x

Mencari Penyebab Timnas Indonesia Tak Puncaki Grup B Piala AFF 2020 Meski Unggul Selisih Gol

Senin, 13 Desember 2021 15:11 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi para pemai Timnas Indonesia usai cetak gol ke gawang Laos di Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia sejatinya unggul selisih gol dari Vietnam namun mereka tak bisa memuncaki klasemen Grup B Piala AFF 2020, kenapa?

Timnas Indonesia sukses kembali meraih tiga poin usai mengalahkan Laos dalam pertandingan kedua Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Minggu (12/21/21) sore WIB.

Skuad Garuda menang dengan skor 5-1. Ketiga gol dicetak oleh Asnawi Mangkualam (penalti), Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ezra Walian, dan Evan Dimas. Sedangkan gol balasan Laos dibuat oleh Kydavone Souvanny.

Timnas Indnesia langsung berinisiatif mengambil serangan di awal-awal babak pertama dimulai. Namun upaya para pemain masih bisa dipatahkan oleh barisan belakang Laos.

Baca Juga
Baca Juga

Namun butuh waktu lama bagi Timnas Indonesia untuk bisa membobol gawang Laos. Baru pada menit ke-23 kebuntuan akhirnya pecah.  

Timnas Indonesia yang terus melancarkan serangan berhasil membobol gawang Laos, lewat tendangan penalti Asnawi Mangkualam.

Hadiah penalti itu buah dari pelanggaran yang dilakukan oleh pemain Laos terhadap aksi Irfan Jaya di dalam kotak penalti. Skor 1-0.

Tertinggal membuat Laos mencoba bermain terbuka, dengan melakukan serangan balik. Mereka mengancam melalui tendangan bebas langsug ke gawang, tapi bola masih melebar.

Lima menit berselang, giliran Timnas Indonesia yang melakukan serangan. Dengan mudah Irfan Jaya mencetak gol kedua Skuad Garuda, memanfaatkan umpan silang Asnawi. Skor berubah 2-0.

Jelang memasuki menit akhir babak pertama, pertahanan Timnas Indonesia kehilanan fokus. Alhasil Laos mampu memperkecil skor menjadi 2-1 lewat gol Kydavone Souvanny menit ke-41.

Di babak kedua, hujan gol terjadi untuk Timnas Indonesia. Para penggawa Skuad Garuda tampil kesetanan dengan nemabah tiga gol lagi.

Lewat kaki Witan Sulaeman menit ke-56, Ezra Walian menit ke-77, dan Evan Dimas menutup pesta gol di menit ke-84. Timnas Indonesia pun menang dengan skor akhir 5-1.


1. Tak Puncaki Klasemen

Aksi selebrasi pemain Timnas Indonesia melawan Kamboja

Menariknya kemenangan besar Timnas Indonesia itu tak bisa membawa mereka memuncaki klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020.

Saat ini posisi teratas ditempati oleh Timnas Vietnam, padahal kedua tim sama-sama mengoleksi 6 poin dari 2 pertandingan. 

Secara statistik torehan gol juga Timnas Indonesia lebih unggul dari Vietnam. Skuad Garuda memiliki +6 gol, sementara Vietnam +5 gol.

Tentu, kondisi di atas cukup membingungkan. Jika pun head-to-head yang digunakan, Timnas Indonesia juga belum bertemu Vietnam. 

Baca Juga
Baca Juga

Namun, perhitungan berbeda diambil AFF dalam penentuan posisi tim di klasemen ketika ada dua negara atau lebih yang memiliki poin sama.

Saat ini Grup B ada tiga negara yang mengoleksi 6 poin mereka adalah Timnas Indonesia, Vietnam dan Malaysia. Hal tersebut membuat AFF menyortir klasemen dengan mengambil tiga negara itu saja.

Alhasil dalam perhitungan klasemen khusus, hasil yang didapat ketika melawan Kamboja dan Laos tidak masuk hitungan.

Berhubung dari tiga negara yang baru bentrok adalah Vietnam vs Malaysia, maka Golden Stars berhak memuncaki klasemen unggul head to head atas Malaysia dan Timnas Indonesia, karena menang 3-0 atas Harimau Malaya.

Timnas Indonesia berada di posisi kedua karena mereka belum bertemu Vietnam dan Malaysia. Sementara Malaysia berada di posisi ketiga karena mereka kalah head to head dari Vietnam

Secara sederhana klasemen khusus Grup B adalah seperti ini, Vietnam di posisi pertama dengan koleksi tiga poin dan mempunyai selisih gol +3.

Sementara Timnas Indonesia berada di posisi kedua karena belum pernah bertanding melawan dua negara tersebut, maka poinnya 0 dan juga selisih golnya 0.

Malaysia layak menempati urutan ke-3 karena mereka kalah selisih gol -3 dengan 0 poin. Vietnam berada di atas angin. Jika menang atas Timnas Indonesia di laga ketiga Grup B Piala AFF 2020, Rabu (15/12/21), maka mereka lolos otomatis lolos ke semifinal.

Berikut Klasemen Khusus Grup B Piala AFF 2020:

1. Vietnam 3 Poin (3-0)

2. Indonesia 0 Poin (0-0)

3. Malaysia 0 Poin (0-3)

MalaysiaVietnamTimnas IndonesiaPiala AFFBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2020

Berita Terkini