x

Piala AFF: Dibantai Indonesia, Media Malaysia Soroti Pertahanan Armada Tan Cheng Hoe

Senin, 20 Desember 2021 11:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Pertandingan Grup B PIala AFF 2020 antara Malaysia vs Timnas Indonesia, Minggu (19/12/21).

INDOSPORT.COM – Malaysia terpaksa agkat koper lebih awal di Piala AFF 2020 usai kalah dari timnas Indonesia. Media Malaysia mengklaim kekalahan pasukan Tan Cheng Hoe dari Tim Garuda karena faktor pertahanan.

Impian Harimau Malaya melaju ke babak semifinal Piala AFF 2020 terkubur di National Stadium, Singapura, usai dibantai 1-4 oleh musuh bebuyutan, Timnas Indonesia, Minggu (19/12/21) malam WIB.

Baca Juga
Baca Juga

Media lokal BHarian menggambarkan jalannya duel Malaysia vs Indonesia yang notabene pertandingan pamungkas Grup B Piala AFF 2020.

Menurut media tersebut, anak didik Tan Cheng Hoe memulai dengan baik dan mampu melakukan tembakan mencapai target (shot on goal) untuk membuka keunggulan lewat Kogileswaran Raj di menit ke-13.

Namun, petaka dimulai ketika Indonesia mulai menampilkan permainan cepat untuk melakukan upaya menyerang. Upaya ini membuahkan hasil saat Irfan Jaya mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-36.

BHarian mengklaim bahwa lini pertahanan Malaysia mulai lengah. Hal ini terlihat saat Irfan Jaya kembali mencetak gol kedua untuk Tim Garuda pada menit ke-36 dengan memanfaatkan situasi ricuh di depan gawang.

Baru lima menit setelah babak kedua berlanjut, Malaysia kebobolan gol ketiga kalinya. Kali ini melalui tendangan keras Pratama Arhan membuat Indonesia sementara unggul 3-1 dari Malaysia.

“(Tan) Cheng Hoe melakukan sejumlah perubahan antara lain menempatkan Dion Cools dan memasukkan Guilherme De Paula dan Akhyar Rashid pada menit ke-60, namun tetap tak mampu mengubah nasib timnas,” tulis media ini.

Baca Juga
Baca Juga

Di saat Malaysia bekerja keras untuk melanjutkan sisa perjuangan mereka, Indonesia berhasil mencetak gol keempat pada menit ke-82 melalui bek keturunan Inggris, Elkan Baggott.

Gol keempat itu sekaligus menghancurkan mimpi dan mental skuat Harimau Malaya. Pasalnya, hingga peluit berbunyi mereka tak mampu mencetak gol untuk memperkecil kedudukan.


1. Timnas Malaysia Hancur Lebur di Piala AFF 2020

Pertandingan Grup B PIala AFF 2020 antara Malaysia vs Timnas Indonesia, Minggu (19/12/21).

Kekalahan itu membuat tim nasional finis ketiga di Grup B dengan enam poin, sekaligus memastikan mereka tersingkir di babak penyisihan Grup Piala AFF 2020.

Selain gagal mengulang gelar runner-up tahun 2018, Malaysia tidak mencapai target yang ditetapkan Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk melaju ke babak final di edisi kali ini.

Di sisi lain, tambahan tiga poin tersebut berhasil membuat timnas Indonesia melaju ke babak semifinal Piala AFF 2020 dengan status sebagai pemuncak klasemen Grup B.

Indonesia ditemani Vietnam yang finish sebagai runner-up. Di babak semifinal, Indonesia akan bertemu Singapura (runner-up Grup A, sedangkan Vietnam bertemu Thailand (juara grup A).

MalaysiaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas MalaysiaBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2020

Berita Terkini