x

Mengingat Kejayaan Juventus di Laga Resmi Perdananya di Stadion Baru

Minggu, 12 September 2021 15:14 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Markas Juventus yang dikenal juga dengan nama Allianz Stadium.

INDOSPORT.COM - Mengingat kembali kemenangan Juventus di laga resmi perdana yang digelar di stadion baru mereka, yakni melawan Parma pada 11 September 2011.

Terjadi 10 tahun lalu, laga ini sepertinya jadi salah satu duel yang bakal selalu terkenang di benak suporter Bianconeri sepanjang masa. Sang tuan rumah tampil sebagai pemenang setelah melalui drama lima gol di Juventus Stadium.

Pertemuan Juventus vs Parma kala itu merupakan agenda kandang perdana Juventus di Serie A Liga Italia musim 2011-2012.

Baca Juga
Baca Juga

Skuat asuhan Antonio Conte pun berisikan sejumlah pemain hebat seperti Alessandro Del Piero, Alessandro Matri, dan rekurtan anyar yang dipasang sebagai starter yakni Andrea Pirlo serta Stephan Lichtsteiner.

Juventus berhasil memimpin terlebih dulu saat babak pertama lewat gol Lichtsteiner. Berawal dari umpan Pirlo, bola diterima oleh Lichtsteiner yang kemudian berhasil mengelabui kiper Parma, Antonio Mirante.

Unggul satu angka membuat Juventus bernapas lega, namun mereka masih harus mengamankan kedudukan dengan mencetak gol tambahan.

Benar saja, mereka lalu membombardir gawang Parma sebanyak tiga kali lagi. Adalah Simone Pepe, Arturo Vidal, dan Claudio Marchisio yang membuat lawan tidak berdaya, hingga memuat Juventus unggul empat gol tanpa balas.

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi, jelang berakhirnya laga, Parma mendapat satu gol hiburan melalui titik putih. Paolo De Ceglie diganjar kartu merah setelah melakukan pelanggaran di dalam kotak terlarang.

Sebastian Giovinco yang ditunjuk sebagai algojo penalti pun berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik. Skor akhir pertandingan Juventus vs Parma pada waktu itu akhirnya selesai dengan skor 4-1 dan drama lima gol.

Hasil ini pun mengantarkan Juventus ke puncak klasemen sementara dengan tiga poin, sedangkan Parma terjerembab ke peringkat 19.


1. Tentang Juventus Stadium

Suasana Juventus Stadium pada 2020.

Juventus Stadium merupakan wajah baru Stadio Delle Alpi yang dihancurkan pada tahun 2009 dan kemudian dibangun lagi.

Stadio Delle Alpi sendiri merupakan markas yang sempat digunakan Juventus dan Torino bersama-sama.

Namun setelah mendengar kritik dan masukan tentang jarak tribun yang dianggap terlalu jauh, manajemen pun berniat membangun stadion baru yang lebih nyaman bagi penonton.

Juventus kemudian mengungsi sementara waktu ke Stadio Olimpico Torino selama stadion mereka dibangun, yang pada akhirnya selesai pada tahun 2011.

Juventus Stadium dibuka pertama kali pada 8 September 2011 dengan kapasitas 41 ribu penonton. Modelnya pun mengadaptasi beberapa stadion sepak bola yang ada di Inggris.

Salah satu keunggilan stadion ini adalah mampu memproduksi listrik sendiri melalui pemanfaatan panel surya yang menangkap energi dari matahari.

Selain itu, stadion ini juga didesain sebagai sebuah integrated stadium, yang mana tidak hanya berisi lapangan sepak bola dan tribun penonton, tetapi juga tempat-tempat hiburan, bisnis, belanja, dan kuliner.

Laga pertama yang dimainkan di Juventus Stadium adalah melawa Notts County dalam sebuah partai persahabatan. Duel tersebut berakhir sama kuat 1-1.

Baru setelahnya, Juventus menjamu Parma di laga kompetitif dan resmi mereka di ajang Serie A Liga Italia pada 11 September 2011.

Stadion baru ini pun nampaknya membawa tuah keberuntungan bagi Juventus, yang hanya kalah sebanyak tiga kali dari 100 pertandingan kandang di Serie A.

Dibangunnya Juventus Stadium pada 2011 pun menjadikan Bianconeri klub pertama di Italia yang memiliki stadion sendiri saat itu.

Baru setelahnya, klub-klub seperti Sassuolo dan Udinese juga punya markas yang dimiliki secara pribadi.

Kini, Juventus Stadium juga dikenal dengan nama Allianz Stadium setelah penjualan hak nama ke perusahaan tersebut.

Serie A ItaliaJuventusParmaLiga ItaliaJuventus StadiumBerita Liga Italia

Berita Terkini