x

Rapor Pemain Indonesia Saat Bantai dan Depak Malaysia dari Piala AFF 2020

Senin, 20 Desember 2021 08:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Menang telak 4-1, Timnas Indonesia lolos ke semifinal dan mendepak Malaysia dari Piala AFF 2020. Berikut rapor pemain skuat Garuda di laga tersebut.

INDOSPORT.COM – Menang telak 4-1, Timnas Indonesia lolos ke semifinal dan mendepak Malaysia dari Piala AFF 2020. Berikut rapor pemain skuat Garuda di laga tersebut.

Laga seru tersaji di matchday terakhir Grup B Piala AFF 2020, ketika Indonesia bertemu Malaysia, Minggu (20/12/21) pukul 19.30.

Kedua tim sama-sama berebut 1 tiket ke semifinal, dengan 1 tiket tersisa diyakini jadi milik Vietnam yang hanya akan bertemu Kamboja di waktu yang sama. Pasukan Garuda hanya membutuhkan hasil seri, sedangkan Harimau Malaya wajib menang di laga ini.

Baca Juga
Baca Juga

Indonesia sempat dibuat ketar-ketir ketika Malaysia mencetak gol lebih dulu di menit ke-13 lewat sepakan apik Kogileswaran Raj dari kotak penalti.

Meski demikian, pasukan Shin Tae-yong berhasil berbalik unggul 2-1 saat babak pertama berakhir, berkat brace Irfan Jaya.

Penampilan Timnas Indonesia makin meningkat di babak kedua. Baru lima menit babak kedua berjalan, Pratama Arhan sukses membawa Garuda unggul makin jauh lewat sepakan spektakuler kaki kirinya dari luar kotak penalti.

Pelatih Shin Tae-yong pun melakukan sejumlah perubahan dengan memasukkan Evan Dimas dan Elkan Baggott yang secara mengejutkan duduk di bangku cadangan.

Baca Juga
Baca Juga

Kerja sama kedua pemain pengganti itu berbuah apik di menit ke-82, ketika sepak pojok Evan Dimas disambut sundulan Elkan Baggott untuk memperlebar skor menjadi 4-1.

Hingga akhir laga, tak ada lagi tambahan gol yang tercipta. Indonesia menang telak 4-1 dan finis sebagai juara grup B sekaligus lolos ke semifinal, sekaligus menyingkirkan Malaysia.

Kemenangan ini sendiri diwarnai oleh penampilan gemilang sejumlah pemain. Berikut rapor lengkap skuat Indonesia saat mengalahkan Malaysia di Piala AFF 2020, versi INDOSPORT.


1. 2 Tampil Tak Maksimal, 2 Luar Biasa

Irfan Jaya saat melakukan selebrasi usai menjebol gawang Malaysia

Nadeo Argawinata – 7

Nadeo Argawinata kembali gagal menorehkan cleansheet usai kebobolan di menit ke-13. Meski demikian, setelah itu ia relatif tak mendapatkan ancaman berarti dan tampil tenang di sisa laga.

Asnawi Mangkualam – 7.5

Kembali jadi starter untuk keempat kalinya, dan menjadi kapten untuk kedua kalinya, Asnawi Mangkualam tampil gemilang. Di babak pertama ia tampil agresif membantu serangan, sebelum lebih fokus bertahan di babak kedua.

Fachruddin Ariyanto – 7

Sukses mematikan pergerakan striker Malaysia meski beberapa kali terlihat tampil grogi saat berupaya membuang bola.

Alfeandra Dewangga – 7,5

Tampil sedikit lebih baik dibandingkan Fachruddin berkat penampilan lugasnya. Tampil dinamis di babak kedua dengan beberapa kali bergantian bergerak ke depan dengan Elkan Baggott.

Pratama Arhan – 8.5

Tak hanya lugas mengawal pertahanan, Pratama Arhan tampil apik saat membantu serangan baik lewat lemparan jarak jauhnya maupun kepiawaiannya melakukan terobosan.

Aksi dribelnya menjadi kunci gol kedua Indonesia, sebelum ia sendiri mencetak gol ketika lewat sepakan indah. Ia pun terpilih menjadi man of the match versi panitia Piala AFF 2020.

Rachmat Irianto – 7

Tampil apik sebagai gelandang bertahan untuk mematikan serangan Malaysia sejak di lini tengah. Meski demikian, ia ditarik keluar di babak kedua untuk digantikan oleh Evan Dimas

Ricky Kambuaya – 7.5

Kembali jadi starter untuk keempat laga beruntun, Ricky Kambuaya tampil tak kenal lelah. Ia rajin mengalirkan bola ke depan tapi juga beberapa kali melapis pertahahan. Gol pertama Indonesia tak lepas dari aksinya melepas bola yang kemudian jatuh ke kaki Witan yang memberikan assist kepada Ifan Jaya

Ramai Rumakiek – 7

Ramai Rumakiek secara mengejutkan dijadikan starter untuk pertama kalinya. Meski beberapa kali mengancam lewat kecepatan dan pergerakannya yang cair, secara umum ia gagal menunjukkan performa terbaik. Digantikan oleh Elkan Baggott di babak kedua.

Irfan Jaya – 8.5

Sempat membuat blunder saat upayanya membuang bola malah menjadi sumber gol Malaysia. Namun Irfan Jaya membayar kesalahannya dengan mencetak brace untuk membawa Indonesia berbalik unggul 2-1.

Di luar itu, ia kerap mengancam lini belakang Malaysia lewat aksi individu maupun pergerakan tanpa bolanya.

Witan Sulaeman – 8

Tampil apik dan mengancam lini belakang Malaysia lewat pergerakan dan tusukannya dari sektor sayap dan sukses menyumbangkan assist untuk gol pertama timnas Indonesia.

Ezra Walian – 6.5

Ezra Walian gagal mendapatkan peluang berarti di pertandingan ini dan beberapa kali gagal menjalankan tugasnya menahan bola. Meski demikian, ia sukses menarik perhatian bek Malaysia sehingga gelandang dan sayap Indonesia tampil lebih bebas.

Pemain Pengganti

Evan Dimas – 7

Masuk menggantikan Rachmat Irianto dan sukses menambah variasi serangan Indonesia. Membuat assist bagi gol keempat lewat eksekusi sepak pojok dan nyaris mencetak gol di menit akhir pertandingan tapi sayangnya membentur mistar.

Elkan Baggott – 7.5

Masuk menggantikan Ramai Rumakiek di babak kedua. Elkan Baggott tak hanya memperkokoh lini belakang, tapi juga beberapa kali membantu serangan. Mencetak gol penutup yang juga jadi gol pertamanya untuk timnas Indonesia, lewat sundulan keras dari skema sepak pojok

Kushedya Hari Yudo – 6

Tampil tak efektif dan kerap kehilangan bola setelah masuk menggantikan Ezra. Ia akhirnya ditarik keluar lagi di injury time

Hanis Saghara dan Yabes Roni

Masuk di injury time sebagai upaya timnas Indonesia menghabiskan waktu.

MalaysiaEvan DimasTimnas IndonesiaPiala AFFTimnas MalaysiaWitan SulaemanIrfan JayaElkan BaggottBerita Timnas IndonesiaPratama ArhanPiala AFF 2020

Berita Terkini