x

Bedah Formasi MU Jika Tunjuk Zidane Gantikan Solskjaer, Replika Real Madrid?

Kamis, 16 September 2021 13:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Zinedine Zidane digaungkan sebagai manajer Manchester United menggantikan Ole Gunnar Solskjaer. Bakal seperti apa formasi Setan Merah bersama pria Prancis itu?

INDOSPORT.COM – Zinedine Zidane digaungkan sebagai manajer Manchester United menggantikan Ole Gunnar Solskjaer. Bakal seperti apa formasi Setan Merah bersama pria Prancis itu?

Memuncaki klasemen Liga Inggris dengan 10 poin dari 4 laga, hasil dari 3 kemenangan dan 1 seri, Manchester United mendapat pengalaman buruk saat berlaga di matchday pertama Liga Champions.

Bertandang ke markas Young Boys, Selasa (14/09/21) pukul 23.45 WIB, MU yang diunggulkan secara mengejutkan kalah 1-2.

Baca Juga
Baca Juga

Setan Merah sejatinya sempat unggul 1-0 lebih dulu di menit ke-13 lewat Cristiano Ronaldo. Namun, kartu merah Aaron Wan-Bissaka di menit ke-35 dan blunder Jesse Lingard di injury time babak kedua memulangkan MU dengan tangan kosong.

Di sisi lain, sorotan juga ditujukan kepada Ole Gunnar Solskjaer, khususnya terkait keputusannya menarik keluar Bruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo, untuk digantikan Nemanja Matic dan Jesse Lingard.

Apalagi, Manchester United memang tampil tak istimewa dengan hanya melepaskan 2 tembakan sepanjang laga, yang seluruhnya terjadi di babak pertama.

Kekalahan ini juga menegaskan rekor buruk bagi MU selama dipimpin Solskjaer. Setan Merah kini tercatat 7 kali kalah dari 11 laga saat dipimpin pria Norwegia itu di Liga Champions.

Tagar #OleOut bergema di media sosial seiring hasil buruk ini. Solskjaer dinilai tak punya kemampuan untuk memimpin Manchester United yang sejatinya memiliki kualitas skuat yang cukup baik.

Baca Juga
Baca Juga

Sejumlah nama pun didengungkan sebagai pengganti, salah satunya Zinedine Zidane. Seperti diketahui, Zidane memang menganggur usai meninggalkan Real Madrid.

Ia juga terbilang sukses dengan membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions 3 musim beruntun, prestasi yang belum bisa disamai manajer mana pun. Selain itu, kehadiran eks Los Blancos di MU seperti Cristiano Ronaldo dan Raphael Varane akan memudahkan adaptasi.

Lantas, bakal seperti apa formasi MU jika mendepak Ole Gunnar Solskjaer dan mengangkat Zinedine Zidane sebagai gantinya? Berikut ulasannya:


1. Terapkan 4-3-3 Seperti di Real Madrid

Selebrasi gol Cristiano Ronaldo di laga Young Boys vs Manchester United.

Selama membesut Real Madrid, Zinedine Zidane dikenal kerap mengandalkan pola 4-3-3. Pola inilah yang kemungkinan akan diterapkannya jika ia membesut Manchester United.

Kehadiran Ronaldo dan Varane yang sudah familier dengannya, diharapkan bisa memudahkan Zidane dalam menerapkan sistem permainannya ke skuat Setan Merah.

Di lini belakang, diyakini tidak akan ada perubahan besar dengan skema  yang kerap digunakan Solskjaer saat ini.

David de Gea masih akan menjadi andalan di bawah mistar, sementara itu Aaron Wan-Bissaka dan Luke Shaw akan terus menempati posisi utama di full back kanan dan kiri.

Di sektor bek tengah, Raphael Varane yang baru datang dari Real Madrid akan menjadi rekan duet kapten Harry Maguire.

Perubahan drastis akan terjadi di lini tengah, di mana Zidane hanya akan memainkan tiga gelandang. Dua gelandang akan lebih bertugas membantu penyerangan dan mengalirkan bola, sedangkan satu gelandang lain menjadi penyeimbang dan pemutus serangan lawan.

Dua gelandang serang itu kemungkinan besar akan diisi oleh Bruno Fernandes dan Paul Pogba yang menunjukkan performa apik belakangan ini. Fernandes di kanan dan Pogba di kiri akan mengapit Nemanja Matic yang bertugas menjaga kedalaman dan memutus serangan lawan.

Di lini depan, Cristiano Ronaldo bakal menempati pos penyerang kiri, seperti yang kerap ia jalani saat masih menjadi anak buah Zidane di Real Madrid. Posisi ini dan kehadiran Zidane diyakini bisa memaksimalkan potensi Ronaldo.

Sementara itu, penyerang kanan diisi oleh Mason Greenwood. Pemain muda ini punya kecepatan dan tusukan yang bagus, tapi juga penyelesaian akhir yang klinis. Dengan demikian, ia bisa menyuplai bola ke tengah atau justru menyelesaikannya sendiri dengan menusuk ke kotak penalti.

Posisi penyerang tengah akan diisi oleh Edinson Cavani yang punya finishing mumpuni. Pria Uruguay ini juga bisa menjadi pemantul bola bagi Ronaldo dan Greenwood.

Opsi lain yang juga bisa dijajal adalah menempatkan Cristiano Ronaldo sebagai penyerang tengah, dengan Marcus Rashford mengisi pos penyerang kiri, atau menempatkan Jadon Sancho di kanan dan menggeser Greenwood ke tengah menggantikan Cavani. 

Starting XI MU bersama Zinedine Zidane:

De Gea: Wan-Bissaka, Varane, Maguire, Shaw; Fernandes, McTominay, Pogba; Greenwood, Cavani, Ronaldo.

Manchester UnitedCristiano RonaldoZinedine ZidanePaul PogbaEdinson CavaniRaphael VaraneLiga InggrisBruno FernandesMason GreenwoodBerita Liga Inggris

Berita Terkini

Berita Terpopuler