

Kepindahan Messi ini tentu menggemparkan jaga sepak bola dan masuk sebagai salah satu transfer kepindahan pemain paling bersejarah.

Baca Juga
Baca Juga

Pasalnya, ini pertama kalinya Messi pindah klub setelah hampir 21 tahun bermain untuk Barcelona. Siapa yang menyangka jika penyerang asal Argentina ini akhirnya meinggalkan Camp Nou.

Pemain berusia 34 tahun itu bergabung dengan tim muda Barcelona sejak usia 13 tahun. Kini ia menjadi pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa dan pembuat penampilan dengan 672 gol dalam 778 pertandingan di semua kompetisi. 

Bukan hanya Lionel Messi yang kepindahannya tercatat dalam sejarah sepak bola, ada beberapa pemain lain yang juga menorehkan hal sama. SIapa saja mereka?


1. 1. Cristiano Ronaldo

Selebrasi Ronaldo setelah mencetak Hattrick

Sebelum Lionel Messi menggemparkan dunia sepak bola, pesaingnya Cristiano Ronaldo lebih dahulu sudah membuat heboh.

Hal itu karena ia berani memutuskan pindah dari klub yang membesarkan namanya, Manchester United menuju Real Madrid klub impiannya.

Bersama Setan Merah, kariernya semakin cemerlang dan sukses memenangi beberapa gelar juara.

Berkat penampilannya yang ciamik itu, Real Madrid tak segan-segan mengeluarkan biaya sebesar 94 juta euro atau setara dengan Rp1,6 triliun pada musim panas 2009. 

Setelah berseragam Los Blancos, Ronaldo semakin tak tertandingi dan berhasil meraih banyak gelar, baik untuk klub maupun individu. 

Baca Juga
Baca Juga

2. Ronaldinho

Pada tahun 2000-an Barcelona bisa dibilang bukanlah tim dengan tradisi juara, karena sangat jarang meraih gelar di setiap musimnya.

Namun nasib berubah seiring kedatangan peman berkelas dan penuh talenta, Ronaldinho. Pemain asal Brasil itu didatangkan Barcelona dari PSG pada tahun 2003.

Ronaldinho saat itu dibeli dengan harga 32 juta euro atau setara dengan Rp546 miliar. Siapa sangka, kehadiran pemain asal Brasil itu mampu membuat Barcelona kembali berjaya dan memenangi sejumlah trofi.

3. Luis Figo

Luis Figo meninggalkan Barcelona menuju Real Madrid dengan rekor transfer saat itu, 62 juta Euro pada musim panas tahun 2000. 

Sekembalinya ke Camp Nou setelah kepindahannya yang kontroversial itu, pemain sayap Portugal itu disambut dengan spanduk bertuliskan "Yudas" dan "pengkhianat."

Figo juga dihujani dengan benda-benda dari kerumunan penonton  termasuk botol kaca, koin, dan yang paling terkenal adalah kepala babi.

Baca Juga
Baca Juga

4. Neymar

Saat ini tercatat sebagai pemain termahal di dunia. Ketika diboyong Paris Saint-Germain (PSG) dari Barcelona pada bursa transfer musim panas 2017, Neymar ditebus 222 juta euro atau sekira Rp3,69 triliun.

Hingga kini, tidak ada satu pun pemain yang ditebus dengan harga melebihi uang yang dikeluarkan PSG untuk Neymar.

Bursa TransferCristiano RonaldoNeymarBarcelonaLionel MessiParis Saint-GermainRonaldinhoLuis FigoBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini