x

Nicky Butt Buka-bukaan soal Latihan Gila Cristiano Ronaldo dari Kurus hingga Berotot

Sabtu, 2 Oktober 2021 12:18 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:

INDOSPORT.COM - Tak ada yang meragukan pola berlatih dari Cristiano Ronaldo hingga saat ini dirinya menjadi pemain terbaik. CR7 bahkan pernah diminta berhenti berlatih terlalu keras oleh Sir Alex Ferguson.

Ini adalah bagian dari pengakuan mantan rekan setimnya Nicky Butt yang baru saja merilis buku baru berjudul 'Viva Ronaldo’.

“Banyak yang bilang kalau mau jadi pemain sukses harus berlatih keras. Tapi ini beda dengan Cristiano Ronaldo, dia berlatih sangat total, komitmen total, dan kerja keras total,” tulisnya.

Baca Juga
Baca Juga

Saking berdedikasi saat latihan, pelatih Manchester United kala itu,  Sir Alex Ferguson pernah menyuruhnya berhenti berlatih, karena takut fisiknya lelah jelang pertandingan.

“Tuhan memang tak memberinya fisik kuat. Dia datang ke tim ini sebagai anak muda yang kurus, namun ia terus bekerja keras bertahun-tahun.”

“Dia (Ronaldo), sadar bahwa untuk bertarung di Liga Inggris menuntutnya punya fisik bagus, dan dia terus menempanya dan berlatih dengan orang-orang yang punya fisik tangguh seperti Roy. Keane dan Jaap Stam,” jelasnya lagi.

Soal berlatih dan perawatan tubuh, bintang Timnas Portugal ini memang tak ada lawan. Pada Euro 2020 sempat viral ketika ia menyingkirkan botol Coca-Cola, yang akhirnya terungkap bahwa dia juga tak senang putranya minum-minuman bersoda.


1. Sampai Diteriaki Berhenti

Cristiano Ronaldo pada laga Liga Champions melawan BSC Young Boys

Lebih lanjut, Nicky Butt mengungkapkan bahwa Ronaldo tak pernah berhenti jika sedang mengejar satu target tertentu, contohnya saat ingin mengasah tendangan bebas.

“Dia sangat bekerja keras melatih tendangan bebasnya tanpa henti. Dia akan terus menyempurnakannya lagi dan tanpa henti dia terus melakukannya.”

“Seringkali Anda melihat banyak pemain yang seakan punya dedikasi tinggi untuk latihan. Padahal itu hanya pura-pura, lalu segera bergegas pulang dan melakukan hal lain yang mereka sukai.”

“Namun Cristiano Ronaldo benar-benar punya komitmen latihan 24 jam dikali tujuh hari  Dia tidak pernah punya pacar saat itu, atau sepertinya tertarik pada gangguan seperti itu, dia tidak pernah punya istri dan anak-anak untuk bergegas kembali untuk melihat atau menghibur, dia tinggal sendirian.

Menurutnya, Cristiano Ronaldo selalu menjadi pemain yang terakhir meninggalkan tempat latihan. Ketika semua orang hendak pulang dan istriahat, Ronaldo justru mengambil sekantong bola lagi untuk berlatih teknik.  

Baca Juga
Baca Juga

"Ketika kami akan makan siang di kantin atau bersiap-siap untuk pulang dan Anda bisa mendengar suara Sir Alex berteriak di lapangan, meneriaki Cristiano bahwa sudah waktunya untuk berhenti, karena kami akan bertanding dua hari lagi.”

Butt adalah orang yang digantikan pada 2003 silam, pada debutnya saat laga melawan Bolton Wanderers tidak lama setelah kepindahannya dari Sporting Lisbon.

Manchester UnitedCristiano RonaldoLiga InggrisNicky Butt

Berita Terkini