x

Resmi Pensiun, Mengenang Rekor Sergio Aguero di Liga Inggris: Bomber Mematikan!

Kamis, 16 Desember 2021 16:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Sergio Aguero resmi pensiun dari sepakbola.

INDOSPORT.COM - Sergio Aguero resmi mengumumkan pensiun menjadi pemain sepak bola profesional pada Rabu (15/12/21) malam WIB. Berikut kiprah bomber milik Barcelona itu.

Sergio Aguero menyampaikan pengumuman pensiun dalam sesi konferensi pers di Camp Nou, Barcelona. Dalam kesempatan itu, turut hadir keluarga, rekan satu tim, perwakilan dari manajemen dan klub Liga Inggris termasuk Pep Guardiola dan Txiki Beguiristain.

Saat hendak memulai pembicaraan, Sergio Aguero terlihat sulit untuk menemukan kata-kata. Pemain asal Argentina tersebut langsung tidak kuasa menahan tangis.

Baca Juga
Baca Juga

"Sulit untuk memulainya," kata Sergio Aguero dilansir dari Barca TV, Rabu (15/12/2021).

"Masa yang sulit. Ya, sulit untuk mengambil keputusan ini, karena pada akhirnya saya harus mengakhiri karier di sepak bola. Semua demi kesehatan saya. Setelah berdiskusi dengan tim medis, saya ternyata harus mengakhiri kisah di sepak bola profesional."

"Saya harus berhenti bermain sepak bola. Momen yang begitu berat. Keputusan yang saya buat berdasarkan alasan kesehatan. Tim medis telah menyarankan yang terbaik, kepada saya agar berhenti bermain," tuturnya menambahkan.

Baca Juga
Baca Juga

Seperti diketahui, Sergio Aguero memutuskan pensiun dini karena mengalami masalah dengan jantungnya. Pada 30 Oktober 2021 lalu, ia harus meninggalkan lapangan di tengah duel Liga Spanyol antara Barcelona vs Alaves karena mengeluh sakit di bagian dada.

 Eks bomber Manchester City tersebut telah menjalani proses diagnostik dan terapeutik oleh Dr. Josep Brugada dan sempat dovinis tiga bulan agar istirahat dari dunia sepak bola.

Pensiunnya Sergio Aguero membuat dunia sepak bola kehilangan sosok penyerang tajam di lapangan. Untuk itu, ada baiknya kembali melihat kiprah eks bomber Manchester City ini dalam balutan rekor.


1. Sergio Aguero, Bomber Mematikan di Sepak Bola Modern

Sergio Aguero resmi pensiun dari sepakbola.

Aguero bisa dikatakan salah satu penyerang tertajam di era sepak bola modern saat ini. Kehebatannya di muka gawang terlihat saat ia memulai karier dari Argentina hingga berakhir di Spanyol.

Di awal kariernya, di usia yang belum genap 18 tahun, Aguero mampu mencetak 18 gol dari 38 laga bersama Independiente di Argentina.

Kemoncerannya membuatnya berlabuh ke Atletico Madrid di mana ia mencetak 100 gol dari 230 penampilan di berbagai ajang bersama Los Rojiblancos.

Setelahnya, Manchester City meminangnya pada 2011 di mana torehan golnya meningkat drastis yakni 260 gol dari 390 pertandingan.

Di Barcelona, kendati pemain berusia 33 tahun ini bermain 5 kali, ia tetap bisa menyumbangkan gol dengan torehan 1 gol saja.

Jika ditotal bersama kiprahnya di Timnas Argentina, Aguero telah mencetak 430 gol dalam 764 pertandingan. Catatan apik untuk era sepak bola modern saat ini.

Dalam kiprahnya, Aguero menorehkan beberapa rekor fantastis sepanjang kariernya, terutama di Liga Inggris yang jadi kompetisi terlama yang ia mainkan. Catatan fantastis itu terlihat dalam deretan statistik di bawah ini.

1. Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Liga Inggris

Liga Inggris yang dianggap tak ramah dengan pemain asing, mampu ditaklukan Aguero di mana ia menjadi pemain asing dengan gol terbanyak di ajang itu dengan total 184 gol mengalahkan torehan Thierry Henry.

Total 184 gol ini juga membuatnya sebagai pemain dengan gol terbanyak untuk satu klub Liga Inggris mengalahkan torehan Wayne Rooney.

2. Pemain dengan Rasio Gol Terbaik Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Total 184 gol yang dicetak Aguero membuatnya menjadi pemain dengan rasio gol terbaik sepanjang sejarah ajang tersebut. Adapun rasio gol Aguero di Liga Inggris yakni mencetak 1 gol setiap 108 menit pertandingan.

3. Pencetak Hattrick Terbanyak Liga Inggris

Aguero menorehkan tinta emas lainnya sebagai pemain dengan Hattrick atau tri gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Inggris dengan 12 Hattrick.

4. Hampir Samai Torehan Alan Shearer

Aguero hampir menyamai torehan Alan Shearer sebagai pemain yang mampu mencetak 20 gol atau lebih terbanyak di setiap musim Liga Inggris.

Sebagai catatan, Aguero mencetak 20 gol lebih selama 6 musim di Liga Inggris. Sedangkan Shearer mencetak 20 gol lebih dalam 7 musim

5. Mencetak Gol ke 32 dari 33 Klub di Liga Inggris

Selama di Liga Inggris, Aguero telah berhadapan denga 33 tim. Hebatnya, ia mampu membobol 32 gawang lawan dalam jumlah tersebut.

6. Satu-satunya Pemain dengan Torehan 5 Gol di 1 Laga Liga Inggris

Aguero juga tercatat sebagai pemain pertama dan pemain satu-satunya yang mampu mencetak 5 gol dalam 1 laga Liga Inggris. Hebatnya lagi, 5 gol itu ia buat dalam waktu 66 menit saja.

Manchester CityBarcelonaSergio AgueroLiga InggrisSepak Bola

Berita Terkini