x

Jadi Venue Lawan Malaysia, Intip 5 Catatan Timnas Indonesia di Stadion Nasional

Minggu, 19 Desember 2021 10:40 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia usai cetak gol ke gawang Laos di Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM – Stadion Nasional Singapura akan menjadi venue laga perebutan tiket ke semifinal Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Malaysia (19/12/21). Nyatanya, tim Merah Putih punya sederet pengalaman pahit kala bermain di stadion ini.

Untuk pertama kalinya di babak grup Piala AFF 2020, Indonesia bermain di Stadion Nasional Singapura. Adapun venue untuk grup A ini akan menjadi saksi laga hidup mati antara skuat Garuda dengan Malaysia.

Alasan laga Indonesia dan Malaysia digelar di Stadion Nasional Singapura tak lain karena Stadion Bishan akan digunakan untuk laga Vietnam vs Kamboja.

Baca Juga
Baca Juga

Pihak AFF memutuskan untuk menyelenggarakan kedua laga terakhir grup B ini secara bersamaan mengingat tiket ke semifinal masih akan diperebutkan tiga negara yakni Indonesia, Vietnam dan Malaysia.

Untuk menghindari isu Match Fixing, AFF pun memutuskan laga digelar secara bersamaan di dua tempat berbeda, di mana Indonesia vs Malaysia akan digelar di Stadion Nasional dan Vietnam vs Kamboja di Stadion Bishan.

Namun keputusan AFF ini nyatanya bisa menjadi sinyal bahaya bagi Indonesia sendiri yang punya rekam jejak tak mentereng kala bermain di Stadion Nasional.

Baca Juga
Baca Juga

Tercatat 5 kali sudah Indonesia bermain di Stadion Nasional di gelaran Piala AFF. Dalam 5 laga itu, tim Merah Putih mengantongi 1 kemenangan, 2 hasil imbang dan 2 kekalahan.

Parahnya lagi, kemenangan dan hasil imbang yang diraih itu banyak tak menguntungkan Indonesia sama sekali selama bermain di Stadion Nasional.

Berikut 5 laga yang jadi bukti bahwa Stadion Nasional tak ramah dengan Indonesia di Piala AFF.

 

1. Rekam Jejak Indonesia di Stadion Nasional pada Gelaran Piala AFF

Stadion Nasional Singapura

1. Piala AFF 1996 (13 September 1996)

Indonesia bermain di Stadion Nasional Singapura untuk pertama kalinya pada gelaran Piala AFF (Piala Tiger) 1996 atau Piala AFF edisi pertama.

Di laga ini Indonesia takluk dari Malaysia dengan skor 1-3 di babak semifinal yang saat itu masih berlangsung dengan format 1 leg.

Dengan kekalahan itu, Indonesia pun gagal melangkah ke babak final dan harus menjalani partai perebutan tempat ketiga.

2. Piala AFF `1996 (15 September 1996)

Dua hari setelah tumbang dari Malaysia dalam perebutan tiket ke final Piala AFF 1996, Indonesia harus bersua Vietnam untuk memperebutkan tempat ketiga.

Di laga ini yang dilangsungkan di Stadion Nasional ini, Indonesia tumbang dengan skor 2-3 dari Vietnam sehingga harus puas menjadi tim terbaik keempat pada edisi pertama.

3. Piala AFF 2007 (13 Januari 2007)

Raihan buruk Indonesia di Piala AFF saat bermain di Stadion Nasional Singapura sempat pupus saat skuat Garuda menghadapi Laos di laga perdana grup B Piala AFF 2007.

Kala itu Indonesia mampu meraih kemenangan 3-1 atas Laos di Stadion Nasional dan membuat Skuat Garuda mampu menduduki puncak klasemen grup B.

4. Piala AFF 2007 (15 Januari 2007)

Usai meraih kemenangan atas Laos, Indonesia masih bermain di Stadion Nasional dan menjalani partai kedua grup B dengan melawan Vietnam.

Di laga ini, Indonesia harus puas bermain  imbang 1-1 dengan Vietnam setelah gol bunuh diri Supardi Nasir mampu disamakan oleh Saktiawan Sinaga di menit ke-90 pertandingan.

5. Piala AFF 2007 (17 Januari 2007)

Di laga ketiga atau laga terakhir grup B, Indonesia menghadapi tuan rumah Singapura di Stadion Nasional. Laga ini menjadi laga hidup mati karena kedua tim berebut tiket ke semifinal.

Saat itu, Indonesia diwajibkan menang untuk lolos. Sedangkan Singapura hanya butuh hasil imbang karena unggul selisih gol meski punya poin sama di tabel klasemen.

Dan di laga terakhir ini, Indonesia harus puas bermain imbang 2-2 dengan Singapura. Hasil ini membuat skuat Garuda pun gagal lolos ke babak semifinal karena memiliki perbedaan 7 gol dengan tuan rumah.

Stadion Nasional SingapuraTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas MalaysiaSepak BolaPiala AFF 2020

Berita Terkini