x

Mengingat Lagi 3 Kemenangan Telak Timnas Indonesia Atas Myanmar di Piala AFF

Kamis, 25 November 2021 12:06 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Timnas Indonesia akan menghadapi Myanmar di laga ujicoba, Kamis (25/11/21) malam. Berikut 3 kemenangan terbesar yang pernah diraih skuat Garuda atas sang lawan.

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia akan menghadapi Myanmar di laga ujicoba, Kamis (25/11/21) malam. Berikut 3 kemenangan terbesar yang pernah diraih skuat Garuda atas sang lawan.

Di tengah gelaran kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021, timnas Indonesia akan menjalani laga ujicoba untuk persiapan menghadapi Piala AFF yang digelar bulan depan.

Usai menghadapi Afghanistan pada 16 November lalu, tim asuhan Shin Tae-yong akan melawan Myanmar, Kamis (25/11/21) pukul 21.00 WIB.

Baca Juga
Baca Juga

Laga ini pun bakal dimanfaatkan Evan Dimas dkk untuk bangkit, usai kalah 0-1 dari Afghanistan pekan lalu.

Di sisi lain, pertandingan ini juga akan menjadi kesempatan bagi pelatih Shin Tae-yong untuk membuktikan penilaiannya dalam memilih pemain, khususnya di sektor ujung tombak.

Pasalnya, dalam 8 laga sejak dipimpin pelatih asal Korea Selatan itu, dari 11 gol yang dicetak timnas Indonesia, tak satu pun berasal dari para striker.

Tak hanya itu, laga melawan Myanmar juga akan menjadi kesempatan bagi Shin Tae-yong untuk merebut kemenangan pertama atas tim Asia Tenggara.

Pasalnya, dari 2 laga sebelumnya melawan sesama tim ASEAN, skuat Garuda hanya bisa bermain imbang 2-2 dengan Thailand dan kalah telak 0-4 dari Vietnam.

Myanmar sendiri punya keunggulan terhadap Indonesia dalam hal rangking FIFA. Mereka bertengger di posisi 148 dunia alias keempat ASEAN, sedangkan Indonesia berada di posisi 166 alias ketujuh ASEAN. Selain itu, timnas juga tak diperkuat Egy Maulana dan Elkan Baggott yang sudah kembali ke klubnya.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, Indonesia justru memiliki keunggulan secara head to head. Dikutip dari laman 11v11, kedua tim sudah bertemu 16 kali. Dari jumlah itu, Indonesia berhasil menang 8 kali dan kalah 5 kali, dengan 3 laga sisanya berakhir imbang.

Dari jumlah tersebut, 3 kemenangan diraih dengan skor besar yang uniknya semua terjadi di ajang Piala AFF.

Untuk menyambut laga ujicoba Timnas Indonesia vs Myanmar malam nanti,  berikut ini INDOSPORT mengulas kembali 3 kemenangan terbesar skuat Garuda atas Myanmar.


1. 3 Kemenangan Telak di Piala AFF

Acara pelepasan Timnas Indonesia Senior untuk pemusatan latihan (TC) ke Turki sekaligus Piala AFF 2020 di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (11/11/21).

Indonesia 6-1 Myanmar (Piala AFF 1996)

Kemenangan 6-1 atas Myanmar diraih timnas Indonesia di Piala AFF 1996 yang digelar di Singapura. Ketika itu, laga melawan Myanmar terjadi di fase grup, tepatnya pada matchday ketiga Grup A.

Indonesia unggul cepat di menit ketujuh lewat Peri Sandria, sebelum Fakhri Husaini menggandakan skor di menit ke-20.

Myanmar sempat memperkecil skor menjadi Maung Maung Htay. Namun, Indonesia menutup babak pertama dengan keunggulan 5-1 lewat gol Ansyari Lubis, Eri Irianto, dan gol kedua Peri Sandria.

Di babak kedua, Fakhri Husaini mencetak gol keduanya untuk menutup laga dengan skor 6-1. Pasukan Garuda akhirnya finis sebagai pemuncak grup A, tapi kalah dari Malaysia di semifinal dan berakhir di posisi empat

Indonesia 6-2 Myanmar (Piala AFF 1998)

Kemenangan terbesar berikutnya terjadi 2 tahun kemudian. Peristiwa ini juga terjadi di fase grup di Piala AFF 1998.

Ketika itu, Indonesia kebobolan lebih dulu ketika laga baru berjalan 1 menit, lewat gol Myo Hlaing Win. Namun, Aji Santoso menyamakan skor lewat titik putih di menit ke-14.

Setelah itu, pasukan Merah Putih tancap gas lewat dengan mencetak 5 gol tambahan lewat Widodo C Putro, Bima Sakti, Miro Baldo Bento, dan 2 gol bunuh diri dari Min Aung dan Min Thu. Myanmar baru bisa memperkecil kedudukan jadi 2-6 lewat Myo Hlaing Win di menit ke-77.

Indonesia sendiri melaju ke semifinal tapi dikalahkan Singapura 1-2. Bima Sakti dkk akhirnya jadi juara tiga usai mengalahkan Thailand lewat adu penalti.

Indonesia 5-0 Myanmar (Piala AFF 2000)

 Di Piala AFF 200, Indonesia untuk ketiga kalinya secara beruntun bertemu Myanmar di fase grup. Sempat kalah 1-4 dari Thailand di matchday kedua, Gendut Doni dkk bangkit dengan mengalahkan Myanmar 5-0 di matchday ketiga.

Di babak pertama, pasukan Merah Putih sudah unggul 1-0 lewat gol Gendut Doni. Sang penyerang kemudian mencetak gol keduanya di menit ke-57 untuk menggandakan keunggulan.

Gol Uston Nawawi dan brace Kurniawan Dwi Yulianto kemudian menggenapkan kemenangan Indonesia menjadi 5-0.

Indonesia finis sebagai runner up grup di bawah Thailand dan sukses melaju ke partai puncak. Namun, Kurniawan dkk kembali kalah 1-4 dari Thailand di final.

Uji CobaMyanmarTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalIndonesia Vs MyanmarPiala AFF 1998Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini