x

Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Menang di Piala AFF 2020, Korea Selatan Heboh

Jumat, 10 Desember 2021 18:21 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
Media Korea Selatan ulas kemenangan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong atas Kamboja di Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia mengawali perjalanan di Piala AFF 2020 dengan kemenangan 4-2 atas Kamboja, pada Kamis (9/12/2021) lalu. Hasil positif tim asuhan Shin Tae-yong itu terdengar hingga Korea Selatan, negara asal sang pelatih.

Laga melawan Kamboja menjadi debut Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia di putaran final sebuah turnamen. Wajar bila hasil pertandingannya menarik perhatian media Korea Selatan.

Yonhap menjadi satu media Negeri Gingseng yang memberitakan kemenangan Shin Tae-yong dan timnas Indonesia. Mereka menulis berita berjudul "Timnas Indonesia-nya Shin Tae-yong mengalahkan Kamboja 4-2 pada laga Perdana Piala Suzuki AFF,".

Baca Juga
Baca Juga

Media berbahasa Inggris itu juga seakan tahu arti Piala AFF 2020 bagi Indonesia. Kemenangan yang diraih Shin Tae-yong sangat berarti mengingat Piala AFF dilabeli Yonhap sebagai "Piala Dunia-nya Asia Tenggara".

"Setelah menukangi Timnas Indonesia sejak Desember 2019, coach Shin Tae-yong, yang memulai debut di Piala Suzuki AFF, atau yang disebut Piala Dunia-nya Asia Tenggara, meraih kemenangan pada laga perdana," ujar mereka.

Baca Juga
Baca Juga

Selain Shin Tae-yong, Yonhap juga memberikan ulasan mengenai Asnawi Mangkualam. Pemain berusia 21 tahun itu pantas mendapat sorotan karena berkarier di Korea Selatan dengan membela Ansan Greenes, klub K-League 2.

"Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam yang bermain untuk klub K-League 2 Ansan Greeners juga bermain penuh," tambah Tonhap lagi.


1. Pantang Merasa Puas

Selebrasi Evan Dimas dan Irfan Jaya di laga Timnas Indonesia vs Kamboja pada ajang Piala AFF 2020, Kamis (09/12/21).

Meski dipuji karena memimpun timnas Indonesia meraup tiga poin berharga di Bishan Stadium yang jadi venue laga kontra Kamboja, Shin Tae-yong sendiri enggan jemawa. Ia sadar jika masih banyak kekurangan yang harus dibenahi Tim Garuda.

”Karena sudah unggul jauh, para pemain menganggap enteng lawan. Ini adalah sebuah kesalahan dari pemain kami," ucap Shin Tae-yong.

"Jadi, ini yang harus diperbaiki untuk kami juga memang akan ditegur juga untuk masalah-masalah seperti ini," tegas juru taktik berumur 52 tahun itu lagi.

Saat ini Timnas Indonesia duduk di posisi kedua klasemen sementara Grup B Piala AFF diapit oleh Malaysia dan Vietnam yang sama-sama favorit untuk lolos ke semi final. Pertandingan kedua merah-putih baru akan digelar pada Minggu (12/12/21) mendatang menghadapi Laos

Timnas IndonesiaBola InternasionalShin Tae-yongPiala AFF 2020

Berita Terkini