x

Bukan Jepang atau Australia, Ini Timnas Peringkat 1 di Asia Saat Ini

Senin, 20 September 2021 14:50 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Prio Hari Kristanto
Bukan Jepang atau Australia, ini negara yang sukses berada di posisi pertama dalam daftar ranking FIFA di Asia.

INDOSPORT.COM – Bukan Jepang atau Australia, ini negara yang sukses berada di posisi pertama dalam daftar ranking FIFA di Asia.

Iran berhasil mengangkangi Jepang dan Australia untuk duduk sebagai timnas dari Asia terbaik versi ranking yang dirilis oleh FIFA per 16 September 2021.

Baca Juga
Baca Juga

Berhasil mengoleksi 1538 poin, Iran sukses merangsek ke puncak klasemen dan menyingkirkan Jepang yang sebelumnya duduk manis di urutan teratas.

Jepang dan Iran sendiri terpaut 18 poin. Disusul oleh Australia di posisi ke-3 ranking FIFA regional Asia dengan koleksi 1493 poin.

Australia sukses merangsek ke posisi 3 besar dan mengangkangi Korea Selatan di posisi ke-4. Kedua negara ini hanya terpaut 14 poin dan berpeluang saling susul di perankingan selanjutnya.

Baca Juga
Baca Juga

Di bawah Korea Selatan, dua negara Timur Tengah yakni Qatar dan Arab Saudi menempel ketat dan berpotensi menggeser Son Heung-min dkk di posisi ke-4.


1. Vietnam Wakil ASEAN

Timnas Vietnam di SEA Games 2019.

Hingga posisi ke-10, tak ada wakil dari ASEAN. Vietnam sebagai tim terkuat ASEAN saat ini berada di posisi ke-15 Asia atau ke-95 dunia dan menjadi satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang mampu menembus posisi 100 besar dunia.

Sementara Indonesia harus puas berada di posisi ke-35 Asia, di bawah Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, Malaysia, dan Singapura.

Dalam rangking total FIFA, Indonesia sendiri berada di posisi ke-175 dan selevel dengan negara-negara gurem sepak bola seperti Kamboja, Macau, Mongolia, Laos, Bhutan, dan Bangladesh.

Di ASEAN, Indonesia hanya lebih baik dari Kamboja, Laos, dan Brunei Darussalam. Tim Garuda berpotensi melorot dan disusul oleh Kamboja mengingat kedua negara hanya terpaut 7 poin dengan koleksi poin Indonesia saat ini adalah 957.

Daftar Ranking FIFA:

Indonesia di ranking FIFA per 16 September 2021.
AustraliaJepangIranFIFATimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Vietnam

Berita Terkini