x

3 Pemain Timnas Indonesia yang Tampil Gemilang saat Dikalahkan Afghanistan

Rabu, 17 November 2021 15:02 WIB
Editor: Subhan Wirawan
3 Pemain Timnas Indonesia yang Tampil Gemilang Saat Dikalahkan Afghanistan

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pemain Timnas Indonesia yang tampil gemilang meski skuat Garuda telan kekalahan dari Afghanistan di laga uji coba pada Selasa (16/11/21) malam WIB lalu.

Bermain di Stadion Gloria, Turki, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan dalam dalam laga perdana FIFA Matchday dengan skor tipis 0-1 atas Afghanistan.

Meski sempat mengimbangi permainan Afghanistan, namun Timnas Indonesia harus kebobolan pada menit ke-85’ melalui sontekan Omid Popalzay.

Baca Juga
Baca Juga

Hingga laga berakhir, Garuda tak mampu mengejar ketertinggalan dan harus puas tua kekalahan kedua beruntun kala berjumpa Afghanistan.

Menanggapi hasil ini, Shin Tae-yong mengaku cukup kecewa. Sebab baginya, di laga ini Timnas Indonesia seharusnya bisa meraih kemenangan.

"Kita dapat hasil yang sangat disayangkan. Sebenarnya kita bisa meraih kemenangan tapi sayang hal itu tidak terjadi," ucap Shin Tae-yong selepas laga.

Shin menilai di laga tadi, memang pola permainan Evan Dimas dan kolega tak sesuai yang ia inginkan. Ditambah bagi Shin Tae-yong kondisi fisik pemain sedikit kelelahan pasca perjalanan jauh Jakarta, Turki.

"Kalau taktik memang tidak sesuai yang saya inginkan. Selain itu memang kondisi pemain tak begitu baik," tambah pelatih asal Korea Selatan ini.

Senada dengan ucapan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia yang meski kalah dari Afghanistan sejatinya memang punya peluang besar untuk menang.

Apalagi sepanjang 90 menit laga berjalan, ada beberapa pemain yang tampil impresif dan paling gemilang kala menghadapi Afghanistan.

Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, 3 Pemain Timnas Indonesia yang gemilang kontra Afghanistan:

Muhammad Riyandi

Muhammad Riyandi saat mengikuti latihan bersama Timnas Indonesia

Nama pertama adalah Muhammad Riyandi. Meski gawang Timnas Indonesia tak mampu ia jaga tetap clean sheets sepanjang 90 menit, namun performa kiper 21 tahun ini tetap layak diberikan apresiasi.

Melansir data dari Lapangbola.com, disebutkan bahwa Timnas Indonesia sepanjang pertandingan kontra Afghanistan semalam mendapat empat kali tembakan mengarah ke gawang.

Baca Juga
Baca Juga

Tiga dari tembakan mengarah ke gawang tersebut berhasil diselamatkan Muhammad Riyandi. Artinya, Muhammad Riyandi menggagalkan hampir 80% peluang emas Afghanistan untuk menjadi gol.

Andai Muhammad Riyandi tidak tampil gemilang, bukan tidak mungkin Timnas Indonesia akan telan kekalahan dengan skor jauh lebih telak ketimbang 1-0.


1. Fachrudin Aryanto

Elkan Baggott resmi jadi Warga Negara Indonesia atau WNI

Berikutnya ada Fachrudin Aryanto, salah satu bek senior di Timnas Indonesia yang berhasil tunjukkan ketenangan dan ketangkasan saat memutus alur serangan lawan.

Berpostur 185 cm, sepanjang 90 menit laga berjalan Fachrudin Aryanto memang mampu menjadi tembok kokoh Timnas Indonesia terutama kala tim lawan coba melakukan umpan lambung.

Total ada tiga kali duel udara yang berhasil dimenangkan Fachrudin Aryanto, menjadikannya sebagai pemain dengan rating aerials duel won terbanyak di laga semalam.

Elkan Baggott
Terakhir adalah Elkan Baggott, sang debutan di Timnas Indonesia senior namun mampu tunjukkan kapasitas serta kualitasnya buat skuat Garuda.

Meski hanya bermain 74 menit, namun bek berusia 19 tahun ini mampu membalas kepercayaan pelatih dengan menjaga gawangnya tetap clean sheets.

Selama berada di lapangan, Elkan Baggott berhasil melakukan 41 kali umpan sukses. Catatan yang membuatnya terpilih sebagai salah satu pemain paling berperan aktif dalam skema permainan Timnas Indonesia.

Selain itu, dari sisi pertahanan juga Timnas Indonesia berhasil tampil impresif dengan mencatatkan 4 kali intersep.

Kehadiran Elkan Baggott benar-benar membuat pertahanan Timnas Indonesia nyaman, terbukti pasca keluarnya bintang Ipswich Town tersebut gawang Muhammad Riyandi langsung kebobolan dan membuat tim Merah-Putih telan kekalahan.

Timnas IndonesiaAfghanistanBola InternasionalTRIVIABerita Timnas Indonesia

Berita Terkini