x

'Musuh' Timnas Indonesia Jadi Wasit Asing Pertama di Liga Inggris

Selasa, 21 September 2021 03:17 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Wasit asal Australia, Jarred Gillett.

INDOSPORT.COM – Wasit yang jadi musuh Timnas Indonesia, Jarred Gillet dalam waktu dekat akan mencetak sejarah sejarah karena menjadi pengadil lapangan asing pertama yang memimpin laga Liga Inggris.

Jared Gillet dipastikan mencetak sejarah tersebut setelah ditunjuk oleh pihak Premier League untuk memimpin laga antara Watford vs Newcastle United di pekan ke-6 Liga Inggris 2021/22.

Penunjukkan wasit berusia 34 tahun itu cukup mengejutkan. Sebab, ini akan menjadi kali pertama Liga Inggris memakai jasa pengadil lapangan asing atau wasit non Inggris.

Baca Juga
Baca Juga

Gillet sendiri dikenal sebagai salah satu wasit terbaik dari Asia. Meski dipandang sebagai salah satu yang terbaik, pria yang kini berusia 24 tahun ini tak lepas dari kontroversi.

Salah satu kontroversi yang pernah Jarred Gillet ciptakan yakni saat memimpin laga Timnas Indonesia vs Vietnam di semifinal leg pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari.

Di laga itu, Gillet memberikan penalti konroversial kepada Vietnam setelah Benny Wahyudi dianggap melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Baca Juga
Baca Juga

Padahal di tayangan ulang terlihat bahwa tak ada kontak yang terjadi antara Benny Wahyudi dan pemain Vietnam. Keputusan kontroversial ini pun membuat Gillet menjadi bulan-bulanan di dunia maya.

Selain pernah memimpin laga Timnas Indonesia, setahun sebelumnya Gillet juga pernah memimpin laga wakil Indonesia, Persib Bandung, kala melawat ke markas Hanoi FC.

Di laga ronde kedua Kualifikasi Liga Champions Asia 2015 tersebut, Persib tumbang dengan skor 0-4 dan Gillet memberikan dua kartu kuning untuk penggawa Maung Bandung, Dias Angga dan Vladimir Vujovic.


1. Telah Pimpin Sepak Bola Inggris

Wasit asal Australia, Jarred Gillett.

Terlepas dari rekam jejaknya dengan timnas dan klub Indonesia, apa yang dicapai Jarred Gillet sendiri hingga bakal menjadi wasit asing pertama di Liga Inggris menjadi pencapain apik bagi wasit asal Asia pada umumnya.

Sejatinya memimpin pertandingan di kompetisi sepak bola Inggris bukanlah barang baru bagil Jarred Gillet dalam kariernya sebagai wasit.

Dikutip dari talkSPORT, ia pernah memimpin pertandingan kompetisi Divisi Championship, League One, League Two, Piala FA dan Piala Liga Inggris sejak musim 2018/19.

Tercatat Gillet telah memimpin total 66 laga di kompetisi sepak bola Inggris. Pencapaian lintas benua tersebut pun membuatnya termasuk dalam wasit internasional FIFA.

Persib BandungWasitTimnas IndonesiaLiga InggrisJarred GillettSepak BolaBerita Liga Inggris

Berita Terkini

Berita Terpopuler