x

Profil Klub Liga 1 2021: Persib Bandung, Tak Segan Pasang Target Tinggi

Senin, 23 Agustus 2021 20:05 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
Logo klub Liga 1 Persib Bandung (Jawa Barat).

INDOSPORT.COM - Persib Bandung memasang target tinggi pada kompetisi Liga 1 2021-2022 yang akan bergulir pada Jumat (27/8/21).

Target tinggi dari skuat Maung Bandung tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya mereka merasa optimis dengan komposisi tim yang dihuni banyak pemain berkualitas di setiap lini mulai dari posisi penjaga gawang, belakang, tengah, hingga depan.

Selain itu, target tersebut juga berkaca dari hasil yang diraih pada kompetisi Liga 1 2020, saat itu skuat Maung Bandung berhasil meraih kemenangan secara beruntun dalam tiga pertandingan, yang membuat Persib menjadi pemuncak klasemen sementara.

Namun, kompetisi Liga 1 2020 hanya bergulir tiga pekan dan terpaksa dihentikan setelah pekan ketiga, karena pandemi Covid-19. Kompetisi musim 2020 sempat akan dilanjutkan beberapa kali, namun tidak terlaksana hingga akhirnya resmi dibatalkan.

Selain itu, pada turnamen pramusim Piala Menpora 2021, skuat Maung Bandung mampu menembus final, hanya saja tim kebanggaan Bobotoh ini gagal meraih gelar juara setelah takluk dari Persija Jakarta.

Baca Juga
Baca Juga

"Musim ini, target kami tinggi. Kami menaruh target yang tinggi karena kami punya tim yang bagus. Dan seperti yang saya katakan, persiapan setiap tim berbeda dan itu membuat liga sulit terprediksi," kata pelatih Persib Bandung, Robert Alberts.

Secara persiapan untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2021-2022 diakui oleh Robert, memang tidak ideal. Meski begitu, sering berjalannya kompetisi performa skuat Maung Bandung akan terus meningkat.

"Tim seperti kami, dengan pemain yang dimiliki sekarang, apalagi jika sudah banyak main bersama, punya kesempatan untuk menjadi yang terbaik dan berada di level teratas, kami harus memastikan kami bisa menjadi tim yang terbaik di liga Indonesia musim ini," ungkap Robert menambahkan.


1. Kedalaman Skuat

Skuat Persib Bandung berlatih di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (24/05/21).

Persib Bandung sebenarnya sudah mulai fokus menatap kompetisi Liga 1 2021-2022, setelah ada keputusan musim 2020 dibatalkan, diantaranya dengan melepas Fabiano Beltrame dan Zulham Zamrun.

Selain itu, ada beberapa pemain yang memutuskan untuk mundur, padahal Robert Rene Alberts memproyeksikan mereka masuk dalam skuat Persib untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2021-2020.

Mereka yang memutuskan untuk mundur yakni Beni Oktovianto, Ghozali Siregar, Kim Jeffrey Kurniawan dan pemain asing Asia, Omid Nazari.

Selain itu, belum lama ini Persib juga meminjamkan penjaga gawang, Dhika Bayangkara ke Persita Tangerang dan gelandang jebolan Diklat Persib, Gian Zola ke Persela Lamongan.

Baca Juga
Baca Juga

Meski begitu, Robert Alberts sudah memiliki rencana lain yakni dengan membawa pulang Achmad Jufriyanto untuk mengisi posisi yang sebelumnya diisi Fabiano Beltrame, serta mendatangkan pemain naturalisasi Ezra Walian serta Marc Klok.

Sedangkan untuk mengisi posisi pemain asing Asia, skuat Maung Bandung merekrut pemain Timnas Palestina, Mohammed Rashid.

Kemudian, di posisi penjaga gawang, Persib memasukkan kembali nama Muhammad Natshir yang baru pulih dari cedera patah tulang fibula dan tibia.

Persib saat ini masih mencari pemain lokal untuk mengisi posisi striker, pasalnya Ferdinand Sinaga yang sebelumnya direkrut untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2021-2022, mengakhiri kerjasama dengan skuat Maung Bandung dan bergabung Persis Solo.

"Dan kami harus mendaftarkan antara 30-35 pemain, minimal 30 dan maksimal 35 pemain," ujar Robert Rene Alberts.

Skuat sementara Persib Bandung untuk Liga 1 2021-2022:

Kiper: I Made Wirawan, Teja Paku Alam, Muhammad Natshir.

Bek: Henhen Herdiana, Supardi Nasir, Victor Igbonefo, Ardi Idrus, Mario Jardel, Zalnando, Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers (Belanda), Kakang, Bayu Mohamad Fiqri.

Gelandang: Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi, Beckham Putra Nugraha, Abdul Aziz, Erwin Ramdani, Esteban Vizcarra, Ardi Maulana, Saiful, Marc Klok, Mohammed Rashid (Palestina)

Penyerang: Frets Butuan, Wander Luiz (Brasil), Geoffrey Castillion (Belanda), Ravil, Ezra Walian


2. Pelatih: Robert Rene Alberts

Persib menggelar latihan perdana di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), beberapa waktu lalu.

Robert Rene Alberts pertama bergabung dengan Persib pada 2019. Dia masuk menggantikan Miljan Radovic menjelang bergulirnya kick-off kompetisi Liga 1 2019.

Pelatih asal Belanda ini sudah tidak asing lagi bagi publik sepakbola Indonesia, pasalnya ia sudah cukup lama berkarir di tanah air dan menangani beberapa klub, diantaranya Arema dan PSM Makassar.

Pada musim pertamanya bersama Persib, Robert membawa skuat Maung Bandung berada di posisi keenam. Kemudian di musim 2020, tim kebanggaan Bobotoh mampu meraih kemenangan beruntun di tiga pertandingan, namun Liga 1 2020 dihentikan karena pandemi Covid-19.

Baca Juga
Baca Juga

Pada turnamen pramusim Piala Menpora 2021, Robert berhasil membawa skuat Maung Bandung melangkah ke final. Hanya saja, Persib gagal meraih gelar juara setelah ditaklukkan Persija Jakarta.

Selain itu, Robert Rene Alberts memiliki prestasi saat menangani beberapa klub di luar negeri baik di Malaysia dan Singapura. Ia pun mengaku, belum lama ini mendapatkan tawaran untuk menangani klub asal Australia. 

Namun Robert menolak tawaran tersebut dan memilih untuk fokus menangani Persib, apalagi dia memiliki keinginan untuk membawa skuat Maung Bandung meraih prestasi baik di level nasional maupun internasional.

Bintang: Wander Luiz

Striker asal Brasil ini memang belum lama menjadi bagian dari Persib Bandung, yakni sejak 2020, meski begitu pada musim pertamanya berkostum skuat Maung Bandung dia berhasil menyita perhatian Bobotoh dan publikasi sepak bola Indonesia. 

Pada kompetisi Liga 1 2020, Wander Luiz berhasil menyumbangkan empat gol dari tiga pertandingan, hal itu membuatnya menjadi top skor di kompetisi musim 2020.

Hanya saja, koleksi gol Wander Luiz tidak bertambah, lantaran kompetisi Liga 1 2020 dihentikan setelah memasuki pekan ketiga, lantaran pandemi Covid-19.

Ketajaman Wander Luiz, membuat Robert Rene Alberts kemungkinan besar akan kembali mengandalkan striker berusia 29 tersebut saat mengarungi kompetisi Liga 1 2021-2022.

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Marc KlokBerita Liga 1Wander LuizLiga 1 2021

Berita Terkini