x

Mengecewakan, Pemerintah Singapura Larang 4 Bintang Timnas Indonesia Tampil di Final Piala AFF

Sabtu, 1 Januari 2022 19:38 WIB
Penulis: Zainal Hasan, Ilham Oktafian | Editor: Prio Hari Kristanto
Kabar kurang sedap datang dari Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 di mana jelang partai puncak, sebanyak empat penggawa Tim Garuda resmi dilarang tampil.

INDOSPORT.COM - Kabar kurang sedap datang dari Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Jelang partai puncak, sebanyak empat penggawa Tim Garuda resmi dilarang tampil bersua Thailand oleh pemerintah Singapura.

Keempat pemain tersebut yakni Elkan Baggott, Victor Igbonefo, Rizky Dwi, dan Rizky Ridho. Ada apa gerangan? Mengapa Singapura memberlakukan aturan tersebut?.

Usut punya usut, rupanya hal tersebut terkait dengan aturan bubble. Yang bikin PSSI keberatan, pengumuman tersebut terbilang mendadak.

Baca Juga
Baca Juga

Menurut PSSI, keputusan pahit tersebut baru disampaikan Pemerintah Singapura melalui Kepala Singapore Sport Institute, Su Chun Wei pada email kepada PSSI pada Jumat (31/12/2021) malam waktu setempat.

Baca Juga
Baca Juga

Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi pun meradang dan protes keras dengan keputusan Pemerintah Singapura. Ia merasa jika keempat pemain Timnas Indonesia tersebut seharusnya sudah lepas dari denda otoritas setempat.

"Kita tidak habis pikir dengan pemerintah Singapura terkait kejadian ini. Kami sudah mendapatkan denda dari AFF karena empat pemain tersebut melanggar aturan bubble pada 23 Desember lalu," kata Yunus Nusi dalam rilis PSSI, Sabtu (01/01/22).


1. Ajukan Banding

Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Menurut Yunus Nusi, hal tersebut tak lepas dari langkah PSSI yang sudah melunasi denda. Dirinya pun merasa jika aturan tersebut sangat aneh. Sebab, saat laga pertama (29/12/2021) Elkan Baggott dan Rizky Ridho bisa bermain. Dua pemain lain juga tidak mengalami masalah.

"Kami sudah membayar denda itu. Kok sekarang secara mendadak mereka menghukum pemain dengan tidak boleh bermain nanti malam," tegas Yunus Nusi.

Ia pun mempertanyakan bahwa ada hal aneh yang menimpa Timnas Indonesia. Di antaranya seperti makanan yang tidak sesuai gizi dan porsi pemain, Elkan Baggott harus karantina saat sudah tiba dan bermain lawan Laos, dan lain-lain.

Terkait masalah ini, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sudah memerintahkan agar PSSI menulis surat banding kepada pemerintah Singapura. 

Ofisial PSSI yang berada di Singapura seperti Yunus Nusi, Wasekjen Maaike Ira Puspita, Direktur Teknik Indra Sjafri, Manajer Sumardji pun bergerak cepat.

Selain melakukan banding ke pemerintah Singapura, PSSI juga berkomunikasi dengan Sekjen AFF. Namun, hingga malam ini belum ada jawaban resmi dari pemerintah Singapura.

Absennya keempat pemain tersebut tentu jadi pukulan telak bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, di pertemuan pertama Timnas Indonesia digulung dengan gelontoran empat gol tanpa balas.

Untuk comeback, Irfan Jaya dan kolega membutuhkan setidaknya defisit lima gol di pertemua kedua nanti malam. Sebuah misi yang mustahil untuk dituntaskan. Terlebih jika Elkan Baggott, Victor Igbonefo, Rizky Dwi, dan Rizky Ridho dilarang tampil di final Piala AFF 2020.

PSSIThailandSingapuraTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaYunus NusiPiala AFF 2020

Berita Terkini