x

Piala AFF 2020: Hadapi Malaysia, Shin Tae-yong Isyaratkan Timnas Indonesia Main Menyerang

Minggu, 19 Desember 2021 17:20 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
Shin Tae-yong memberi bocoran timnas Indonesia akan memainkan sepak bola positif melawan Malaysia di Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak menjamin bakal menggunakan strategi bertahan saat melawan Malaysia. Fakta jika Tim Garuda sudah bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2020 dengan hasil imbang tidak membuatnya hanya ingin bermain 'aman'.

Di Piala AFF 2020, pria asal Korea Selatan itu tidak menerapkan satu skema saja sepanjang turnamen. Beberapa kali Shin Tae-yong menunjukkan daya kekayaan taktikalnya.

Saat mengalahkan Kamboja dan Laos, Shin Tae-yong menginstruksikan Timnas Indonesia untuk tampil menyerang. Hasilnya sembilan gol sukses dijaringkan Ezra Wallian dan kawan-kawan.

Baca Juga
Baca Juga

Skema bertahan total kemudian dipilih saat tiba waktunya menghadapi Vietnam yang notabene adalah salah satu tim terkuat di Asia Tenggara saat ini. Meski dicap negatif namun kedisiplinan bermain di belakang membuat timnas Indonesia sukses mengantongi satu poin dari skor 0-0.

Untuk melawan Malaysia, Shin Tae-yong tampaknya ingin berhati-hati sebelum memilih suatu pendekatan. Ia sadar jika satu kesalahan bisa membuat timnas Indonesia tersingkir di tangan rival terberat mereka.

Baca Juga
Baca Juga

"Sebagai pelatih kepala memang saya bertanggung jawab untuk memimpin tim ini. Saya juga punya tugas menghadapi lawan dengan menganalisis kelemahan dan kelebihan seperti apa," kata Shin Tae-yong seperti yang dirangkum Goal.

"Kami memang hanya dengan meraih imbang bisa lolos ke semi-final, akan tetapi Malaysia juga punya kelebihan dan kelemahan. Jadi, kami akan menganalisa strategi taktik dan lawan seperti apa. Saya akan mempersiapkannya dan membawanya sesuai dengan lawan seperti apa," tambah eks manajer Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.


1. Sudah Bisa Tampilkan Elkan Baggott

Elkan Baggott, pemain Timnas Indonesia.

Jika nantinya memilih bermain menunggu di Singapore National Stadium, maka timnas Indonesia akan mendapat suntikan tenaga besar dalam diri Elkan Baggott. Bek sentral 19 tahun itu sudah bisa kembali merumput usai rampung menjalani karantina yang membuatnya absen kontra Vietnam.

Keunggulan dalam segi fisik dan mental pemain akademi Ipsiwich Town tersebut akan sangat berguna. Terlebih Elkan Baggott sedang dalam motivasi tinggi karena berpeluang menjalani debut sebagai starter di Piala AFF 2020 setelah sebelumnya bermain sebagai pengganti melawan Laos.

Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas MalaysiaElkan BaggottShin Tae-yongPiala AFF 2020

Berita Terkini