x

Mainkan 3 Kiper dan Kebobolan 7 Gol di Liga 1, Begini Evaluasi Pelatih Persita

Jumat, 8 Oktober 2021 14:19 WIB
Editor: Herry Ibrahim
Persita Tangerang sudah memainkan tiga kiper berbeda dalam enam laga Liga 1 2021/22.

INDOSPORT.COM - Persita Tangerang sudah memainkan tiga kiper berbeda dalam enam laga Liga 1 2021/22. Ketiganya adalah Try Hamdani, Rahmanuddin dan Dhika Bhayangkara. 

Ketiga penjaga gawang itu mendapat menit bermain yang sama rata atau diturunkan di dua pertandingan untuk masing-masing pemain. 

Mengenai rotasi tersebut, pelatih kiper Persita, Mukti Ali Raja mengatakan memang kebutuhan taktikal tim. Kualitas pemain yang sama rata memudahkan tim pelatih bongkar pasang pertahanan terakhir. 

Baca Juga
Baca Juga

"Iya betul, tiga kiper Persita sudah bermain, masing-masing dua match di seri 1. Faktor pertama adalah kiper kami punya kualitas yang merata dan kedua adalah kondisi terakhir yang benar-benar bugar dan fit. Alasan ketiga adalah kebutuhan taktikal tim," buka Mukti Ali Raja. 

"Try Hamdani, Dhika dan Rahmanuddin punya kelebihan dan kekurangan masing- masing, itu berdasarkan di match seri 1.  Tapi saya senang dengan mental dan semangat juang mereka, karena Persita sering bermain dengan banyak masalah, baik itu karena komposisi pemain yang kurang lengkap (asing) ataupun karena terkena kartu merah," lanjutnya. 


1. Cukup Puas

Pelatih kiper Persita, Mukti Ali Raja.

Meski cukup puas dengan penampilan tiga pemain itu, Mukti Ali Raja tetap melakukan evaluasi. Dia butuh kiper yang benar-benar jadi andalan dalam situasi apapun pada seri berikutnya. 

Untuk itu, eks penjaga gawang Persija Jakarta tersebut meminta tiga kiper Persita agar menjaga konsistensi. 

"Kalau masalah evaluasi sudah pasti ada dan saya pikir hampir semua pelatih kiper Liga 1 melakukan itu. Kalau buat saya itu bukan hanya sekedar evaluasi, tapi juga untuk menentukan siapa yang akan menjadi reguler di seri kedua nanti," tutur eks pelatih kiper Timnas U-19 itu. 

Baca Juga
Baca Juga

"Sebenarnya semua punya reaksi yang baik, cuma kadang-kadang hilang atau gak keluar ketika berada dalam tekanan pertandingan," lanjut Mukti Ali Raja. 

"Jadi jeda seri 1 ini benar-benar saya maksimalkan bukan hanya evaluasi, tapi juga berusaha meningkatkan kemampuan kiper Persita agar semua dalam kondisi siap dan bugar menghadapi seri 2," tuntasnya.

Dari enam laga yang dijaga tiga kiper berbeda, Persita kebobolan tujuh gol. Tim Pendekar Cisadane hanya mencatatkan sekali clean sheet ketika menang 1-0 atas Persela Lamongan. 

Persita TangerangWidodo C. PutroLiga IndonesiaLiga 1Mukti Ali RajaBerita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini