x

Kisah Kiper Persebaya, Andhika Ramadhani jadi Driver Ojol demi Menyambung Hidup

Kamis, 6 Januari 2022 18:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena

INDOSPORT.COM - Ada kisah menyentuh hati dari kiper muda Persebaya Surabaya, Andhika Ramadhani yang pernah menjadi driver ojek online demi menyambung hidup.

Sebagaimana diketahui, kiper Andhika Ramadhani baru berusia 23 tahun, tapi ia sudah menjadi pilihan utama Aji Santoso untuk mengawal pertahanan Persebaya.

Tampil dalam 10 laga di putaran awal Liga 1 2021-2022, Andhika mampu meraih lima kali clean sheet tanpa kebobolan, bahkan ia hanya kemasukan delapan gol musim ini.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, di balik kesuksesannya di usia muda, ada perjuangan yang tidak mudah. Andhika pernah gagal di Persebaya U-17, sehingga kontraknya tidak diperpanjang.

"Setelah itu saya masuk PS Kota Pahlawan, Liga 3 milik Persebaya. Masuk sana, nggak pernah main sama sekali, nggak dikasih kesempatan," curhat Andhika di Tiento.

"Liga 3 selesai, PS Kota Pahlawan nggak lolos, setelah itu nggak ada panggilan lagi. Setahun jadi driver ojol, saya sampai jadi driver ojol karena keterbatasan ekonomi," cetusnya.

Baca Juga
Baca Juga

Pekerjaan itu ia tekuni di usia muda, bahkan Andhika Ramadhani baru lulus SMA. Setidaknya, ia bisa mendapatkan hingga Rp300.000 sehari untuk nafkah keluarganya.

"Habis itu dipanggil seleksi Persebaya U-19, lolos lagi, tapi tetep nggak main. Saya sadar saya banyak kurangnya, tapi saya mencoba lagi," ungkap Andhika Ramadhani.


1. Orang Tua Minta ke Persebaya

Andhika Ramadhani saat jalani latihan

Setelah tak mendapatkan menit bermain di Persebaya, Andhika Ramadhani mencoba peruntungan ikut seleksi di tim Bali United.

"Akhirnya ada seleksi lagi U-20, tapi nggak di Persebaya, kali ini di Bali United. Orang tua saya nggak ngizinin, tapi saya tetap berangkat naik bis," curhat Andhika lagi.

Lewat perjuangan yang keras, Andhika Ramadhani akhirnya lolos di Bali United. Namun siapa sangka, ia tidak berjodoh, sampai akhirnya kembali ke Persebaya.

"Sampai sana, enam ribu orang yang ikut seleksi, cuma alhamdulillah saya lolos terus, sampai ikut latihan, sudah mau kumpulin data," ungkap Andhika Ramadhani.

Baca Juga
Baca Juga

"Persebaya nelpon lagi, nggak usah di sana, di Persebaya aja. Saya kan telpon orang tua, sudah kamu pulang aja, di Persebaya aja. Ya sudah, akhirnya jadi di Surabaya," tukasnya.

Rezeki tak akan kemana. Setelah mengikuti latihan demi latihan, Andhika Ramadhani akhirnya menjadi kiper andalan Persebaya Surabaya di kompetisi BRI Liga 1 2021-2022.

Persebaya SurabayaKiperLiga IndonesiaLiga 1Persebaya U-19Berita Liga 1Andhika RamadhaniLiga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini