x

Pelatih yang Jadi Bulan-bulanan Timnas Indonesia Gantikan Posisi Kurniawan di Sabah FC

Sabtu, 11 September 2021 05:32 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Ong Kim Swee berikan ungkapan sombong setelah berhasil mengalahkan Korea Selatan.

INDOSPORT.COM – Usai pecat Kurniawan Dwi Yulianto dari kursi kepelatihan musim ini, klub Malaysia Sabah FC dikabarkan merekrut pelatih yang sempat jadi bulan-bulanan Timnas Indonesia. Siapakah dia?

Sebelumnya, Sabah FC sendiri memang resmi berpisah dengan pelatih asal Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto lantaran sederat hasil buruk di putaran kedua.

Bagaimana tidak, Sabah FC belum memperoleh kemenangan dalam delapan pertandingan beruntun. Dalam tiga laga terakhir, mereka dihajar Johor Darul Takzim (2-0), Penang FC (0-3).

Baca Juga
Baca Juga

Dan puncaknya, pasukan Kurniawan Dwi Yulianto baru saja dihajar oleh UiTM dengan skor telak 4-0 pada Sabtu (28/08/21) lalu.

Usai berpisah dengan Kurniawan Dwi Yulianto, manajemen Sabah FC kabarnya telah menemukan sosok pelatih baru dan akan segera diresmikan dalam waktu dekat.

Melansir dari laman Vocket FC, eks pelatih Timnas Malaysia yakni Ong Kim Swee bakal menerima tawaran sebagai pelatih baru Sabah FC di sisa musim ini.

Bahkan, Ong Kim Swee yang sedang menjabat sebagai Direktur Teknik Malaysia sudah memberikan surat pengunduran diri kepada federasi sepak bola Malaysia agar dirinya bisa segera bergabung dengan Sabah FC.

“Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) ingin mengumumkan pengunduran diri Direktur Teknik FAM, Datuk Ong Kim Swee setelah ia menerima tawaran sebagai pelatih baru Sabah FC,” tulis keterangan Vocket FC.

Baca Juga
Baca Juga

Di sepak bola Malaysia, nama Ong Kim Swee cukup terkenal dan kerap menukangi beberapa level Timnas mulai dari pelatih kepala skuat U-16, U-17, Harimau Muda, U-23 serta Timnas Senior.


1. Prestasi Ong Kim Swee

Kapten timnas Indonesia, Boaz Salosa (tengah) merayakan gol ke gawang Malaysia bersama Andik Vermansah (kiri) dan Irfan Bachdim di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016).

Dalam karier kepelatihannya, beberapa gelar juara pernah dimenangkan Ong Kim Swee seperti medali emas SEA Games 2011, medali perak SEA Games 2017, perempat final AFC-U23 2018 dan lolos babak knockout Asian Games 2018.

Meski gemilang bersama Timnas Malaysia, namun Ong Kim Swee sempat memiliki catatan kelam saat bertemu Timnas Indonesia.

Pada sebuah laga persahabatan tanggal 6 September 2016 silam, skuat Malaysia senior asuhannya telan kekalahan telak dari Timnas Indonesia dengan skor 3-0.

Bertanding di stadion Manahan, brace Boaz Solossa serta sebiji gol dari Irfan Bachdim membuat Timnas Indonesia sukses melumat skuat Harimau Malaya besutan Ong Kim Swee.

Kurniawan Dwi YuliantoTimnas IndonesiaOng Kim SweeSabah FABola InternasionalTimnas MalaysiaLiga Malaysia

Berita Terkini

Berita Terpopuler