x

Sandro Tonali, Kombinasi Pirlo-Gattuso yang Mulai Nyetel di AC Milan

Senin, 13 September 2021 12:20 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Penampilan Sandro Tonali terus meningkat pesat bersama klub AC Milan dan mengingatkan publik San Siro terhadap kombinasi Pirlo - Gattuso di lini tengah.

INDOSPORT.COM - Penampilan Sandro Tonali terus meningkat pesat bersama klub Liga Italia, AC Milan, dan mengingatkan publik San Siro terhadap kombinasi Pirlo - Gattuso di lini tengah.

Hasil gemilang ditorehkan oleh AC Milan saat menggasak tamunya Lazio dengan skor 2-0 pada lanjutan pekan ketiga Liga Italia 2021/2022 di Stadion San Siro, Senin (13/09/21) dini hari WIB.

Dua gol Rossoneri dicetak lewat aksi Rafael Leao pada menit 45' dan Zlatan Ibrahimovic pada menit 67'. Kedua gol tersebut lahir lewat assist dari seorang Ante Rebic.

Meski kalah penguasaan bola, namun AC Milan tampil dominan dalam penyerangan dengan melepaskan 21 tembakan berbanding 8 milik Lazio.

Baca Juga
Baca Juga

Salah satu pemain yang paling menonjol pada laga ini tak lain adalah Sandro Tonali. Gelandang bertahan berusia 21 itu tampil solid sepanjang laga.

Pemain asli Italia itu tampil sangat bagus baik dalam menyerang maupun bertahan. Ia berulangkali menetralisir bola dari penguasaan pemain Lazio.

Total, Sandro Tonali mencatatkan 87 sentuhan dengan 2 umpan kunci serta melakukan 4 kali dribel sukses (100%). Ia juga melakukan 2 tekel kunci serta 4 intersepsi di lini tengah dan belakang.  

Sandro Tonali merupakan pemain yang menginisiasi gol-gol AC Milan ke gawang Lazio dini hari tadi. Umpan-umpan lambung terukurnya benar-benar menunjukkan kualitas seorang gelandang bertahan papan atas Eropa.

AC Milan pun sangat berharap pada potensi seorang Sandro Tonali. Ia diharapkan tak hanya menyamai pencapaian Andrea Pirlo melainkan juga melampauinya sebagai gelandang nomor satu di Italia.

Baca Juga
Baca Juga

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Tonali memang memiliki kemampuan bak kombinasi antara dua legenda AC Milan, yakni Gennaro Gattuso dan Andrea Pirlo.


1. Kombinasi Pirlo-Gattuso yang Mulai Nyetel

Sandro Tonali pada laga melawan Lazio di Stadio Giuseppe Meazza.

Publik San Siro sempat dibuat ragu pada musim pertama kedatangan Sandro Tonali. Sebab, musim lalu Tonali belum bisa membuktikan diri sebagai salah satu wonderkid Italia.

Permainannya kerap mudah terbaca. Alhasil, Sandro tersingkir dari Starting XI oleh duet Ismael Bennacer - Franck Kessie.

Namun semuanya berubah pada musim kedua. Penampilan Sandro Tonali terus membaik seiring waktu.

Memanfaatkan posisi Kessie yang kosong di lini tengah, ia tampil apik tiap dimainkan Milan di laga uji coba yang berlanjut ke pekan pertama Serie A.

Akhirnya, pada pekan kedua melawan Cagliari ia mampu mencetak gol pertama lewat tendangan bebas. Penampilan lebih solid kembali ia tunjukkan saat melawan Lazio dini hari tadi.

Sebagai seorang gelandang, Sandro Tonali memiliki visi yang apik layaknya Andrea Pirlo. Tonali pintar membaca permainan dan mampu melepaskan umpan-umpan kunci yang dapat menghasilkan peluang bagi timnya.

Hal tersebut sering dilakukan dengan cara mengirim umpan-umpan lambung terukur yang mengingatkan pada masa kejayaan Andrea Pirlo bersama AC Milan. Belum lagi, ia juga piawai mengeksekusi tendangan bebas dengan kaki kanan. Satu gol sudah ia persembahkan untuk Milan dan kemungkinan besar akan terus bertambah.

Selain punya visi menyerang bagus, rupanya Sandro Tonali juga dilengkapi oleh kemampuan bertahan yang baik. Bisa dibilang, ia adalah versi lebih lengkap dari Pirlo.

Terlihat jelas ada separuh ruh permainan Gattuso di dalam diri Tonali. Tonali piawai memotong bola dari lawan baik itu dengan merebut atau intersepsi.

Sandro Tonali begitu agresif baik dalam menyerang maupun bertahan. Milan pun patut bersyukur telah mampu mengalahkan Inter dan Juventus dalam perburuan Tonali dari Brescia.

Meski begitu, tentu saja masih terlalu dini untuk menilai Sandro Tonali secara keseluruhan. Sebab, kompetisi Liga Italia masih di fase awal musim.

Yang paling penting adalah, apakah Sandro Tonali bisa terus tampil konsisten di level terbaik yang ia miliki? Selain itu, suporter AC Milan juga harus terus berdoa agar kapten Timnas Italia U-21 itu tidak mengalami cedera panjang mengingat dirinya sering jadi sasaran tekel keras lawan.

AC MilanLazioLiga ItaliaAC Milan vs LazioSandro TonaliBerita Liga Italia

Berita Terkini

Berita Terpopuler