x

Kenang Masa Lalu, Hamka Hamzah Sempat Larang Raffi Ahmad Akuisisi Klub Liga 2

Sabtu, 1 Januari 2022 17:42 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Salah satu pemain inti RANS Cilegon FC di Liga 2 2021, Hamka Hamzah membocorkan awal mula kisah Raffi Ahmad membeli klub Cilegon United.

INDOSPORT.COM - Salah satu pemain inti RANS Cilegon FC di Liga 2 2021, Hamka Hamzah, membocorkan awal mula kisah Raffi Ahmad membeli klub Cilegon United.

Awalnya, Hamka Hamzah mengenal Raffi Ahmad karena sama-sama aktif bermain di Selebritis FC, klub yang terbentuk di masa pandemi dan aktif silaturahmi setiap pekan.

Suatu ketika, Raffi Ahmad mengaku ingin membuat sebuah akademi sepak bola. Sebagai pemain senior, jelas saja Hamka Hamzah mendukung penuh keinginan itu.

"Akhirnya Aa bilang, Capt, saya mau buat akademi, Akademi RANS awal mulanya," ucap Hamka Hamzah di kanal Youtube-nya.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya sangat setuju, sangat mendukung, karena saya sangat suka mencari bibit-bibit untuk kita jadikan sebagai seorang pemain profesional," ujar eks pemain Arema FC itu.

Bahkan, secara khusus Hamka Hamzah memberikan bimbingan agar Raffi Ahmad menyiapkan infrastuktur, termasuk pelatih dan direktur teknik yang berkualitas.

"Saya bilang, kita harus cari direktur teknik, dan pelatihnya harus mempunyai lisensi AFC, infrastruktur, gizi," jelas Hamka lagi.

"Saya sangat yakin bahwa kita bisa mencari pemain dari seluruh Indonesia, para pemain terbaik dari usia dini, akan gampang untuk kita membawa mereka ke luar negeri."

Namun, seiring pamor Selebritis FC yang makin besar, banyak masukan agar Raffi Ahmad membentuk klub profesional saja. Hamka Hamzah justru menentang hal itu.

Baca Juga
Baca Juga

"Berjalannya waktu, banyak netizen yang bicara, kenapa Selebritis FC nggak buat klub profesional, mungkin di situ seorang Raffi Ahmad terpancing," tutur Hamka lagi.

"Saya menentang, jangan beli, kita buat dari Liga 3, untuk memfasilitasi adik-adik ini sebelum berangkat ke liga profesional, ada wadahnya di Liga 3, biar kita punya sejarah."


1. Hamka Hamzah, Perantara Raffi Ahmad dan Cilegon United

Raffi Ahmad akuisisi Cilegon United

Namun, tekad Raffi Ahmad nampaknya sudah bulat. Ia meminta bantuan Hamka Hamzah untuk mencari klub sepak bola yang ingin dijual oleh pemiliknya.

"Sebulan kemudian, Aa Raffi bilang, cari klub yang mau dijual. Serius nih A, punya klub di Liga Indonesia ini, dananya pasti gede-gedean," ungkap Hamka Hamzah.

Namun, belum melancarkan promosi, ada seseorang yang menghubungi Hamka Hamzah untuk menjual klubnya. Ia adalah Presiden Cilegon United, Yudi Apriyanto.

"Tiba-tiba seminggu ada yang hubungi di WA. Capt, ada nggak yang mau beli klub bola. Saya bilang, wah ini orang main-main, kenapa ke saya, bukan ke orang-orang."

Baca Juga
Baca Juga

"Saya tanya klub apa. Dia bilang Cilegon United, dia sendiri yang punya. Tambah nggak yakin saya, mana ada presiden klub menghubungi saya," kenang Hamka lagi.

Singkat cerita, setelah melihat kesiapan Cilegon United dan Raffi Ahmad, akhirnya kesepakatan berlangsung dan kini tim itu dikenal sebagai RANS Cilegon FC di Liga 2.

Siapa sangka, dengan kemampuan finansial Raffi Ahmad dan Rudy Salim, ditambah segi manajerial yang baik, RANS Cilegon FC akhirnya promosi ke Liga 1 di tahun pertama mereka.

Hamka HamzahRans Nusantara FCLiga IndonesiaLiga 2Berita Liga 2Raffi AhmadSelebritis FC

Berita Terkini