x

Levi Colwill: Jebolan Akademi Chelsea yang Siap Gantikan Sosok Rudiger

Kamis, 11 November 2021 20:50 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Mengenal Levi Colwill, bintang muda dari akademi Chelsea yang siap menggantikan posisi Antonio Rudiger jika memutuskan hengkang.

INDOSPORT.COM – Mengenal Levi Colwill, bintang muda dari akademi Chelsea yang siap menggantikan posisi Antonio Rudiger jika memutuskan hengkang

Chelsea berada dalam situasi pelik menyusul bakal habisnya kontrak Rudiger, Andreas Christensen dan Thiago Silva di bulan Juni 2022 mendatang.

Dari ketiga nama itu, mungkin hanya Christensen yang diyakini bakal bertahan mengingat pemain jebolan akademi Chelsea ini punya niatan bertahan. Sedangkan Silva kemungkinan akan hengkang mengingat usianya yang tak lagi muda.

Baca Juga
Baca Juga

Chelsea pun dalam waktu dekat dilaporkan akan segera mendapatkan tanda tangan Christensen. Hanya saja kini kedua pihak tengah membicarakan mengenai durasi kontrak anyar.

Selain berpotensi kehilangan Thiago Silva, Chelsea juga berpotensi kehilangan Antonio Rudiger. Kendati yang bersangkutan mengaku bahagia di Stamford Bridge, namun kontrak yang disodorkan belum memuaskannya.

Chelsea secara intens berkomunikasi dengan agen Rudiger agar segera mendapat tanda tangannya. Namun apa daya, tak ada kesepakatan yang terjalin sejauh ini.

Baca Juga
Baca Juga

Di tengah kejaran waktu, Chelsea pun harus siap-siap kehilangan Rudiger per Januari 2022 nanti karena pemain bersangkutan bisa menjalin komunikasi dengan klub lainnya.

Mau tak mau Chelsea pun harus siap-siap mencari penggantinya. Namun di pasar saat ini, tak banyak bek yang mumpuni dan berkarakter seperti Rudiger serta cocok dengan skema tiga bek Thomas Tuchel.

Tapi Chelsea nampaknya tak panik. Karena masih ada nama Levi Colwill dari akademinya yang diyakini cepat atau lambat akan menjadi pengganti sepadan Antonio Rudiger. Lantas, bagaimana sepak terjang pemain tersebut?


1. Palang Pintu Masa Depan Chelsea

Levi Colwill, pemain muda akademi Chelsea

Levi Colwill adalah pemain muda asli didikan akadem Chelsea di Cobham. Ia terdaftar di akademi The Blues sejak bergabung tim U-9.

Pemain kelahiran Southampton, 26 Februari 2003 ini berposisi sebagai bek tengah. Meski demikian, ia bisa bermain sebagai bek sayap atau Fullback.

Kepercayaan Chelsea akan potensinyaa terlihat dari pemberian kontrak jangka panjang hingga 2025. The Blues meyakini bahwa ia akan menjadi palang pintu pertahanan di masa depan.

Bermain sebagai bek, Colwill punya postur mumpuni. Di usia 18 tahun, ia punya tinggi sekitar 1,87 meter. Cukup tinggi bila dibandingkan bek seumurannya.

Meski punya postur mumpuni, Colwill nyatanya bukanlah bek yang bertipe Sweeper. Ia lebih dikenal sebagai Ball Playing Defender, mirip Christensen.

Perbedaannya ada gaya bermainnya sebagai Ball Playing Defender. Colwill lebih dominan menggunakan kaki kiri. Dengan kata lain, ia cocok menggantikan Rudiger yang berposisi sebagai bek tengah kiri dalam formasi 3 bek.

Kini, Colwill tengah membela tim kasta kedua, Huddersfield Town dengan status pinjaman. Seperti yang diduga, peminjamannya sejauh ini berhasil.

Saat artikel ini dibuat, Huddersfield sejauh ini menjadi tim paling sedikit kebobolan ke-8 dari 24 tim dan bertengger di posisi ke-8 Divisi Championship 2021/22.

Catatan Colwill bersama Huddersfield pun cukup menarik. Ia telah tampil sebanyak 13 laga dengan total menit bermain sebanyak 1157 menit.

Bertindak sebagai Ball Playing Defender, Colwill punya rataan operan sukses mencapai 81,4 persen per 90 menit seperti yang dikutip dari laman Whoscored.

Ia pun memenangkan duel udara sebanyak 4,4 kali per 90 menit, intersep sebanyak 1,2 kali pr 90 menit, tekel sebanyak 1,8 kali per 90 menit, blok sebanyak 0,6 kali per 90 menit, dan hanya membuat pelanggaran sebanyak 0,9 kali per 90 menit.

Rata-rata angka ini hampir sama dengan apa yang dibuat Rudiger selama bermain sejak tahun 2012 bersama VfB Stuttgart hingga membela Chelsea per musim 2021/22.

Chelsea boleh saja khawatir Rudiger pergi. Tapi, kepergiannya mungkin bisa ditutupi di kemudian hari jika Tuchel mempercayakan Levi Colwill untuk masuk skuat utama dan mendapat menit bermain di musim depan.

Siapa yang bisa menduga, jika nantinya Levi Colwill bisa meneruskan tren jebolan akademi Chelsea di posisi bek seperti Andreas Christensen, Reece James dan teranyar Trevoh Chalobah.

ChelseaThomas TuchelHuddersfield TownIn Depth SportsAntonio RudigerSepak Bola

Berita Terkini