x

Kadung Lolos ke Putaran Nasional Liga 3, Klub Legendaris Bandung Bidik Trofi

Senin, 27 Desember 2021 10:35 WIB
Editor: Indra Citra Sena
Manajer Persikab Bandung, Nandang Sunadar, ikut larut dalam selebrasi usai menjuarai Liga 3 Jabar.

INDOSPORT.COM - Klub legendaris yang sempat mejeng di kasta tertinggi sepak bola Indonesia era 2000-an, Persikab Kab. Bandung, baru-baru ini sukses menjuarai Liga 3 2021 zona Jawa Barat. Mereka merengkuh trofi usai menekuk tim satelit Persib, Bandung United, Rabu (22/12/21). 

Keberhasilan menjuarai Liga 3 2021 zona Jawa Barat berarti Persikab dipastikan melangkah ke putaran nasional yang rencananya akan digelar pada Januari mendatang. Total 64 tim bakalan memperebutkan delapan tiket promosi ke Liga 2 musim depan. 

Lolos ke putaran nasional, Persikab langsung bergerak membenahi tim. Mereka tidak mau tampil setengah-setengah karena sudah kadung menjejak tahapan akhir alias di ambang promosi ke Liga 2 setelah sekian lama terjebak di kasta ketiga. 

Manajer Persikab Kab. Bandung, Nandang Sunandar, memastikan bahwa timnya akan menambah amunisi untuk menyambut putaran nasional Liga 3 2021. Prioritasnya adalah mencari pemain yang sudah matang alias berpengalaman di kancah sepak bola nasional. 

Baca Juga
Baca Juga

"Kemungkinan menambah amunisi terbuka lebar ya. Dikarenakan waktunya mepet, kami mencari pemain yang sudah jadi. Tapi, semuanya tetap saja kembali kepada keputusan pelatih," ucap Nandang dalam rilis yang diterima redaksi berita olahraga INDOSPORT, Minggu (26/12/21). 

"Kami maunya merekrut putra daerah, namun ironisnya sebagian besar dari pemain asli Kab. Bandung yang berkualitas lebih memilih hijrah ke klub-klub besar, contohnya Persib Bandung," cetusnya. 

Lebih lanjut, Nandang membeberkan target Persikab Kab. Bandung di putaran nasional Liga 3 2021. Dia tak segan membidik trofi juara, bukan sekadar meraih satu dari delapan tiket promosi ke Liga 2 musim depan. 

"Mulai pekan depan kami menggelar TC lagi menyambut putaran nasional. Target awal sebatas lolos Liga 2, tapi kalau kami bisa juara kenapa tidak. Pesaing berat biasanya dari Timur. Mohon doanya kepada segenap masyarakat Kab. Bandung," pungkas Nandang Sunandar. 


1. Memori 1995-2002

Skuat Persikab Bandung di Liga 3 2021.

Sekadar mengingatkan, Persikab Kab. Bandung dikatakan klub legendaris yang disegani dekade 1990-an lantaran pernah mentas di kasta tertinggi era Divisi Utama periode 1995-2002.   

Keberadaan Persikab di kasta tertinggi dekade 1990-an menciptakan Derby Bandung melawan Persib. Kedua tim diketahui beberapa kali tergabung di grup yang sama (Divisi Utama menggunakan format wilayah).   

Derby terakhir di kasta tertinggi adalah edisi 2002, ketika Persib Bandung menang telak lima gol tanpa balas melalui gelontoran gol-gol Ansyari Lubis, Sujana (2), Ruhiat, dan Yaris Riyadi, 5 Mei 2002.   

Baca Juga
Baca Juga

Di akhir musim, Persikab terbenam di dasar klasemen Grup Barat Liga Indonesia Bank Mandiri (LIBM) 2002, sehingga terdegradasi ke Divisi Satu sampai sekarang belum pernah kembali lagi. 

Persib BandungJawa BaratLiga IndonesiaLiga 2Liga 3Bola IndonesiaPersikab Kabupaten BandungBerita Liga 2

Berita Terkini