x

Bak Anak dan Ayah, Ronaldo Tak Bisa Lepas dari Pengaruh Sir Alex Ferguson

Sabtu, 28 Agustus 2021 20:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson.

INDOSPORT.COM - Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson bak sosok anak dan ayah di Manchester United yang sulit dipisahkan.

Kisah keduanya pun sudah termasyhur di kalangan khalayak luas, termasuk bagaimana Sir Alex Ferguson memboyong anak asuhnya tersebut dari klub Portugal, Sporting Lisbon, saat usianya masih belia.

Untuk diingat kembali, Ronaldo merapat ke Manchester United, dari Sporting Lisbon pada 2003 atau di usianya yang mengunjak 18 tahun.

Semua berawal dari ketertarikan Fergie pada Ronaldo saat Manchester United dan Sporting Lisbon menggelar pertandingan persahabatan. Ia pun langsung mengutus kepala eksekutif, Peter Kenyon, untuk segera bertindak.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya mendapat telepon saat half time dari Fergie, 'ketimbang dia (Ronaldo) main di sini, bisakah kita membawanya ke Old Trafford?' Jadi tim langsung pulang ke Inggris dan saya tetap tinggal melakukan negosiasi," ucap Kenyon dilansir Mirror.

"Itulah saat-saat terhebat Alex (Ferguson) yang mampu membawa Manchester United lebih baik dari siapa pun juga. Dia tak pernah hanya menjanjikan, tapi bisa langsung membuat orang yang tepat untuk bermain," tambahnya.

Sebagai salah satu ikon pelatih ikonik dan legendaris sepanjang masa, mata jeli Sir Alex Ferguson hari itu pun tidak salah menilai. Terbukti, Cristiano Ronaldo menjelma sebagai salah satu pesepak bola paling tersohor di muka bumi ini.

Baca Juga
Baca Juga

Bahkan, pengaruh pria yang kini berusia 79 tahun tersebut pun masih mengendap di dalam tubuh Ronaldo sampai sekarang. Bahkan, sang pemain mengurungkan niatnya pindah dari Juventus ke Manchester City karena Fergie.

Jika dulu telepon ‘keramat’ Sir Alex Ferguson berhasil membawa Ronaldo ke Manchester United, kini hal serupa seperti terjadi kembali.

Kembalinya Ronaldo berseragam Setan Merah pun diyakini berhasil berkat bujukan dan kata-kata ajaib Sir Alex Ferguson kepada mantan anak asuhnya tersebut.

Hal ini pun juga diyakini oleh Rio Ferdinand, yang menyebut tidak mungkin Ronaldo kembali ke Manchester United tanpa berbicara dengan Fergie terlebih dahulu.


1. Bak Anak dan Ayah

Cristiano Ronaldo (kanan) saat masa mudanya di Manchester United.

Rio Ferdinand juga meyakini bahwa hubungan Sir Alex Ferguson dan Cristiano Ronaldo sangat erat. Bahkan, ia menilai chemistry keduanya sangat sulit ditemukan pada pasangan pelatih-pemain lainnya.

"Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson punya hubungan yang sangat kuat. Tidak semua pemain punya keistimewaan seperti itu," demikian kata Rio Ferdinand dalam kanal YouTube miliknya.

Momen Fergie dan Ronaldo yang jadi pembicaraan publik saat ini pun tentu bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya, mereka sudah sering menunjukkan kemesraan bak ayah dan anak yang bakal bikin orang iri.

Salah satunya, saat momen Ronaldo memenangkan Euro 2016 bersama Timnas Portugal, yang videonya mendadak muncul lagi ke permukaan belum lama ini.

Dalam video tersebut, Fergie terlihat berdiri dan rela sedikit berdesakan dengan penonton dan bodyguard demi menanti Ronaldo turun dari podium. Wajahnya pun terlihat harap-harap cemas menunggu sang ‘anak’ lewat di hadapannya.

Setelah keduanya bertemu dan berpelukan, Fergie terlihat senang sekaligus bangga bak seorang ayah. Senyuman pun seperti tidak bisa hilang dari raut wajahnya ketika memandang punggung Ronaldo yang telah berlalu.

Namun momen itu hanya satu dari sekian kehangatan yang ditunjukkan Sir Alex Ferguson dan Cristiano Ronaldo.

Ronaldo sendiri pernah menyebut Fergie memang sudah seperti sosok ayah baginya. Hal ini sempat disampaikannya ketika baru saja pindah dari Manchester United ke Real Madrid pada tahun 2009 silam.

"Ferguson adalah seorang maestro. Bagi saya pribadi, dia adalah ayah saya dalam sepak bola. Dia sangat penting di karier saya dan di luar sepak bola, dia sangat baik pada saya," ucap Ronaldo dilansir dari The Guardian.

Selain itu, Ronaldo juga turut memberi semangat Fergie ketika sang pelatih jatuh sakit pada 2018 lalu. Jadi, butuh bukti apalagi kalau pasangan ini memang punya chemistry dan hubungan yang kuat bak anak dan ayah?

Manchester UnitedCristiano RonaldoSir Alex FergusonBola Internasional

Berita Terkini