x

Tuah Raheem Sterling yang Mulai Pudar di Manchester City, Saatnya Hengkang?

Senin, 20 September 2021 22:56 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Raheem Sterling (kanan), saat bersama Kevin De Bruyne di klub Liga Inggris, Manchester City.

INDOSPORT.COM - Raheem Sterling tengah dilanda masa-masa sulit di klub Liga Inggris, Manchester City, lantaran produktivitasnya yang terlihat makin menurun.

Biasanya, pemain asal Inggris kerap jadi andalan di pasukan serang The Citizens berkat naluri mencetak golnya yang kuat. Akan tetapi, belakangan ini ia seperti bukan Raheem Sterling yang biasanya.

Manchester City sendiri, meski sempat membabat Norwich City dan Arsenal di Etihad, pekan lalu nampak seperti tim yang tidak punya gigi saat menghadapi Southampton yang notabene berstatus tim papan bawah klasemen.

Baca Juga
Baca Juga

Namun hal ini bukanlah masalah besar dan bisa diselesaikan di jadwal-jadwal Liga Inggris selanjutnya. Isu yang lebih penting saat ini adalah menangani Raheem Sterling yang hanya menorehkan dua gol dari 22 laga sejak akhir Februari.

Yang perlu diperhatikan lagi, melawan Southampton Sabtu lalu merupakan penampilan kedua Sterling sebagai starter yang dipasang Pep Guardiola musim ini.

Lalu, dari dua kali kesempatan tersebut, laga Manchester City selalu berakhir dengan skor 0. Selain Southampton, yang satunya lagi adalah kontra Tottenham Hotspur di partai pembuka Liga Inggris bulan Agustus.

Baca Juga
Baca Juga

Sebelum memasang Raheem Sterling di laga Southampton, Pep Guardiola sudah melempar kode bahwa penampilan pemainnya itu di bawah ekspektasi, atau lebih tepatnya belum mencapai standar yang telah dipasang.

Lalu setelah laga, mantan pelatih Barcelona tersebut juga sudah angkat bicara. Walaupun mengakui timnya main kurang maksimal, di sisi lain ia juga masih menyimpan harapan bagi Sterling untuk bangkit.

“Dia sangat aktif bergerak, tapi sepak bola bergantung pada seberapa baik kami membangun serangan. Ketika itu terjadi, artinya striker dan gelandang bermain bagus,” kata Guardiola, dikutip dari Independent.ie.

“Para gelandang serang kami bermain lebih baik dan kami memang sedikit kesulitan. Akan tetapi dia (Sterling) selalu ganas di lapangan,” tambahnya lagi.


1. Menanti Nasib Sterling di Manchester City

Pemain Manchester City, Raheem Sterling.

Situasi Raheem Sterling yang kini sedang didera ‘cobaan’ mau tidak mau membawa obrolan merembet ke hal lain, yakni perihal kontraknya di Manchester City yang bakal kedaluwarsa pada tahun 2023.

Akan lebih baik jika Sterling bisa segera menyetujui kontrak anyar untuk mengamankan jaminan keberadaannya di Manchester City lebih lama lagi.

Dengan begitu, bukan tidak mungkin produktivitas sang pemain bisa kembali, apalagi belum lama ini ia tampil cukup impresif di Euro 2020 bersama Timnas Inggris dan turut mengantarkan tim ini ke partai final.

Hanya saja, menyelesaikan ‘misi’ untuk produktif lagi tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi, Sterling kerap tidak beruntung untuk urusan menjebol gawang lawan ketika dimainkan sebagai starter.

Ia terbilang lumayan beruntung saat masuk sebagai pemain pengganti di laga Norwich City, lantaran menyumbang satu dari lima gol kemenangan Manchester City.

Namun apakah Sterling harus terus-terusan bermain sebagai substitusi agar bisa terus mencetak gol? Tentu tidak. Tempat di tim utama sebagai starter harus tetap diperjuangkan.

Hanya saja, untuk saat ini, ia harus bersaing ketat dengan Riyad Mahrez dan Jack Grealish yang nyatanya lebih diprioritaskan Pep Guardiola.

Lalu, kira-kira apa yang harus dilakukan Sterling sekarang? Apakah hengkang adalah opsi yang lebih baik? Mengingat belakangan ini santer tersiar kabar bahwa dirinya diminati oleh klub LaLiga Spanyol, Barcelona.

Jika terwujud, Sterling otomatis akan menyusul mantan rekannya yang sudah terlebih dulu merapat ke Camp Nou, Sergio Aguero.

Raheem SterlingManchester CityLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini