x

Piala AFF 2020 Hidupkan Gairah Sepak Bola di Tengah Pandemi

Minggu, 2 Januari 2022 06:07 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Juni Adi
Drawing Piala AFF U-23 2022.

INDOSPORT.COM - Perhelatan Piala AFF 2020 resmi sudah ditutup. Thailand dinobatkan menjadi yang terbaik di ajang kali ini. Kini turnamen Piala AFF U-23 menjadi target baru Timnas Indonesia.

Thailand menjadi juara usai mengalahkan Indonesia di babak final. Dalam babak final yang berlangsung di Stadion Nasional Singalura, Thailand menang dengan skor agregat 6-2.

Dimana dari hasil menang 4-0 di leg pertama dan imbang 2-2 di leg kedua malam tadi. Namun satu menjadi perhatian,  perhelatan Piala AFF 2020 berlangsung dalam situasi pandemi.

Memang Dunia terpukul dengan pandemi Covid 19 yang sudah mewabah dalam dua tahun terakhir. Semua sendi kehidupan terdampak termasuk aktivitas olah raga.

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi, optimisme kembali membuncah. Virus sepak bola seolah mampu melawan virus Covid 19 untuk mengembalikan gairah kehidupan.

Piala Eropa 2020 dan Copa America seperti obat yang meningkatkan imun. Kedua turnamen ini sukses digelar di tengah pandemi.

Pada akhir tahun ini, Konfederasi Sepak bola ASEAN juga berani membuat keputusan. Piala AFF tetap digelar meski pandemi masih membayang.

Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth mengungkapkan, AFF memiliki komitmen yang kuat untuk sepakbola Asia Tenggara. Untuk itu dia mengucapkan selamat kepada Thailand.

"Kami bekerja sama dengan banyak pihak untuk tetap menghidupkan gairah sepak bola di tengah pandemi. Dan, bersama-sama dengan semua stakeholder, AFF Suzuki Cup 2020 dapat digelar," ujar Khiev Sameth.

“Selamat untuk Thailand yang tampil sebagai juara. Selamat juga untuk Indonesia yang tampil mengesankan dengan pemain mudanya dalam turnamen ini,” kata Khiev Sameth lagi.


1. Semangat Piala AFF untuk Bangkit dari Pandemi

Hasil Drawing Piala AFF U-23 2022, Indonesia satu grup dengan Malaysia.

Ketua Komite Kompetisi AFF, Fransisco Kabualdi Lay menyebutkan, dalam turnamen ini AFF mengusung slogan energing stronger together.

"Ini merupakan suatu penghargaan bagi para Frontliners dan suatu spirit untuk kebangkitan bersama dimulai dari AFF Suzuki Cup 2020," jelas Fransisco Kabualdi.

Sementara itu, Wakil Presiden AFF, Ratu Tisha Destria menambahkan, sinergi negara-negara Asia Tenggara sangat dibutuhkan untuk mempertahankan eksistensi sepak bola. Dia berharap melalui sepak bola dapat memberikan manfaat untuk sekitar.

"Ke depan pada gilirannya sepak bola akan memberikan manfaat untuk sekitar," kata Ratu Tisha.

Piala AFFBola InternasionalRatu TishaPiala AFF 2020

Berita Terkini