x

Cetak 111 Gol, Cristiano Ronaldo Jadi Top Skor Sepanjang Masa Level Timnas

Kamis, 2 September 2021 05:25 WIB
Editor: Subhan Wirawan

INDOSPORT.COMCristiano Ronaldo kembali sukses mengukir sejarah, kali ini bintang asal Portugal tersebut mampu pecahkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di level timnas.

Dalam pertandingan terbarunya, Cristiano Ronaldo tampil sebagai starter saat Portugal hadapi Irlandia di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Kamis (02/09/21) dini hari WIB.

Bertanding di Stadion Algarve, tim Portugal sebagai tuan rumah tampil dengan kekuatan penuh sejak babak pertama termasuk memainkan duet Cristiano Ronaldo dan Diogo Jota sebagai ujung tombak.

Baca Juga
Baca Juga

Pada awal-awal laga, kejutan sempat terjadi saat Cristiano Ronaldo yang dipercaya sebagai eksekutor tendangan penalti gagal menjalankan tugas.

Bahkan saat babak pertama akan berakhir, Portugal tertinggal lebih dulu lewat sundulan John Egan yang membawa Irlandia memimpin 0-1.

Hingga menit ke-80’, Portugal masih tertinggal atas Irlandia. Namun keajaiban muncul beberapa menit jelang laga usai.

Cristiano Ronaldo yang sempat gagal eksekusi tendangan penalti di awal laga, berhasil jadi pahlawan kemenangan berkat dua gol yang ia buat menit 89’ dan 90+6’.

Skor pun berubah 2-1 untuk kemenangan Portugal atas Irlandia.

Khusus bagi Cristiano Ronaldo, tambahan dua golnya ini membuat pemain baru Manchester United tersebut sukses memecahkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa bersama timnas.

Baca Juga
Baca Juga

Total hingga saat ini, Cristiano Ronaldo sudah mencetak 111 gol bersama Timnas Portugal, jumlah tersebut mengalahkan torehan gol Ali Daei yang sebelumnya mampu mengoleksi 109 gol bersama Timnas Iran.


1. Rekor Ronaldo

Proses gol Cristiano Ronaldo di laga Euro 2020 grup F antara Portugal vs Jerman.

Sebelum pecahkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak level timnas, Cristiano Ronaldo memang tampil gemilang terutama pada gelaran Euro 2020 lalu.

Pada ajang tersebut, Cristiano Ronaldo berhasil keluar sebagai top scorer dengan lima gol, bahkan namanya tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa turnamen dengan 14 gol.

Meski jadi yang terbaik di level sepak bola pria, namun jumlah gol Ronaldo masih kalah jauh jika dibandingkan dengan seluruh pesepakbola lintas gender.

Tercatat, jumlah gol Cristiano Ronaldo masih kalah dari mantan pemain timnas wanita Kanada, Christine Sinclair yang membuat 186 gol.

Secara keseluruhan, Cristiano Ronaldo berada di posisi kedelapan di belakang Abby Wambach, Mia Hamm, Kristine Lilly, Birgit Prinz, Carli Lloyd, Julie Fleeting, dan Sinclair sebagai pesepakbola (pria dan wanita) dengan gol terbanyak di level timnas.

Cristiano RonaldoPortugalBola InternasionalTop Skor

Berita Terkini