x

4 Fakta Usai Timnas Indonesia Digasak Thailand di Final Leg 1 Piala AFF 2020

Kamis, 30 Desember 2021 07:00 WIB
Editor: Juni Adi
Aksi Alfeandra Dewangga di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand.

INDOSPORT.COM -  Sejumlah fakta menarik lahir usai leg pertama antara Timnas Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia tidak bisa berbuat banyak kala berhadapan dengan Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12/21) malam WIB.

Thailand menang dengan skor telak 4-0. Mereka unggul lebih dahulu melalui gol cepat Chanatip Songkrasin saat babak pertama baru berjalan dua menit.

Timnas Indonesia sempat berusaha untuk menyamakan kedudukan. Sejumlah peluang mereka ciptakan salah satunya melalui Dewangga. 

Baca Juga
Baca Juga

Sayang sepakannya yang sudah berhadapan dengan kiper melambung tinggi. Hingga turun minum skor 1-0 tak berubah.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia mulai kehilangan konsentrasi. Sebaliknya, Thailand justru malah tampil agresif dengan menambah tiga gol lagi.

Masing-masing dari Chanatip Songkrasin yang mencetak gol keduanya menit ke-52, lalu ditambah Supachok sarachat menit ke-67 dan ditutup oleh Bordin Phala menit ke-83.

Kemenangan ini membuat Thailand berada di atas angin untuk menjalankan leg kedua nanti, pada Sabtu (01/01/22). Sebab Skuad Garuda harus mencetak setidaknya lima gol jika masih ingin merebut gelar juara Piala AFF 2020.

Usai pertandingan, terdapat sejumlah fakta menarik. Apa saja itu? berikut ulasannya:


1. 1. Gol Tercepat

Aksi Alfeandra Dewangga di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand.

Dua gol yang dilesakkan Chanatip Songkrasin ke gawang Timnas Indonesia, salah satunya menjadi sejarah yakni sebagai gol tercepat di ajang Piala AFF 2020.

Ia mengalahkan rekor milik gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto yang mencetak gol di menit ke-4 ke gawang Kamboja di babak grup.

Chanathip Songkrasin yang dijuluki 'Messi Thailand', sendiri sudah membukukan tiga gol sepanjang Piala AFF 2020 ini.

Baca Juga
Baca Juga

2. Belum Terkalahkan

Thailand jadi tim paling sensasional di ajang Piala AFF 2020 ini. Mereka tampil sangat perkasa dari babak penyisihan hingga final leg pertama, belum tersentuh kekalahan.

Saat babak penyisihan Grup A, tim asuhan Alexandre Polking itu menyapu empat kemenangan atas Singapura (2-0), Filipina (2-1), Myanmar (4-0), dan Timor Leste (2-0).

Kemudian di babak semifinal leg pertama, Thailand menang 2-0 atas Vietnam. Lalu pada pertemuan keduanya bermain imbang tanpa gol.

Sekarang di final leg pertama atau pertandingan ketujuh, Thailand mengalahkan Timnas Indonesia 4-0.

3. Baru Kebobolan Satu Gol

Sulitnya Thailand dikalahkan di Piala AFF 2020, membuat mereka tidak hanya mencatatkan rekor jumlah kemenangan melainkan juga jumlah kebobolannya.

Hingga saat ini, The War Elephant baru kebobolan satu gol oleh Filipina di babak penyisihan Grup A, kala itu Thailand menang 2-1.

4. Ulangan Final 2000

Thailand juga pernah mencetak empat gol ke gawang Timnas Indonesia dalam pertandingan final Piala AFF. Momen itu terjadi pada edisi 2000.

Ketika itu, Thailand menang 4-1 atas Timnas Indonesia dalam final yang masih memakai format laga tunggal. Sekarang di Piala AFF 2020, Skuad Garuda kembali kebobolan empat gol, namun masih ada satu pertandingan final lagi.

ThailandTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTRIVIABerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2020

Berita Terkini