x

Profil Michael Edwards, Jenius Bursa Transfer Liverpool Rebutan Real Madrid dan Newcastle

Sabtu, 13 November 2021 16:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari

INDOSPORT.COM - Liverpool bakal kehilangan salah satu pakar bursa transfer terbaiknya, Michael Edwards, yang kini kabarnya diperebutkan Real Madrid dan Newcastle United.

Ya, sosok yang menjabat sporting director tersebut akan menyudahi tugasnya pada akhir musim 2021-2022 ini.

Kabar tentang kepergian Michael Edwards sejatinya sudah mencuat sejak beberapa waktu lalu. Hanya saja, baru sekarang keputusan menyudahi perjalanan bersama The Reds benar-benar ia ambil.

Menyusul kabar ini, klub telah menyampaikan pengumuman kepergian Michael Edwards lewat laman resminya, Rabu (10/11/21).

Baca Juga
Baca Juga

“Klub sepak bola Liverpool mengumkan perubahan untuk masa depan, terkait struktur kepemimpinan operasional sepak bola, di mana Michael Edwards mundur dari jabatan direktur olahraga akhir musim ini.”

Masih dalam pengumuman yang sama, Liverpool juga menyampaikan alasan di balik hengkangnya sang maestro taktik, yakni keinginan yang bersangkutan untuk mengejar tantangan baru setelah kontraknya berakhir.

Pria berusia 42 tahun tersebut juga telah memberitahu pemilik serta para petinggi klub. Dengan sangat hati-hati, ia pun memastikan transisi jelang kepergiannya berjalan lancar, supaya bisa hengkang tanpa perasaan mengganjal.

Baca Juga
Baca Juga

Nah, kabar soal magkatnya Michael Edwards pun membuat publik bertanya-tanya, ke mana kira-kira sosk yang satu ini akan berlabuh selanjutnya? Tidak ayal, ada sejumlah klub yang namanya mulai muncul ke permukaan.

Salah satunya klub kaya raya serta dikenal mudah berfoya-foya, Real Madrid, lalu juga ada Newcastle United, yang memang sedang membangun lagi skuatnya dengan problematika masing-masing.

Los Blancos dengan stok pemain yang menua, sedangkan The Magpies baru saja dilabeli sebagai klub sultan anyar di Liga Inggris.

Dengan situasi seperti ini, tentu tidak mengherankan apabila mereka melirik Michael Edwards untuk direkrut. Semua tidak lepas dari sepak terjang mantan analis Portsmouth itu selama berkecimpung sebagai ahli bursa transfer di Liverpool. 


1. Michael Edwards dan Kehebatannya

Sporting Director Liverpool, Michael Edwards (kiri), telah menelurkan banyak kebijakan yang menguntungkan klub.

Meski bukan tanpa cacat, tidak dapat dipungkiri sebagian besar kebijakan Michael Edwards di Liverpool terbukti ampuh dan pastinya membawa keuntungan bagi klub.

Ia berhasil mewujudkan sederet perjanjian, kontrak, transfer, yang menguntungkan klub baik secara finansial maupun teknis. Tanpanya, mungkin sebagian besar pemain hebat di skuat The Reds saat ini tidak akan eksis.

Penjualan Philippe Coutinho ke Barcelona adalah salah satunya. Uang yang diperoleh dari transaksi tersebut pada akhirnya digunakan untuk membeli dua pemain yang jadi pilar tim saat ini, Alisson dan Virgil van Dijk.

Lalu juga ada kesepakatan peminjaman Ozan Kabak ketika The Reds dilanda badai cedera beberapa waktu lalu, yang tidak mengharuskan klub membelinya secara permanen.

Belum lagi soal keberhasilan membajak Takumi Minamino dengan harga yang kompetitif dari RB Salzbrug, ketika pada waktu itu sang pemain tengah diincar banyak klub.

Lantas, siapa sebenarnya Michael Edwards ini?

Sebelum menjabat direktur olahraga seperti sekarang, ia pernah menjadi kepala tim analisis Liverpool, tepatnya saat pertama bergabung pada 2011, dibawa oleh mantan direktur sepak bola The Reds, Damien Comolli.

Seperti individu yang terus mengembangkan kariernya, Michael Edwards mendapat promosi jabatan sebagai direktur techincal performance. Kemudian, posisi techincal director pun diraihnya setelah itu.

Terus mengabdi di Liverpool sampai bertahun-tahun, ia lalu mengisi jabatan direktur olahraga (sporting director) yang baru dibentuk pada 2016.

Beberapa bagian penting dari tanggung jawab yang dipikulnya adalah identifikasi, akuisisi, retensi, dan penjualan pemain, serta pengembangan infrastruktur klub.

Michael Edwards merupakan salah satu direktur olahraga terbaik di kancah sepak bola saat ini. Ia berhasil menerapkan rencana yang diberikan kepadanya oleh pemilik Liverpool, Fenway Sports Group (FSG).

Sejak mengemban tugas, ia telah memaksimalkan keuntungan, sembari mempertahankan kesuksesan tim di lapangan, meskipun segalanya berjalan dengan anggaran yang bisa dibilang lebih rendah ketimbang para klub pesaing.

Dengan skill, kejeniusan, serta ketajaman matanya dalam membidik pemain, kira-kira siapakah yang nantinya bisa menggaet Michael Edwards? Mungkinkah Real Madrid atau rival Liverpool di Liga Inggris, Newcastle United?

Real MadridLiverpoolNewcastle UnitedLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini