x

Profil Klub Liga 1 2021: Persija Jakarta, Usung Misi Rebut Gelar Juara

Senin, 23 Agustus 2021 16:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta menyambut BRI Liga 1 2021-2022 dengan target tinggi. Mereka membidik gelar juara yang terakhir kali diraih pada edisi 2018.

Segala perubahan memang dilakukan Persija Jakarta untuk merengkuh gelar juara musim ini. Memang ambisi meraih gelar juara musim ini sudah mereka canangkan dalam tagline mereka, yakni Believe In Twelve atau #BelieveIn12.

Tagline ini selalu ditemui di setiap postingan Persija Jakarta. Baik itu postingan di media sosial maupun laman resmi Persija Jakarta selalu menyertakan tagline Believe In Twelve atau #BelieveIn12.

Tentu tagline ini adalah tujuan mereka merebut gelar juara yang ke-12. Seperti diketahui Persija sejauh ini sudah merebut gelar juara sebanyak 11 Kali, dimana terakhir diraih pada Liga 1 musim 2018.

Baca Juga
Baca Juga

Selain meraih gelar juara, Persija kali ini memang mengusung Misi lain. Yakni membawa Persija Jakarta ke level tertinggi. Hal ini pun digabungkan oleh Presiden Persija Jakarta, Mohammad Prapanca.

"Target saya sangat jelas. Sebagai sebuah brand, Persija harus naik level," ucap Mohammad Prapanca beberapa waktu lalu.

Menurut Prapanca, peningkatan level tidak hanya dari sisi permainan seperti raihan trofi, namun juga pengelolaan tim. Satu di antaranya terkait sarana dan prasarana pelengkap seperti homebase, asrama, fasilitas latihan, dan kelengkapan lain.

"Dengan segala keterbatasan, termasuk hantaman pandemi Covid-19, program itu sudah mulai kami jalankan sejak awal tahun. Perlahan-lahan, kami akan terus meningkatkan diri," imbuh Prapanca.

"Kami terus melakukan pembenahan agar dapat terus menjadi lebih baik," beber dia.


1. Kedalaman Skuat

Latihan skuat Persija Jakarta di lapangan POR Sawangan, Rabu (18/08/21).

Melihat susunan pemain yang ada, Persija Jakarta memang harus pandai meraih mengkombinasikan antara pemain muda dan senior. Sebab gerakan Persija Jakarta dalam mencari pemain sangat lamban.

Terlebih di sektor tengah, Angelo Alessio harus pandai memadukan pemain yang tersisa saat ini. Tak dipungkiri kepergian sejumlah pemain sentral sebut saja Evan Dimas, Sandi Sute, serta Marc Klok bisa menyisakan lubang di lini tengah Persija Jakarta.

Baca Juga
Baca Juga

Disinggung hal ini, Direktur Utama Persija Jakarta Ambono Januarianto menilai Persija bukan tidak mampu dalam mencari pemain. Terlebih baginya saat ini yang Persija Jakarta cari adalah bagaimana skuat Persija Jakarta bisa bekerjasama secara berkesinambungan.

"Pemain mahal belum tentu bisa torehkan prestasi," kata Ambono.

"Bagi saya yang terpenting bagaimana skuat itu bisa bekerja sama, berkesinambungan, punya kesetaraan satu sama lain, tidak perlu mahal tapi bisa berprestasi," jelasnya.

Skuat sementara Persija Jakarta untuk Liga 1 2021-2022:

Kiper: Andritany Ardhiyasa, Yoewanto Setya Beny, Adixi Lenzivio, Cahya Supriadi

Bek: Yann Motta (Brasil), Otavio Dutra, Muhammad Ferrari, Maman Abdurrahman, Reza Fauzan, Rezaldi Hehanussa, Salman Alfarid, Tony Sucipto, Rinto Ali, Marco Motta (Italia), Ismed Sofyan

Gelandang: Rohit Chand (Nepal), Alief Rama, Dwiki Arya, Ramdani Lestaluhu, Braif Fatari, Raka Cahyana, Osvaldo Haay, Novri Setiawan, Sandi Arta, Riko Simanjuntak, Alfriyanto Nico.

Penyerang: Marko Simic (Kroasia), Taufik Hidayat, Fajar Firdraus.


2. Pelatih: Angelo Alessio

Starting eleven Persija Jakarta di Piala Menpora 2021.

Persija Jakarta memang membuat gebrakan besar dengan mendatangkan pelatih kelas dunia. Bagaimana tidak Persija Jakarta memboyong Angelo Alessio sebagai juru ramu anyar.

Sosok Angelo Alessio merupakan mantan asisten pelatih kepercayaan Antonio Conte. Dirinya pun selalu berada di mana Conte melatih.

Baik saat di Juventus, Timnas Italia hingga Chelsea Angelo Alessio mendampingi Conte. Dengan pengalaman ini pun, Persija yakin sosok Angelo Alessio bisa membawa Persija Jakarta ke level tertinggi.

Mendapat target meraih gelar juara, Angelo Alessio pun percaya diri. Menurut Angelo Alessio, Persija punya kemampuan dan dukungan skuad untuk meraih titel bergengsi di Indonesia itu.

"Yang mau saya katakan adalah saya memilih datang ke sini untuk dua alasan. Pertama, kami punya kesempatan untuk memenangkan kompetisi," kata Angelo Alessio.

Baca Juga
Baca Juga

"Selain itu, kami juga punya banyak penggemar. Untuk menggapai itu, saya memiliki cara untuk menang. Saya membawa pengetahuan dan pengalaman saya untuk itu," ujar Angelo Alessio.

Bintang: Marko Simic

Marko Simic sepertinya masih menjadi andalan Persija Jakarta di lini depan. Bomber asal Kroasia ini merupakan predator di kotak penalti lawan.

Simic memang memiliki rekor bagus selama berseragam Persija Jakarta. Setodaknya Simic sudah mencetak 47 gol dalam 64 pertandingan di Liga 1 sejak 2018.

Meski belakangan ketajaman Simic sedikit memudar. Yakni Simic hanya mencetak dua gol dari tujuh laga di Piala Menpora.

Namun Persija masih percaya diri bahwa Simic merupakan bomber tajam yang bisa kembali menjadi ganas di BRI Liga 1 2021-2022 

Persija JakartaThe JakmaniaLiga IndonesiaLiga 1Marko SimicBerita Liga 1Mohamad PrapancaLiga 1 2021Angelo Alessio

Berita Terkini