x

Liverpool vs Chelsea: Adu Sakti Van Dijk dan Lukaku

Sabtu, 28 Agustus 2021 11:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Virgil van Dijk dan Romelu Lukaku

INDOSPORT.COM – Liga Inggris 2021/22 pekan ke-3 akan menghadirkan Big Match antara Liverpool vs Chelsea. Di laga ini, Virgil van Dijk dan Romelu Lukaku akan menjadi sorotan mengingat laga ini akan dipenuhi duel keduanya.

Pekan ketiga Liga Inggris akan diwarnai dengan laga big match antara Liverpool vs Chelsea yang berlangsung di Stadion Anflied, di mana laga ini juga disebut sebagai duel kepagian dua kandidat juara.

Baik Liverpool dan Chelsea sama-sama diunggulkan sebagai kandidat juara Liga Inggris musim ini. Kedua klub sama-sama menunjukkan performa apik dengan tampil gemilang di dua laga pembuka 2021/22.

Baca Juga
Baca Juga

The Reds berhasil meraih kemenangan 0-3 atas tuan ruman Norwich di laga pembuka. Lalu kembali menang 2-0 atas Burnley. Sedangkan The Blues menang 3-0 dari Crystal Palace dan mempermalukan tuan rumah Arsenal 0-2.

Selain itu, keduanya dianggap menjadi kandidat juara Liga Inggris musim ini lantaran dianggap kuat dengan sederet bintang yang dimilikinya. Tim besutan Jurgen Klopp makin tajam dengan kembalinya Virgil Van Dijk yang sempat absen panjang karena cedera.

Sedangkan tim asuhan Thomas Tuchel itu tengah bersemangat sekembalinya Romelu Lukaku, yang pada musim lalu tampil impresif dan mengantarkan Inter Milan meraih gelar juara Serie A Italia 2020/21.

Baca Juga
Baca Juga

Selain karena materi dan hasil di laga sebelumnya, rekam jejak kedua klub di segala kompetisi membuktikan bahwa kedua tim bermental juara.

Pertarungan Liverpool vs Chelsea kali ini bukan lagi soal adu taktik Jurgen Klopp vs Thomas Tuchel. Malahan, sorot kamera akan menuju pertarungan bintang kedua tim, yakni Virgil van Dijk dan Romelu Lukaku.


1. Van Dijk vs Lukaku

Pertandingan antara Liverpool vs Chelsea (Liga Inggris).

Virgil van Dijk menjadi sorotan karena telah kembali dan menghuni lini belakang Liverpool di dua laga awal Liga Inggris 2021/22.

Sejak cedera yang diterima Van Dijk tahun lalu, Liverpool seperti kehilangan arah. Datangnya bek-bek lain nyatanya tak mampu menggantikan peran dari bek asal Belanda tersebut.

Tanpa hadirnya Van Dijk musim lalu, Liverpool terlihat rapuh di lini belakang. Apalagi, keangkeran Anfield harus pudar tanpa posok pemain berusia 30 tahun itu.

Sebagai informasi, dalam 48 laga di Anfield, Liverpool tak pernah kalah saat Van Dijk bermain dengan catatan 45 kemenangan dan 3 hasil imbang..

Di sisi lain, Chelsea mendapat amunisi tambahan pada sosok Romelu Lukaku. Secara rekor penyerang asal Belgia ini tak pernah mencetak gol dalam lima laga saat berjumpa Van Dijk.

Namun, Lukaku telah berubah dan berevolusi. Permainannya kian meningkat selama berpetualang ke Italia bersama Inter Milan.

Laga melawan Arsenal menjadi bukti bahwa Lukaku tak hanya soal gol semata. Ia terlihat aktif dalam Build Up Chelsea termasuk berduel dengan lawan dan membuka ruang untuk rekan-rekannya.

Kian komplitnya Lukaku pun menjadi penarik perhatian di laga ini. Bagaimana bila Van Dijk dan Lukaku berduel jika dilhat dalam statistik?

Secara statistik, Van Dijk unggul ketimbang Lukaku di atas kertas. Hal ini terlihat dari presentase jika keduanya berduel baik di lapangan dan duel udara seperti catatan yang dikutip dari Squawka.

Di duel lapangan, Lukaku hanya memiliki presentase kesuksesan Take-Ons (melewati lawan) hanyalah 55,67 persen. Rendahnya presentase tersebut berbanding terbalik dengan kemampuan Van Dijk melancarkan tekel sukses yang mencetak 72,72 persen.

Lalu saat berduel di lapangan, Van Dijk diyakini akan membuat Lukaku kesulitan di mana hampir 74 persen duel udara di menangkan Van Dijk. Sedangkan Lukaku hanya memenangkan 44 persen duel saja.

Berlanjut ke duel udara, Van Dijk punya presentase kemenangan duel udara mencapai 74 persen. Sedangkan Lukaku hanya memenangkan 52 persen saja.

Dengan catatan tersebut, akankah Van Dijk bisa menghentikan Lukaku? Siapakah yang akan unggul di duel akbar hari ini (28/8/21)?

LiverpoolChelseaRomelu LukakuIn Depth SportsLiga InggrisVirgil van DijkSepak Bola

Berita Terkini