x

Termasuk Timnas Indonesia, 4 Negara Ini Juga Diperkuat Bintang Liga Eropa di Piala AFF 2020

Sabtu, 13 November 2021 12:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Termasuk Timnas Indonesia, 4 Negara Ini Juga Diperkuat Bintang Liga Eropa di Piala AFF 2020

INDOSPORT.COM – Termasuk Timnas Indonesia, berikut empat negara ASEAN yang bakal diperkuat pemain bintang dari Liga Eropa pada gelaran Piala AFF 2020 mendatang. Siapa yang paling tangguh?

Jelang tampil di gelaran Piala AFF 2020 akhir tahun nanti, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memang bekerja keras untuk mematangkan skuatnya.

Termasuk menyodorkan empat nama pemain keturunan yang mentas di luar negeri kepada pihak PSSI untuk bisa dinaturalisasi.

Baca Juga
Baca Juga

Dari empat nama tersebut, ada sosok Jordi Amat dan Sandy Walsh yang memang belakangan gencar dirumorkan bakal memperkuat skuat Garuda.

Sebagai informasi, baik Jordi Amat dan Sandy Walsh keduanya merupakan pemain inti yang mentas di kasta teratas Liga Belgia.

Saat ini, Jordi Amat adalah kapten dari tim KAS Eupen. Sementara Sandy Walsh merupakan pilar penting KV Mechelen yang belum tergantikan sejak pekan pertama Jupiler Pro League.

Disinggung hal ini, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, tidak menampik. Baginya ia memang memberikan kebebasan kepada Shin Tae-yong untuk mencari pemain.

Iriawan pun menambahkan bahwa ia tetap dalam komitmennya yang akan mengakomodir keinginan Shin Tae-yong. Termasuk perihal pemain naturalisasi yang diinginkan.

Selain Timnas Indonesia, ternyata para peserta Piala AFF 2020 nanti diprediksi juga bakal menggunakan kekuatan pemain-pemain keturunan maupun asli yang mentas di Eropa.

Lantas negara mana saja dan siapa pemain Liga Eropa yang akan tampil di Piala AFF 2020 nanti? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Malaysia

Pemain Timnas Malaysia, Dion Cools dan Luqman Hakim

Pertama adalah Malaysia. Negara serumpun dan bakal jadi rival Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2020 ini memang cukup gencar melakukan naturalisasi, serta scouting pemain keturunan yang ada di Eropa.

Baca Juga
Baca Juga

Salah satu bintang keturunan yang berhasil mereka temukan adalah Dion Cools. Bek berusia 25 tahun itu lahir di Kuching, Malaysia, dan saat ini sedang memperkuat Midtjylland di kasta teratas Liga Denmark.

Sempat viral lantaran dikabarkan menolak memperkuat Timnas Malaysia, namun kabar terbaru menyebut jika Dion Cools bersedia membela skuat Harimau Malaya pada Piala AFF 2020 nanti.


1. Filipina

Gerrit Holtmann, Bintang Liga Jerman yang Bakal Dinaturalisasi Filipina

Berikutnya ada Filipina, salah satu negara ASEAN yang paling menggunakan jasa pemain keturunan dalam skuat timnas mereka.

Pada gelaran Piala AFF 2020 nanti, Timnas Filipina pun kemungkinan bakal kembali memanggil pemain-pemain keturunan yang mentas di Liga Eropa.

Beberapa pemain Eropa milik Filipina yang jadi perhatian antara lain Neil Etheridge serta Gerrit Holtmann, kedua pemain tersebut sama-sama tengah berkompetisi di kasta benua biru.

Neil Etheridge merupakan kiper Birmingham City F.C yang mentas di EFL Championship atau kasta kedua Liga Inggris, sementara Gerrit Holtmann winger utama VfL Bochum di Bundesliga Jerman.

Singapura

Striker Timnas Singapura, Ikhsan Fandi selebrasi

Dari grup A Piala AFF, tuan rumah Singapura juga memanggil satu pemain yang mentas di kompetisi Eropa.

Namun berbeda dari dua negara sebelumnya, Singapura memanggil pemain asli mereka bukan keturunan.

Adalah Ikhsan Fandi, putra dari penyerang legendaris Singapura, Fandi Ahmad, yang saat ini sedang memperkuat Jerv di kasta teratas Liga Norwegia.

Dengan usia yang masih sangat muda (22 tahun), Ikhsan Fandi bakal jadi tumpuan Singapura untuk meraih kemenangan di tiap laga Piala AFF 2020.

Thailand
Terakhir ada Thailand yang ternyata juga memanggil satu pemain dari kompetisi Eropa. Serupa dengan Singapura, skuat Negeri Gajah Putih memanggil pemain asli mereka yang mentas di Liga Inggris.

Adalah Thanawat Suengchitthawon, gelandang kelahiran Suphan Buri tersebut saat ini sedang memperkuat Leicester City di Premier League.

Walau belum catatkan debut senior, namun Thanawat Suengchitthawon sempat masuk bangku cadangan Leicester City saat melawan Manchester City pada 3 April 2021 silam.

NaturalisasiTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalASEAN Football Federation (AFF)TRIVIABerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2020

Berita Terkini