x

Profil Klub Liga 1 2021: Persebaya Surabaya, Menantikan Semangat Pemain Muda

Jumat, 27 Agustus 2021 15:05 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Herry Ibrahim
Profil Klub Liga 1 2021, Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya menatap kompetisi BRI Liga 1 2021-2022 dengan semangat membara. Hal ini sejalan dengan deretan pemain-pemain Bajul Ijo yang mayoritas masih berusia muda.

Seperti diketahui, pasukan Aji Santoso berisikan deretan pemain muda seperti Dicky Kurniawan, Akbar Firmansyah, dan Marselino Ferdinan.

Penampilan pemain-pemain muda ini banyak dinantikan, bagaimana tidak mereka berhasil mencuri perhatian pecinta sepak bola Indonesia pada saat turnamen pra musim Piala Menpora 2021 yang lalu.

Saat itu Persebaya yang hanya diisi skuat muda yang minim jam terbang di level senior, serta tidak adanya pemain asing, ternyata mampu berkata banyak.

Baca Juga
Baca Juga

Ya, Persebaya pada saat itu berhasil lolos hingga babak delapan besar. Mereka dikalahkan Persib dengan skor 3-2 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu (11/04/21).

Saat ini mereka sudah semakin matang. Aji Santoso pun sepertinya semakin pede dengan kemampuan anak-anak muda Bajul Ijo ini di BRI Liga 1 mendatang.

“Perkembangan seperti Marselino, Akbar, Dicky, menunjukkan peningkatan cukup signifikan,” kata Aji Santoso.


1. Komposisi pemain

Pemain Persebaya saat berlatih di stadion gelora 10 November Surabaya.

Persebaya Surabaya menjelang BRI Liga 1 2021/2022 tidak banyak mengalami perubahan yang cukup signifikan.

Aji Santoso banyak mempertahankan pemain lama dan mendatangkan empat pemain asing baru.

Komposisi pemain sendiri, di lini penjaga gawang. Nama Satria Tama tampaknya tetap dipertahankan Aji Santoso sebagai kiper utama.

Hal ini dikarenakan pengalamannya di Liga 1 saat masih berseragam Madura United serta Timnas Indonesia. Lalu di barisan kiper cadangan ada Ernando Ari Sutaryadi dan Andhika Ramadhani.

Pada lini belakang, Aji Santoso pada saat Piala Menpora kemarin hingga Liga 1, sangat fokus pada lini ini. Hal ini dikarenakan pemain pilar hengkang seperti Hansamu Yama.

Baca Juga
Baca Juga

Serta deretan pemain Persebaya yang langganan Timnas Indonesia, seperti Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Koko Ari Araya, dan Arif Satria.

Hadirnya Alie Sesay diharapkan mampu menambal beberapa posisi yang ditinggalkan, dan menemani M Syaifuddin.

Untuk lini tengah, M Hidayat dan Rachmat Irianto tampaknya bakal dipertahankan Aji Santoso untuk mengisi posisi ini.

Namun kans Rachmat Irianto atau Rian untuk bermain di posisi ini juga belum tentu. Sebab ia juga salah satu pemain langganan Timnas Indonesia.

Sedangkan lini depan Samsul Arif Munip bakal mengisi posisi ini dengan opsi lain Aji Santoso yakni memainkan pemain asingnya, Bruno Moreira atau Wilkson.


2. Skuat Sementara

Skuat muda Persebaya Surabaya pada Piala Menpora 2021 lalu.

Kiper: Satria Tama, Ernando Ari Sutaryadi, Andhika Ramadhani

Bek: Rachmat Irianto, Alie Sesay, Arif  Satria, Reva Adi Utama, Rizky Ridho, Frank Rikhart Sokoy, Koko Ari Araya, Arizky Wahyu Satria, M Syaifuddin.

Tengah: Dicky Kurniawan,Taisei Marukawa, M Hidayat, Bruno Moreira, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Ady Setiawan, Alwi Slamat, Hambali Tholib, Rendi Irwan, Oktafianus Fernando.

Depan: Jose Wilkson, Johan Yoga Utama, Samsul Arif, Supriadi, Akbar Firmansyah.

Pelatih: Aji Santoso.

Pemain Kunci: Samsul Arif

Meskipun pemain lokal, Samsul Arif masih mampu bersaing dengan pemain-pemain lainnya, khususnya striker asing klub Liga 1 lain.

Samsul Arif pada saat turnamen pra musim Piala Menpora 2021, masih mampu menunjukkan bahwa ia masih produktif sebagai striker.

Persebaya SurabayaAji SantosoBonekmaniaLiga IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini