x

Ronaldo dan Messi 'Lenyap', El Clasico pun Senyap?

Sabtu, 23 Oktober 2021 20:18 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sudah tidak lagi memeriahkan El Clasico Liga Spanyol.

INDOSPORT.COM - El Clasico LaLiga Spanyol yang mempertemukan Real Madrid dan Barcelona kini sudah tidak dimeriahkan oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Seperti diketahui, dua megabintang sepak bola tersebut telah menemukan pelabuhan baru masing-masing. CR7 yang hengkang ke Juventus sekarang di Manchester United, sedangkan La Pulga musim lalu secara dramatis pindah ke PSG.

Kepergian Cristiano Ronaldo saja sepertinya masih bisa ‘dimaafkan’ oleh penggemar Liga Spanyol. Pasalnya, pada waktu itu mereka masih punya Lionel Messi.

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi, ketika pemain asal Argentina itu akhirnya pergi juga, publik mulai bertanya-tanya akan seperti apa kompetisi Liga Spanyol tanpa dua sosok papan atas tersebut. Tentu saja, El Clasico tidak luput sebagai isu yang wajib dibahas dalam kasus ini.

Selama bertahun-tahun, El Clasico telah jadi tontonan wajib para suporter Real Madrid dan Barcelona. Tensi panas dan persaingan ketat selalu tersaji di setiap pertandingan, yang tidak jarang juga dihiasi perseteruan sengit hingga kericuhan.

Setelah kepergian Lionel Messi ke PSG, publik bahkan sempat mempertanyakan siapa pasang pemain dari kedua belah kubu yang bisa diadu di lapangan.

Pertandingan matchday 10 LaLiga 2021-2022 antara Barcelona vs Real Madrid bukan kali pertama tidak dihadiri oleh dua pemain di atas. Namun terakhir kali, El Clasico tidak dihadiri keduanya pada musim 2018-2019.

Baca Juga
Baca Juga

Saat itu, Messi sedang mengalami cedera sedangkan Ronaldo sudah hengkang ke Juventus. Apa hasilnya? Barcelona menang dengan skor 5-1 atas Real Madrid.

Bicara tentang El Clasico dari masa ke masa, bisa dibilang Ronaldo dan Messi adalah pemain yang amat sangat jarang absen di laga klasik tersebut.

Hanya salah satu yang tidak nampak mungkin masih lumayan. Namun jika dua-duanya yang tidak terlihat, apakah masih banyak orang yang mau menonton?


1. Pesona El Clasico Tanpa Ronaldo dan Messi?

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sudah tidak lagi memeriahkan El Clasico Liga Spanyol.

Jawabannya mungkin saja iya. Bagaimanapun juga, LaLiga sudah jadi tontonan masyarakat global dan satu dari lima liga top Eropa.

Justru kali ini, publik akan menikmati era baru tanpa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Sejauh ini, baik Real Madrid dan Barcelona masih baik-baik saja meski terkadang menorehkan hasil mengagetkan melawan klub-klub gurem.

Lantas, bagaimana dengan pertandingan akhir pekan ini? Jika melihat situasi, nampaknya Real Madrid adalah pihak yang lebih berada di atas angin.

Barcelona sendiri hingga saat ini masih agak terseok-seok di tangan Ronald Koeman, yang tengah melakukan restrukturisasi setelah ditinggal pemain andalannya ke PSG.

Akan tetapi, Real Madrid mungkin layak berhati-hati, mengingat pelatih mereka sekarang, Carlo Ancelotti, punya rekor buruk setiap bertandang ke Camp Nou.

Don Carlo yang menyambangi markas Barcelona dengan tiga tim berbeda belum pernah meraih satu pun kemenangan. Yang pertama saat menangani AC Milan pada 2004-2005, timnya kalah 1-2 lewat gol Ronaldinho dan Samuel Eto’o.

Begitu pula dengan lawatannya bersama Real Madrid dan PSG, yang belum menuai hasil manis. Entah akan seperti apa nasibnya pekan ini.

Sudah tidak adanya Ronaldo dan Messi, ditambah ‘kutukan’ Ancelotti di Camp Nou, tentu membuat El Clasico kali ini layak dinanti gelarannya.

Kehilangan dua superstar memang sebuah hal yang merugikan, namun di sisi lain juga membawa rasa penasaran tersendiri, kira-kira apa yang bakal terjadi dengan hawa dan atmsofer baru ini.

Di sisi lain, baik Real Madrid maupun Barcelona juga masih memiliki sederet pemain yang bisa ‘dicalonkan’ sebagai bintang El Clasico selanjutnya menyusul para mantan yang kini sudah merumput di tempat lain.

Real Madrid mungkin bisa berharap pada salah satu andalannya selain Karim Benzema, yakni Vinicius Junior, sedangkan Barcelona saat ini memiliki Memphis Depay. 

Real MadridCristiano RonaldoBarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolEl ClasicoLiga SpanyolBerita Liga Spanyol

Berita Terkini