x

Gagal Bawa Spanyol Juarai Nations League, Luis Enrique Tetap Puas

Senin, 11 Oktober 2021 15:30 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Luis Enrique memang kecewa Spanyol gagal mengalahkan Prancis di final UEFA Nations League namun ia tetap mengapresiasi perjuangan anak-anak asuhnya.

INDOSPORT.COM - Pelatih tim nasional Spanyol, Luis Enrique, tidak ingin terlarut dalam kesedihan usai anak-anak asunnya mengalami kekalahan di final UEFA Nations League dari Prancis pada Senin (11/10/21). Di matanya La Furia Roja sudah cukup membanggakan.

Prancis menurut Enrique memang tim yang sulit untuk dikalahkan mengingat dominasi mereka dalam enam hingga tujuh tahun terakhir. Bagi Spanyol yang diisi banyak pemain muda, kekalahan tipis 1-2 tidaklah terlalu buruk.

Enrique beranggapan jika gol kedua Prancis yang dicetak Kylian Mbappe memang off-side namun ia enggan untuk menitikberatkan pada momen tersebut. Kenyataan jika timnya tidak bisa menjaga keunggulan usai lesakkan pemecah kebuntuan Mikel Oyarzabal lebih diperhatikannya.

Baca Juga
Baca Juga

"Kami harus pulang dengan tangan kosong namun Spanyol berhasil menyulitkan dengan juara bertahan Piala Dunia. Secara kualitas dan kekuatan fisik kedua tim tampak seimbang," ungkap Enrique seperti yang dikutip dari AS.

Baca Juga
Baca Juga

"Awalnya sempat kesulitan namun kami kemudian unggul lebih dulu. Sayang, Prancis kembali menyamakan kedudukan dengan cepat sehingga tidak ada kesempatan untuk mengatur nafas,"

"Dari tempatku duduk (gol Mbappe) terlihat off-side namun aku tidak suka membicarakan sesuatu yang di luar kuasaku. Hasil ini membuat pemain dan fans kecewa namun Spanyol sudah berusaha keras melawan negara kuat seperti Prancis," tambah eks bos AS Roma dan Celta Vigo tersebut.


1. Dinanti Piala Dunia

Luis Enrique memang kecewa Spanyol gagal mengalahkan Prancis di final UEFA Nations League namun ia tetap mengapresiasi perjuangan anak-anak asuhnya.

Ini adalah kegagalan kedua di ajang internasional yang dialami Enrique sejak menangani Spanyol sebagai suksesor Fernando Hierro per 2018 lalu. Sebelumnya entrenador berusia 51 tahun itu 'hanya' bisa mengantarkan Tim Matador sampai ke empat besar Euro 2020.

Meski demikian Enrique tetap punya nilai positif dari kesuksesannya meregenerasi tim denga banyak pemain muda berbakat. Di bawah asuhannya sejumlah bintang belia seperti Pedri Gonzalez, Pablo 'Gavi' Gavira, dan Yeremi Pino dapat kesempatan melakoni debut senior dan belum ada yang mengecewakan.

Setelah UEFA Nations League Luis Enrique punya satu ajang lagi untuk membuktikan kualitasnya yakni Piala Dunia 2022. Federasi Spanyol setelah itu akan memutuskan apakah ia pantas diberi kontrak baru atau tidak mengingat masa baktinya hanya akan sampai pada Desember tahun depan.

SpanyolPrancisLuis EnriqueBola InternasionalUEFA Nations League

Berita Terkini