x

3 Keuntungan yang Didapat Barcelona dan Xavi dari Kehadiran Dani Alves

Sabtu, 13 November 2021 18:52 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

INDOSPORT.COM – Dani Alves resmi kembali ke Barcelona sebagai pemain. Di usianya yang kini telah 38 tahun, keuntungan apa yang bisa ia berikan ke Bluagrana dan Xavi Hernandez?

Dani Alves menambah panjang daftar eks pemain yang pulang ke Barcelona. Setelah Eric Garcia di musim panas kemarin, ada pula Xavi Hernandez.

Baca Juga
Baca Juga

Xavi pulang ke Camp Nou dengan status sebagai pelatih. Sesaat setelah peresmiannya, muncul kabar bahwa mantan rekannya akan juga kembali.

Dan benar saja, Dani Alves lalu membuka opsi untuk pulang. Kebetulan dirinya berstatus tanpa klub. Beredar rumor bahwa kepulangannya akan menjadi bagian dari staf kepelatihan Xavi di Barcelona.

Namun faktanya, Dani Alves pulang sebagai pemain atau rekrutan anyar. Ia direkrut dan dikontrak dengan durasi singkat yakni hingga Juni 2022 nanti.

Baca Juga
Baca Juga

Dani Alves pun akan segera bergabung dengan rekan-rekan barunya dan berlatih bersama di bawah kepelatihan mantan rekannya itu.

Namun, Dani Alves tak bisa langsung turun dan bermain membela Barcelona dalam waktu dekat. Ia baru bisa bermain Januari 2022 nanti.

Jika melihat usianya, Dani Alves tak lagi muda. Lantas sebagai pemain, keuntungan apa yang bisa ia berikan untuk Barcelona dan Xavi Hernandez?


1. Keuntungan dari Kepulangan Dani Alves

Mantan pemain Barcelona Dani Alves punya tato Yesus di bahu kanan.

1. Pengalaman

Saat ini, Barcelona lebih banyak diisi pemain muda dan pemain baru. Pemain senior dengan pengalaman mumpuni pun hanya tiga pemain saja yakni Gerard Pique, Jordi Alba, dan Sergio Busquets.

Dengan hadirnya Dani Alves, maka Barcelona akan ketambahan pemain berpengalaman lainnya. Apalagi, ia pernah membela Blaugrana selama 8 tahun.

Selain pengalaman di level tertinggi, Dani Alves punya mental juara yang tinggi. Hal ini terbukti selama berkarier, ia telah meraih 43 gelar di level kompetitif.

Secara tak langsung kehadirannya akan memberikan pengaruh pada mental dan gaya bermain Barcelona serta kondisi di kamar ganti.

2. Kemampuan di Atas Lapangan

Dani Alves boleh saja telah berusia 38 tahun. Tapi permainannya nyatanya masih ada di level tertinggi sejak terakhir kali membela Sao Paulo.

Sebagai bukti, di tahun 2021 ini Dani Alves punya catatan menarik bersama Sao Paulo di mana statistiknya cenderung seimbang dengan saat masih berusia muda.

Di tahun 2021 ini, Dani Alves kuat dalam bertahan dan menyerang di mana ia bisa melancakan 5 intersep , 39 umpan silang, dan memenangkan 5 tekel hanya dalam 6 laga yang ia mainkan.

Sejak 2019 lalu, Dani Alves juga telah bermain sebanyak 95 kali di seluruh ajang bagi Sao Paulo dengan catatan  9 gol dan 14 assist.

Catatan ini bisa saja membuatnya membantu Barcelona yang selalu kesulitan di sektor bek kanan seiring belum apiknya performa Sergino Dest.

3. Membantu Kepelatihan Xavi

Selain Pique, Busquets dan Alba, Xavibisa memanfaatkan kehadiran Dani Alves untuk mengembangkan kembali permainan Tiki-Taka yang pernah mereka mainkan saat bermain.

Kehadiran Dani Alves akan jadi tambahan penting bagi Xavi untuk mengimplementasikan ide kepelatihannya di Barcelona nanti.

Meskipun nantinya tak memainkan Tiki-Taka, Xavi bisa menggunakan pengalaman Dani Alves di berbagai liga untuk melakukan pendekatan taktikal kepada para pemain Barcelona.

Selain itu, adanya Dani Alves akan membuat kamar ganti Barcelona hangat kembali. Apalagi menilik sifat asli Dani Alves yang humoris dan juga mudah akrab dengan yang lebih muda.

Dari Dani Alves lah, Xavi pun akan mendapati jalannya dalam melatih Barcelona lebih mulus dan lebih mudah.

Dani AlvesBarcelonaXavi HernandezIn Depth SportsSepak Bola

Berita Terkini